S I L A B U S
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS VII
OLEH :
Nama : .................................
NIP : .................................
SMP .............................................
Jl. ................................................................
S i l a b u s
Sekolah : SMP...................................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi : 1. Memahami lingkungan
kehidupan manusia.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
||||||
1.1 Mendes-kripsikan
keragaman bentuk muka bumi, proses pemben-tukan, dan dampaknya terhadap
kehidupan.
|
Tenaga endogen dan tenaga
eksogen
Gejala diastropisme dan vulkanisme
Faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi
Dampak terjadinya gempa bumi terhadap kehidupan
Jenis-jenis batuan
Proses pelapukan
Proses erosi dan penyebabnya
Proses sedimentasi.
Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen
dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangan-nya.
|
Mengamati gambar dan
membaca lietratur gambar bentukan-bentukan di muka bumi yang merupakan hasil
dari tenaga geologi.
Mengamati gambar dan membaca literatur tentang
gejala-gejala diastropisme dan vulkanisme.
Mengamati peta sebaran tipe gunung api di
Indonesia.
Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya gempa
bumi.
Mengkaji dampak terjadinya gempa bumi terhadap
kehidupan.
Mengamati contoh jenis batuan melalui gambar dan
batuan yang ada di lingkungan sekitar.
Mengamati gambar dan lingkungan sekitar tentang
proses pelapukan.
Mengamati objek dan gambar tentang erosi.
Menelaah contoh kenampakan hasil proses
sedimentasi
Membaca buku sumber tentang dampak positif dan
negatif tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya
penanggulangannya.
|
Mendeskripsikan proses alam endogen yang
menyebabkan terjadinya bentuk muka
bumi.
Mendeskripsikan
gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
Mendeskripsikan
faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
Mendeskripsikan
dampak terjadinya gempa bumi terhadap kehidupan.
Mengindentifikasi
jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
Mendeskripsikan proses terjadinya pelapukan.
Mendeskripsikan proses terjadinya erosi, dan faktor-faktor
penyebabnya.
Memberikan
contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
Mengidentifikasi
dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan
serta upaya penanggulangannya.
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tertulis
Tertulis
|
Daftar pertanyaan
Tes uraian
Tugas pilihan ganda
Tugas rumah
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
Tugas pilihan ganda
Tes uraian
Tes uraian
|
Apakah yang dimaksud
tenaga geologi dan berikan contohnya!
Berikan dua contoh bentuk muka
bumi akibat tenaga endogen dan tenaga eksogen!
Tipe gunung api yang banyak
terdapat di Indonesia yaitu....
a. maar
b. perisai
c. strato
d. kaldera120
Buatlah peta jalur gempa bumi di Indonesia pada
kertas karton ukuran A2!
Jelaskan dampak terjadinya gempa bumi terhadap
kehidupan!
Berikan dua contoh jenis batuan sedimen!
Jelaskan proses pelapukan biologis!
Erosi yang disebabkan gelombang air laut yang
mengikis pantai disebut....
a. abrasi
b. deflasi
c. glasial
d. korasi
Berilah 2 contoh bentang alam hasil sedimentasi
oleh air!
Jelaskan 3 manfaat material vulkanik gunung api!
Berikan tiga contoh upaya yang dapat dilakukan
untuk mengurangi terjadinya erosi!
|
12 JP
|
Peta
Atlas
Globe
Gambar proses terjadinya diastropis-me.
Gambar tipe gunung api
Gambar jenis batuan
LKS
CD
Buku sumber yang relevan.
|
9, 16, 17, 18
|
1.2 Mendes-kripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indone-sia.
|
Pengertian dan kurun waktu pra-aksara
Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada
masa pra-aksara
Perkembangan kehidupan pada masa pra-aksara.
Peninggalan –peninggalan kebudayaan.
Kedatangan nenek moyang dari Yunani tersebar di
Nusantara.
|
Membaca referensi untuk
merumuskan pengertian dan kurun waktu masa pra -aksara
Mengamati Atlas Sejarah dan foto -foto/
gambar jenis-jenis manusia Indonesia
yang hidup pada masa pra-aksara
Membaca buku referensi, mengamati gambar dan
diskusi untuk menelaah kehidupan pada
masa pra-aksara dan peralatan yang digunakan.
Membaca buku referensi dan mengamati gambar
untuk mengidentifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra
aksara.
Mengamati atlas sejarah kedatangan dan
persebaran nenek moyang bangsa Indonesia.
|
Menjelaskan
pengertian dan kurun waktu masa pra
–aksara
Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia
yang hidup pada masa pra- aksara
Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra-aksara dan peralatan
kehidupan yang dipergunakan.
Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan
kebudayaan pada masa pra-aksara.
Melacak
kedatangan dan persebaran nenek
moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.
|
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
|
Tes uraian
Tugas rumah
Tes uraian
Tes pilihan ganda
Tugas rumah
|
Jelaskan pengertian
masa pra-aksara.
Kumpulkan gambar manusia purba dan peninggalan
kebudayaannya serta kelompokkan sesuai kurun waktunya kemudian buatlah mading
Secara berkelompok
Berilah contoh-contoh peralatan yang
dipergunakan pada masa berburu!
Jelaskan ciri-ciri kehidupan manusia pada masa
berburu!
Peninggalan budaya Megalithikum diantaranya
ialah....
a.menhir dan dolmen
b.nekara dan menhir
c.sarkopagus dan dolmen
d.kapak lonjong dan moko
Buatlah secara kelompok peta kedatangan dan
persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara!
|
8 JP
|
Buku sumber yang
relevan
Atlas Sejarah
Foto –foto
Gambar –gambar sejarah
Musium
Situs sejarah
|
3, 9, 12
|
Standar Kompetensi : 2. Memahami kehidupan
sosial manusia.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
||||||
2.1 Mendes-kripsikan
interaksi sebagai proses sosial
|
Kaitan interaksi sosial
dengan proses sosial.
Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan
sosial.
|
Mengkaji kaitan
interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
terdeka.
Mengkaji pengaruh interaksi sosial terhadap
keselarasan sosial.
|
Menjelaskan kaitan
interaksi sosial dan proses sosial.
Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap
keselarasan sosial.
|
Tes tulis
Portofolio
|
Tes uraian
Rubrik
|
Jelaskan kaitan
interaksi sosial dengan proses sosial!
Buatlah kliping yang terdiri dari 5 peristiwa
proses asosiatif dan 5 proses disosiatif dari surat kabar atau tabloid.
|
4 JP
|
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat
|
3, 8, 9, 10, 13,17
|
2.2 Mendes-kripsikan
sosialisasi sebagai proses
pemben-tukan kepribadian
|
Pengertian sosialisasi
Faktor yang mempengaruhi sosialisasi.
Fungsi sosialisasi dalam pembentukan
kepribadian.
|
Tanya jawab tentang pengertian sosialisasi.
Mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi
sosialisasi.
Diskusi tentang fungsi sosialisasi dalam
pembentukan kepribadian.
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya proses
sosialisasi.
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
sosialisasi.
Menguraikan fungsi sosialisasi dalam pembentukan
kepribadian.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
Pilihan ganda
|
Jelaskan pengertian sosialisasi!
Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
sosialisasi!
Seorang anak diajarkan untuk mencium tangan
orangtuanya. Proses sosialisasi ini digolongkan sebagai sosialisasi....
a. primer
b. skunder
c. tersier
d. kuarter
|
6 JP
|
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat
|
3, 8,9, 10, 13, 17
|
2.3 Mengiden-tifikasi bentuk-bentuk
interaksi sosial
|
Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
Bentuk-bentuk interaksi sosial:
Antar individu dengan individu.
Antar individu dengan kelompok.
Antar keompok dengan kelompok.
|
Tanya jawab tentang
syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
Diskusi tentang bentuk-bentuk
interaksi sosial.
|
Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi
sosial.
Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Pilihan ganda
Tes petik kerja prosedur
dan produk
|
Contoh interaksi sosial berikut ini adalah....
a. Guru mengajar siswa
b. Petani menyiram tanaman
c. Pawang melatih gajah
d. Sopir menyetir taksi
Buatlah kliping berita dari media cetak,
masing-masing lima contoh peristiwa tentang interaksi sosial antar :
·
individu dengan individu
·
individu dengan kelompok
·
kelompok dengan kelompok
|
6 JP
|
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan
sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat
|
|
2.4 Mengurai-kan proses
interaksi sosial
|
Proses sosial asosiatif
Proses sosial disosiatif.
|
Diskusi tentang proses sosial
asosiatif.
Diskusi tentang proses sosial
disosiatif.
|
Mengidentifikasi proses sosial asosiatif.
Memberi contoh proses sosial disosiatif.
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Panduan observasi
|
Jelaskan apa yang dimaksud dengan kerja sama!
Cobalah identifikasi contoh dan proses sosial
disosiatif yang terjadi di lingkungan masyarakatmu!
|
6 JP
|
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan
sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
|
3, 8,9, 10, 13, 17
|
Standar Kompetensi : 3. Memahami usaha
manusia memenuhi kebutuhan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
||||||
3.1. Mendes-krepsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
yang bermoral dalam memenui kebutuh-an
|
Hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan
ekonomi yang bermoral
Makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk
ekonomi.
Ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial dan
makhluk ekonomi.
Mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar
manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.
|
Mendiskusikan hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
Mengkaji
tentang makna manusia sebagai makhluk sosial dan
ekonomi yang bermoral
Membaca buku referensi
selanjutnya mendiskusikan ciri-ciri
manusia sbagai makhluk sosial dan ekonomi
yang bermoral
Menyimpulkan cara mengaplikasikan hubungan yang
harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.
|
Mendeskripsikan hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang
bermoral
Mengidentifikasi makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk
ekonomi yang bermoral
Mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral
Mewujudkan hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai
makhluk sosial dan ekonomi yang
bermoral
|
Tes
lisan
Tes tulis
Tes tulis
Observasi
|
Daftar pertanyaan
Tes uraian
Tes pilihan ganda
Lembar observasi
|
Coba berikan contoh dalam
kehidupan sehari-hari kegiatan
manusia sebagai makhluk sosial
Jelaskan makna manusia sebagai
makhluk ekonomi yang bermoral!
Berikut ini yang bukan ciri-ciri makhluk sosial
adalah :
a. saling
tolong menolong
b. setia
kawan dan toleransi
c.
individual dan egois
d.
simpati dan empati
Lakukan pengamatan pada warga di sekitar tempat
tinggalmu kegiatan sosial apa yang dilakukan
|
8 JP
|
Guru IPS
Buku Materi
Yang relefan
Lingkungan sekolah
Lingkungan
Keluarga
Lingkungan masyarakat
|
2, 4, 5, 6, 7
|
3.2.Mengidentifikasi
tindakan ekonomi berdasar-kan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai
kegiatan sehari-hari
|
Pemanfaatan
sumber daya
ekonomi
Tindakan
ekonomi
Pengertian motif dan prinsip ekonomi
Macam-macam motif dan prinsip ekonomi.
Kegiatan/tindak-an
ekonomi sehari-hari berdasarkan motif
dan prinsip ekonomi.
Manfaat/prinsip ekonomi dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Mendiskusikan perilaku
manusia dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi.
Mendiskusikan tindakan ekonomi rasional yang dila-kukan manusia
Mendiskusikan
pengertian motif dan prinsip
ekonomi
Membaca literatur dan mendiskusikan
macam-macam motif dan prinsip ekonomi
Mendiskusikan tentang contoh-contoh dan pentingnya kegiatan /
tindakan ekonomi yang berdasarkan motif dan
prinsip ekonomi
Tanya jawab tentang manfaat/ pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mendeskripsikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya
ekonomi yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Mendeskripsikan berbagai
tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia.
Mendefinisikan pengertian motif
dan prinsip ekonomi.
Mengidentifikasi macam-macam
motif dan prinsip ekonomi.
Mengaplikasikan kegiatan
/ tindakan ekonomi
sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip
ekonomi.
Mengidentifikasi manfaat /
pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Observasi
Tes tulis
|
Daftar pertanyaan
Tes Isian
Tes uraian
Tes pilihan ganda
Lembar observasi
Tes uraian
|
Bagaimana sikap kita dalam
memanfaatkan sumberdaya ekonomi yang terbatas?
Salah satu tindakan ekonomi
yang rasional yang dapat kita lakukan adalah....
Jelaskan pengertian motif ekonomi dan prinsip
ekonomi!
Pada umumnya motif ekonomi yang dilakukan
manusia adalah karena....
a. kebutuhan
b. keuntungan
c. sosial
d. penghargaan
Amatilah kegiatan penduduk disekitarmu! Buatlah
laporan tentang kegiatan
sehari-hari yang dilakukan
berdasarkan motif ekonomi!
Tentukan 5 macam kegiatan ekonomi yang dilakukan seseorang dalam
kehidupan sehari-hari yang berdasarkan
prinsip ekonomi.
|
6 JP
|
Guru IPS
Ekonomi
Buku
Materi yang relevan
Lingkungan
Keluarga
Lingkungan masyarakat
|
2, 4, 5, 6, 7
|
Jakarta,......................... 2008
Mengetahui,
Kepala SMP......................... Guru Mata
Pelajaran,
(............................. ) (................................. )
NIP.................... NIP......................
S i l a b u s
Sekolah : SMP...................................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia
untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Kakterar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
||||||
4.1.Menggunakan peta, atlas,dan globe untuk mendapat-kan
informasi keruangan
|
Pengertian peta, atlas,
dan globe.
Jenis peta dan bentuk peta.
Penggunaan indeks, daftar isi, garis lintang dan
bujur, serta keterangan tepi pada peta, atlas, dan globe untuk mencari
informasi geografis pada peta.
Skala peta.
Memperbesar dan memper-kecil
peta.
|
Menyimpulkan perbedaan
antara peta, atlas, dan globe.
Mengamati berbagai jenis dan bentuk peta.
Mengamati peta, atlas, dan globe tentang
informasi geografis yang ada di dalamnya.
Menelaah arti berbagai jenis
skala yang terdapat pada peta.
Praktik memperbesar dan memperkecil peta dengan
garis-garis koordinat.
|
Membedakan peta, atlas,
dan globe.
Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan
peta.
Mengidentifikasi informasi geografis dari peta,
atlas dan globe.
Mengartikan berbagai jenis skala.
Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan
garis-garis koordinat
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Tes uraian
Tes identifikasi
Tes uraian
Uji petik rubrik
|
Jelaskan perbedaan peta dan atlas.
Jelaskan perbedaan peta
umum dengan peta khusus!
Carilah kota Ampenan
pada Atlasmu dengan menggunakan indeks.
Pada peta yang bersksla 1 :
5.000.000 jarak kota A ke B ádalah 5 centimeter. Berapakah jarak sebenarnya?
Pilihlah peta salah
satu pulau di Indonesia dalam atlasmu, kemudian perbesarlah 2 kali!
|
8 JP
|
Peta, atlas, globe
LKS
CD
Buku geografi yang relevan
Guru IPS Geografi
|
6, 7, 9, 11
|
4.2.Membuat sketsa dan peta
wilayah yang menggam barkan objek geografi
|
Sketsa wilayah dan objek geografi.
Menentukan skala peta.
Simbol-simbol geografi pada peta.
Peta tematik
|
Membuat sketsa wilayah dan objek geografi dari
peta atau observasi lapangan.
Menghitung dan menentukan skala peta.
Mengamati dan menentukan simbol-simbol
geografi pada peta.
Praktik membuat peta tematik objek geografi.
|
Membuat sketsa wilayah dan objek geografi.
Menentukan skala peta.
Menentukan simbol-simbol geografi pada peta.
Membuat peta tematik objek geografi.
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja.
Tes unjuk kerja.
|
Rubrik
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Uji petik rubrik
|
Buatlah sketsa tempat tinggalmu!
Tentukan skala sketsa yang telah kamu buat!
Tentukan simbol-simbol objek yang ada di lingkungan tempat tinggalmu dan
tempatkan pada sketsa yang telah kamu buat.
Buatlah salah satu peta tematik objek geografis suatu wilayah sesuai
pilihanmu.
|
4 JP
|
Peta
Atlas
Globe
LKS
Buku geografi yang relevan.
|
5, 6, 7, 9, 11
|
4.3.Mendeskripsikan kondisi
geografis dan penduduk
|
Kondisi geografis suatu wilayah
pada peta.
Kondisi peduduk suatu wilayah.
Kaitan antara kondisi geografis
dengan keadaan penduduk.
|
Membaca peta tentang kondisi geografis suatu
wilayah.
Mendiskusikan keadaan penduduk suatu wilayah
pada peta.
Diskusi tentang kaitan antara keadaan geografis dengan keadaan penduduk.
|
Mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah
pada peta.
Mendeskripsikan kondisi penduduk suatu wilayah.
Menganalisis kaitan antara kondisi geografis
dengan keadaan penduduknya.
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Penugasan
|
Tes uraian
Rubrik
Tugas projek
|
Perhatiakan Perhatikan peta Pulau Sumatera. Jelaskan relief Pulau
Sumatera agian bagian timur!
Buatlah peta persebaran penduduk daerah tempat tinggalmu!
Amatilah keadaan kepadatan penduduk pada kondisi geografis tertentu
(misalnya: di pantai, dataran rendah, pegunungan)
|
4 JP
|
Peta Indonesia
Atlas
LKS
Buku sumber yang relevan
|
5, 6, 7, 9, 11
|
4.4.Mendeskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer, serta dampaknya
terhadap kehidupan.
|
Sifat fisik atmosfer.
Unsur-unsur cuaca dan
iklim.
Tipe-tipe hujan.
Faktor yang
mempengaruhi suhu udara.
Proses terjadinya angin
dan jenis-jenis angin.
Siklus hidrologi.
Jenis-jenis air
permukaan dan air tanah.
Zona laut menurut letak
dan kedalaman-nya.
Batas wilayah laut.
|
Mengamati dan tanya jawab tentang keadaan udara
di luar kelas untuk menyimpulkan sifat-sifat fisik udara atmosfer.
Tanya jawab tentang sifat fisik atmosfer serta
unsur-unsur cuaca dan iklim.
Mengamati gambar dan tanya jawab tentang
tipe-tipe hujan.
Membaca leteratur tentang faktor yang
mempengaruhi suhu udara
Menghitung suhu suatu daerah
berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut.
Pengamatan gambar dan tanya jawab tentang proses
terjadinya, jenis-jenis angin, dan contoh-contohnya.
Pengamatan gambar dan tanya jawab tentang siklus
hidrologi.
Pengamatan langsung atau gambar tentang
bentuk-bentuk tubuh air.
Pengamatan gambar dan peta serta tanya jawab
tentang zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan
kedalamannya (litoral, batial dan abisal).
Pengamatan peta tentang batas-
batas wilayah laut.
|
Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer.
Mendiskripsikan cuaca dan iklim.
Mengidentifikasi unsur-unsur cuaca dan iklim
Mengidentifikasi tipe hujan (orografis,
zenithal, frontal).
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
suhu udara
Menghitung suhu suatu daerah berdasarkan
ketinggian di atas permukaan air laut.
Menganalisis proses terjadinya angin dan
memberikan contoh-contohnya.
Mendeskripsikan siklus hidrologi dan
bagian-bagiannya.
Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air
permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya.
Mendiskripsikan zona laut menurut letak (laut
pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan kedalamannya (litoral, batial,
abisal).
Menafsirkan pengertian batas landas kontinen,
laut territorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan menunjukkannya pada
peta.
|
Tes lisan
Tes tulis
Penugasan
Tes Tertulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Portofolio
Unjuk kerja
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
|
Daftar
pertanyaan
Tes uraian
Tugas rumah
Tes uraian
Tes uraian
Uji petik kerja produk
Karya
Uji petik kerja produk.
Tes uraian
Tes identifikasi
Pilihan ganda
Tes identifikasi
Tes uraian
|
·
Sebutkan sifat-sifat fisik udara!
·
Tuliskan 5 unsur cuaca dan iklim!
Jelaskan perbedaan cuaca dan iklim!
Buatlah gambar proses terjadinya, hujan
zenithal, hujan orografis, hujan frontal (pilih salah satu) ¡
Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi suhu
udara!
Hitunglah suhu udara di kota Bogor yang terletak pada ketinggian 700 meter di
atas permukaan laut, bila suhu di pantai 26
derajat C.
Buatlah gambar proses terjadinya angin fohn,
angin darat dan laut, angin gunung dan lembah (pilih salah satu) ¡
Jelaskan proses terjadinya angin ¡
Buatlah gambar siklus hidrologis dan
bagian-bagiannya!
Sebutkan jenis-jenis air permukaan!
Tunjukkan pada peta, laut-laut yang termasuk dangkalan sahul!
Berdasarkan kedalamannya laut Jawa termasuk zona....
a.
Neretik
b.
Litural
c.
Batial
d.
Abisal
Tunjukan pada peta yang termasuk batas laut Zona Ekonomi Eksklusif!
Jelaskan apa yang dimaksud dengan laut teritorial!
|
8 JP
|
Peta Indonesia
Atlas
LKS
Buku sumber yang relevan
Peta arah angin muson di
Indonesia
Gambar-gambar proses
terja-dinya angin.
Lingkungan
Thermometer
Gambar siklus hidrologi.
Gambar bentuk tubuh air.
Gambar zona lautmenurut letak
dan kedalaman.Peta dunia.
Peta batas perairan laut.
Peta Indonesia.
|
1, 4, 9, 16
|
Standar Kompetensi : 5. Memahaami perkembangan
masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
||||||
5.1 Mendeskripsikan
perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Islam di
Indone-sia, serta peninggal=an-pening-galannya.
|
Masuk dan berkembangnya agama Islam melalui
aktivitas pelayaran dan perdagangan antara Asia Barat, India dan Cina.
Cara-cara Islamisasi di Indonesia.
Peranan pedagang dan cara yang digunakan oleh
para Wali (ulama) dalam proses awal perkembangan agama Islam di Indonesia
Peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia
Kronologi perkembangan kerajaan Islam di
berbagai wilayah Indonesia
Contoh peninggalan –peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah
|
Mengamati peta dan
gambar-gambar untuk mendeskripsikan masuk dan berkemangnya agama Islam ke
Indonesia
Diskusi kelompok tentang cara –
cara Islamisasi di Indonesia.
Tanya jawab tentang cara yang
digunakan oleh peranan pedagang dan Wali (ulama) dalam proses awal
perkembangan Agama Islam di Indonesia
Membaca dan mengamati peta
jalur penyebaran Islam serta berdiskusi membahas daerah-daerah di Indonesia
yang dipengaruhi agama Islam
Dengan Membaca referensi untuk
membahas perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia
Dengan Mengamati gambar-gambar dan bertanya
jawab tentang peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah di
Indonesia.
|
Melacak masuk dan berkem-bangnya agama Islam
ke Indonesia
Mendeskripsikan saluran-saluran
Islamisasi di Indonesia.
Mendiskrepsikan cara yang
digunakan oleh pedagang dan para Wali
(ulama) dalam proses awal perkembangan agama Islam di indonesia
Membaca dan membuat peta jalur
dan daerah penyebaran Islam di Indonesia
Menyusun kronologi perkembangan
kerajaan Islam di berbagai wilayah
Indonesia
Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalan-
peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah di Indonesia
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Penugasan
|
Tes pilihan ganda
Tes uraian
Tes uraian
Tugas rumah
Tes uraian
Tugas rumah
|
Masuknya agama Islam di Indonesia diantaranya terjadi melalui....
a.proses perdagangan
b.perluasan wilayah
c.perebutan pengaruh
d.pengembangan kebudayaan
Jelaskan cara – cara Islamisasi di Indonesia!
Jelaskan peranan Sunan Gunungjati dalam proses awal perkembangan Agama
Islam
Buatlah secara kelompok peta jalur penyebaran Islam dan berilah batas
–batas daerah-daerah di Indonesia yang dipengaruhi agama Islam
Jelaskan faktor-faktor penyebab kerajaan Aceh dapat berkembang pesat
Kumpulkan gambar-gambar peninggalan sejarah yang bercorak Islam di
Indonesia dan lakukan pemajangan!
|
8 JP
|
Buku sumber yang relevan
Atlas
Sejarah
Foto
Fo /gambar peniggalan bercorak
Islam
Ensiklopedi
Islam
Musium
Situs
sejarah
Peta
jalur masuknya agama Islam
Peta daerah yangdipenga-ruhi agama Islam di Indonesia.
|
1, 3, 14
|
5.2 Mendeskripsikan
perkem-bangan masyara-kat, kebu-dayaan, dan pemerintahan pada masa Kolonial
Eropa
|
Proses masuknya bangsa-bangsa Eropa
ke Indonesia
Cara-cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya
penjelajahan samudera
Reaksi Bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa; perlawanan terhadap
Portugis, Spanyol
dan VOC
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan
pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
|
Melacak proses masuknya bangsa-bangsa Eropa
dengan mengamati peta penjelajahan samudera-samudera.
Membaca buku referensi tentang cara-cara yang digunakan bangsa
Eropa untuk mencapai tujuannya penjelajahan samudera
Membaca referensi dan mengamati gambar-gambar
perlawanan terhadap Portugis, Spanyol dan VOC
Berdiskusi tentang perkembangan kehidupan
masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa
|
Menguraikan proses masuknya
bangsa–bangsa Eropa ke Indonesia
Mengidentifikasi cara- cara
yang digunakan bangsa Eropa untuk
mencapai tujuannya penjelajahan samudera
Mengidentifikasi reaksi bangsa
Indonesia terhadap bangsa Eropa
Mendiskripsikan
perkembangan kehidupan masyarakat,
kebudayaan, dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa
|
|
|
Jelaskan tujuan kedatangan
bangsa-bangsa datang ke Indonesia!
Jelaskan perbedaan jalur penjelajahan yang dilakukan oleh bangsa Portugis
dengan bangsa Spanyol!
Jelaskan cara –cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya
penjelajahan samudera!
Kumpulkan foto/gambar perlawanan terhadap Portugis,
Spanyol dan VOC dan buatlah mading dan urutkan secara kronologis
Bandingkan perbedaan kehidupan pemerinthan sebelum dan sesudah masa
kolonial Eropa di Indonesia!
|
6 JP
|
Bu
Buku sumber yang relevan
Atlas
Sejarah
Foto/gambar
Peta perda-gangan dan penjelajahan samudera.
|
7, 10, 11, 14
|
Standar Kompetensi : 6. Memahami kegiatan ekonomi
masyarakat.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
||||||
6.1 Mendeskrip-sikan pola
kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan dan pola permu-kiman berdasarkan
kondisi fisik permukaan bumi.
|
Penggunaan lahan:
Macam-macam mata pencaharian penduduk.
Kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan.
Bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.
Pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan dan pantai).
Kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.
|
·
Mencari informasi dari buku sumber atau media belajar
lain tentang macam-macam mata pencaharian penduduk.
·
Tanya jawab kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan
lahan.
·
Mengamati peta tata guna lahan dan tanya jawab tentang
penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan..
·
Mengamati gambar dan tanya jawab tentang pola permukiman
penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai).
·
Tanya jawab tentang kaitan bentang lahan dengan
persebaran permukiman penduduk.serta alasan penduduk bermukim di suatu
lokasi.
|
Mengidentifikasi mata
pencaharian penduduk (pertanian, non pertanian).
Mendeskripsikan bentuk
penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.
Mendeskripsikan
persebaran (agihan) permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan mengungkapkan alasan penduduk memilih
bermukim di lokasi tersebut
Mendeskripsikan pola permukiman
penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai).
Mendeskripsikan bentang
lahan dengan persebaran permukiman penduduk.
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes tulis
Non tes
Tes tulis
|
Daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan
Pilihan ganda
Rubrik
Tes uraian
|
Sebutkan macam-macam
mata pencaharian penduduk non pertanian!
Jelaskan penggunaan lahan di daerah dataran rendah!
Pola pemukiman penduduk di daerah sekitar alur sungai adalah ….
a.memusat
b.menyebar
c.memanjang
d.melingkar
Buatlah gambar 3 pola
pemukiman penduduk!
Jelaskan mengapa daerah dataran rendah lebih padat dibanding dengan
pegunungan?
|
6 JP
|
Gambar kaitan bentuk muka bumi
dengan penggunaan lahan.
Gambar pola-pola permukiman
penduduk.
Peta persebaran permukiman
penduduk.
LKS, CD
Buku geografi yang relevan.
|
4, 7,
11, 16
|
6.2.Mendeskrip-sikankegia-tan
pokok ekonomi, yang meliputi kegiatan
konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
|
Kegiatan pokok
ekonomi.
Pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang
dikonsumsi siswa dan keluarga (harian,
mingguan, dan bulanan).
Skala prioritas
dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa.
Aspek- aspek positif dan
negatif perilaku konsumtif seseorang.
Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi seseorang.
Pengertian produksi dan sumber
daya ekonomi.
Macam-macam sumber daya
ekonomi.
Etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi dalam
kehidupan satu uaha/bisnis.
Usaha-usaha untuk mening-katkan
jumlah dan mutu hasil produksi (bidang
industri dan pertanian).
Pengertian dan tujuan distribusi.
Sistem distribusi beserta contohnya (langsung,
tidak langsung dan semi langsung).
Etika ekonomi dalam kegiatan
distribusi yang memenuhi unsur
keadilan dan pemerataan.
Pengertian usaha,
perusahaan dan badan usaha.
|
Membaca buku referensi dan
mendiskusikan pengertian dan
macam- macam kegiatan
pokok ekonomi.
Mendiskusikan
pengertian
Konsumsi dan jenis-
jenis barang yang
dikonsumsi siswa dan
Keluarganya.
Tanya jawab tentang
skala
prioritas dalam meme-
nuhi kebutuhan.
Menyusun daftar kebutuhan siswa, sesuai dengan skala
prioritas.
Mendiskusikan aspek positif
dan negatif perilaku konsumtif
Tanya jawab tentang
faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi
seseorang
Mendiskusikan pengertian
Produksi dan
sumber daya
Ekonomi
Tanya jawab macam-
macam sumber daya ekonomi ( faktor faktor produksi ).
Mendiskusikan etika ekonomi dalam memanfaatkan
faktor-faktor produksi
Mendiskusikan
tujuan dan cara peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi
Mendiskusikan makna pengertian distribusi, tujuan distribusi
Tanya jawab tentangi sistem
distribusi
Membaca literatur dan berdiskusi tentang etika
ekonomi dalam melakukan distribusi
Membaca literatur selanjutnya mendiskusikan penger-
tian usaha, perusahaan dan badan usaha, dan memberikan contohnya.
|
Mendefinisikan penger-
tian dan macam-macam
kegiatan ekonomi.
Mendefinisikan pengertian
konsumsi dan jenis
barang- barang yang dikonsumsi siswa
dan keluarga (harian, mingguan dan
bulanan).
Menyusun skala prioritas dalam
memenuhi kebutuhan sebagai siswa.
Mengidentifikasi aspek- aspek
positif dan negatif perilaku konsumtif
seseorang.
Mengidentifikasi faktor-faktor
yang mempengaruhi konsumsi seseorang.
Mendefinisikan pengertian
produksi.
Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi
Mengidentifikasi etika
ekonomi dalam memanfaatkan fak
tor-faktor produksi dalam kehidupan
suatu usaha/bisnis
Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu
hasil produksi (bidang
industri dan pertanian ) baik melalui
intensifikasi maupun ekstensifikasi
Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi
Mengklasifikasi sistem
distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung)
Mengidentifikasi
melakukan kegiatan kegiatan yang
menggambarkan contoh etika ekonomi
dalam kegiatan distribusi yang memenuhi unsur keadilan dan pemerataan.
Mendefinisikan
pengertian usaha, perusahaan dan badan
usaha
|
Tes tulis
Tes lisan
Tes unjuk kerja
Penugasan
Penugasan
Tes tulis
Tes lisan tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis uraian
Tes lisan
Tes tulis
Penugasan
Observasi
Tes tulis
|
Isian
Daftar pertanyaan
Tes identifikasi
Tugas rumah
Tugas rumah
Pilihan ganda
Isian
Isian
Tes uraian
Tugas rumah
Daftar pertanyaan
Tes uraian
Tugas rumah
Tugas rumah
Tes uraian
|
Kegiatan pokok ekonomi adalah a)............... b)................ c).........
Jelaskan pengertian konsumsi!
Buatlah daftar barang yang dikomsumsi keluarga siswa setiap hari!
Susunlah daftar konsumsi yang dibutuhkan siswa, kemudian susunlah
berdasarkan skala prioritas!
Susunlah berdasarkan skala prioritas daftar barang yang dibutuhkan oleh
siswa!
Susunlah daftar konsumsi yang dibutuhkan
keluarga di rumahmu, dan menurutmu bagaimana hubungannya dengan sikap
komsumtif di keluargamu?
Berikut ini yang bukan termasuk faktor-faktor
yang mempengaruhi pola konsumsi seseorang adalah...
a. penghasilan per bulan
b. jumlah anngota keluarga
c. pendidikan dan lingkungan
d. keinginan untuk maju
Pengertian produksi adalah....
Sumberdaya ekonomi ( faktor- faktor produksi ) ada empat macam yaitu :
a............. b..............
c............. d..............
Etika ekonomi dalam meman faatkan sumber daya ekonomi dapat dilakukan dgn
cara bagaimana?
Peningkatan mutu dan jumlah hasil produksi dapat
dilakukan dengan beberapa cara, sebutkan!
Jelaskan tujuan distribusi!
Ada tiga sistim distribusi, sebutkan dan jelaskan masing-masingnya!
Buatlah skema yang menggambarkan sistem distribusi (langsung, tidak
langsung, semi langsung) dipilih salah satu!
Bentuk etika ekonomi yang bagaimana dalam melakukan kegiatan distribusi?
Jelaskan perbedaan perusahaan
dengan badan usaha
|
8 JP
|
Toko/warung
di
sekitar
sekolah
Tempat-
tempat pusat usaha yang
ada di
sekitar
sekolah
dan
masyarakat
tempat
tinggal
siswa
keluarga
Jalan
raya,
Pasar
Lingkungan sekolah
|
2, 5, 6, 7, 18
|
6.3. Mendes-kripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai
tempat berlangsungnya proses produksi
dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi.
|
Macam- macam badan usaha. (menurut pemilik modal, lapangan
usaha banyaknya pekerja dan menurut badan hukum)
Tujuan badan
usaha(milik negara/daerah, milik swasta, koperasi)
Pertimbangan yang perlu diperhatikan
dalam berbisnis
Kriteria badan usaha yang dikelola
secara profesional dan manusiawi.
Peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi
|
Membaca literatur selanjutnya
mendiskusikan jenis-jenis badan usaha menurut pemilik modal, lapangan usaha,
jumlah pekerja serta menurut bentuk badan hukum /yuridis
Tanya jawab tentang
misi/tujuan
BUMN / BUMD, BUMS dan Koperasi.
Membuat daftar tujuan BUMN / BUMD, BUMS dan Koperasi
pada sebuah tabel.
Mendiskusikan beberapa pertimbangan yang perlu
diperhatikan dalam berbisnis
Tanya jawab tentang
kriteria badan usaha yang dikelola
secara profesional dan manusiawi.
Mendiskusikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan
pengatur kegiatan ekonomi
|
Mendeskripsikan macam- macam
badan usaha. (menurut pemilik modal,
lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk badan hukum)
Mengidentifikasi
misi/tujuan badan usaha (milik
negara/daerah, milik swasta, koperasi)
Mengidentifikasi beberapa
pertimbangan yang perlu diperhatikan
dalam berbisnis
Mengidentifikasi
badan usaha yang dikelola secara
profesional dan manusiawi
Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan
pengatur kegiatan ekonomi
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
|
Daftar pertanyaan
Tes pilhan ganda.
Tes uraian
Tes uraian
PR
|
Susunlah sebutkan macam-macam
badan usaha menurut bentuk hukumnya yang ada di sekeliling tempat tinggalmu /
daerahmu!
Samakah tujuan BUMS
dengan
BUMN? jelaskan jawabmu.
Sebutkan 4 pertimbangan
yang perlu diperhatikan ketika seseorang
akan mendirikan perusahaan
bisnis) beberbisnis!
Indentifikasikan sedikitnya 3 ciri badan usaha yang dikelola secara
profesional.
Sebutkan peranan pemerintah sebagai pengatur dan pelaku kegiatan ekonomi
|
6 JP
|
Guru IPS
Ekonomi
Buku
Materi
Koperasi
/ kantin
sekolah
Pasar
BUMN/
BUMS yang
ada di
wila-yah masing-masing daerah.
Guru IPS
Buku yang
relevan
|
2, 4, 5, 6, 7,
18
|
6.4. Mengung-kapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai
kemandirian dan kesejahtera-an
|
Kreativitas dalam tindakan ekonomi.
Pentingnya inovasi dan syarat-syarat inovasi
dalam kehidupan sehari-hari.
Proses kemandirian dalam usaha meningkatkan
kesejahteraan.
Praktik kreatifitas dan inovasi.
Gagasan dan berlaku kreatif, inovatif, dan kemandirian dalam kehidupan
ekonomi.
|
Mendiskusikan pengertian kreatif dan contoh aplikasinya dalam tindakan
ekonomi
Tanya jawab tentang
inovatif dan manfaatnya
Mendiskusikan pengertian mandiri, kemandirian dan
usaha-usaha yang dilakukan agar mampu melakukannya.
Mengklasifikasi hasil produktifitas dan inovasi.
Mendiskusikan hasil ekonomi yang kreatif dan inovatif.
|
Mendefinisikan
pengertian kreatif dan proses
kreatifitas dalam tindakan ekonomi
Mendefinisikan
pengertian
inovatif dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari yang mampu mendorong peningkatan
kesejahteraan
Mengidentifikasi proses
kemandirian dalam usaha
meningkatkan kesejahteraan
Berlatih mengerjakan
sendiri dan kreatifitas dan inovasi yang direncakan
Membuat produk berupa
barang/ jasa dari sumber daya yang dimiliki.
|
Tes tulis
Tes lisan
Penugasan
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Daftar pertanyaan
Tugas rumah
Tes uraian
Uji petik kerja produk
|
Jelaskan arti kreatif dan
kreatifitas dalam tindakan ekonomi
Perlukah inovatif bagi seseorang dan mengapa?
Bentuk kreatifitas apakah yang kamu lakukan agar kamu sukses dan naik
kelas?
Proses kemandirian harus dimulai dari diri sendiri, dari mana kamu mulai
hidup mandiri?
Buatlah salah satu produk yang me-rupakan bentuk kreatifitas kamu sebagai
siswa (taplak meja, hiasan dinding, bunga-bungaan, dan wayang)
|
6 JP
|
Contoh benda hasil kreati-fitas
Contoh
jasa hasil kreati-fitas
|
2, 4, 5, 6,
7, 18
|
Jakarta,......................... 2008
Mengetahui,
Kepala SMP......................... Guru
Mata Pelajaran,
(............................. ) (................................. )
NIP.................... NIP......................
Selesai
Selesai
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar