SILABUS IPS
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Kota Cirebon
Kelas : VIII (delapan)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayatikarunia Tuhan YME
yang telah mencipta-kan waktu dengan
segala perubahannya
1.2 Menghayatiajaran
agama dalam berpikir dan berperilaku
sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembaga-an
sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menghayati
karunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan
manusia dan lingkungan-nya
|
|
Pembelajaran
KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam
pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
Penilaian
KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman
sejawat oleh peserta didik, dan jurnal
|
|
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, gotong
royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaima-na
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu, terbuka dan sikap kritis
terhadap permasalah-an sosial sederhana.
2.3
Menunjukkan perilaku santun, peduli
dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan
dan teman sebaya
|
|||||
Tema I : Keunggulan
Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia
Subtema A : Keunggulan
Lokasi Indonesia
|
|||||
3.1Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik)
3.2
Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik
4.1Menyajikan
hasil olahan
telaah tentang peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada
masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
4.3
Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di
lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Keunggulan
iklim muson tropis
·
Akibat
dari iklim muson tropis terhadap kehidupan
·
Pengertian
keunggulan geostrategis Indonesia.
·
Keuntungan
letak Indonesia pada posisi geostrategis
·
Contoh
keuntungan letak Indonesia
·
Kondisi
tanah di Indonesia
·
Keuntungan
kondisi tanah Indonesia terhadap aktivitas pertanian
·
Contoh
pemanfaat-an tanah oleh masyarakat Indonesia
|
Mengamati:
· Mengamati gambar bola bumi Indonesia terletak pada
daerah khatulistiwa yang beriklim tropis
· Mengamati peta posisi silang Indonesia
· Mengamati dan wawancara dengan tetangga terdekat
tentang kondisi tanaman yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal
Menanya:
· Merumuskan pertanyaan tentang hasil pengamatan gambar bola
bumi
· Merumuskan pertanyaan tentang hasil pengamatan tentang
posisi silang Indonesia
· Merumuskan pertanyaan tentang hasil pengamatan terhadap
kondisi tanaman di lingkungan sekitar, misalnya: apakah keunggulan tanah di
Indonesia, manfaat apakah yang sudah dirasakan masyarakat dari pengolahan
tanahnya, tanaman apa saja yang dapat tumbuh subur di daerah sekitar tempat
tinggal
Mengumpulkan informasi:
·
Mengumpulkan
informasi untuk menjawab pertanyaan keunggulan iklim muson tropis dan akibat
dari iklim muson tropis terhadap kehidupan
·
Mengumpulkan
informasi untuk menjawab pertanyaan tentang
keuntungan letak Indonesia pada posisi geostrategis
·
Mengumpulkan
informasi tentang keunggulan tanah di Indonesia dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis keterkaitan keunggulan iklim muson tropis dan akibat dari iklim muson
tropis terhadap kehidupan
·
Menganalisis
data tentang keuntungan letak Indonesia pada posisi geostrategis
·
Menganalisis
dan menyimpulkan tentang keunggulan tanah di Indonesia
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil analisis data tentang keunggulan iklim muson tropis dan akibat dari
iklim muson tropis terhadap kehidupan
·
Mempresentasikan
hasil analisis data tentang keuntungan letak Indonesia pada posisi
geostrategis
·
Mempresentasikan
hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan tentang keunggulan tanah di
Indonesia
|
· Sikap:
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab, peduli lingkungan, dan kerjasama) dengan mengguna-kan rubrik
· Pengetahuan
Tes
Tertulis/ Lisan tentang: keunggulan
iklim muson tropis dan akibat dari iklim muson tropis terhadap kehidupan,
keuntungan letak Indonesia pada posisi geostrategis, keunggulan tanah di
Indonesia
·
Keterampil-an:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
6JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek-tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
Tema I : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia
Subtema B : Pengaruh
Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Ekonomi, Transportasi, dan Komunikasi
|
|||||
3.1Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2 Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat
kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan
dan politik
3.3 Mendeskripsikan
fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam
masyarakat
3.4 Mendeskripsikan
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang
peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
4.3 Menyajikan hasil
pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Kegiatan
ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi)
·
Keunggulan
lokasi dan kegiatan ekonomi (pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan
produksi, distribusi dan konsumsi)
·
Pengaruh
keunggulan lokasi terhadap transportasi darat
·
Pengaruh
keunggulan lokasi terhadap transportasi laut
·
Pengaruh
keunggulan lokasi terhadap transportasi udara
·
Cara
menjaga keamanan dan kenyaman-an transportasi
·
Peran
kelembaga-an dalam kegiatan transportasi
·
Pengaruh
keunggulan lokasi terhadap komunikasi
·
Pengaruh
keunggulan lokasi terhadap cara berkomuni-kasi masyarakat Indonesia
·
Pengaruh
keunggulan komunikasi terhadap perkembangan teknologi, informasi dan
komunikasi di Indonesia
|
Mengamati:
· Mengamati produk UMKM terdekat dengan tempat tinggal
· Mengamati peta sarana transportasi Indonesia
· Mengamati
tabel lokasi Indonesia yang menunjukkan adanya perbedaan bahasa
Menanya:
·
Merumuskan
pertanyaan tentang kegiatan ekonomi masyarakat
·
Merumuskan
pertanyaan tentang sarana transportasi di Indonesia
·
Merumuskan
pertanyaan tentang adanya perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang kegiatan ekonomi
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah
dirumuskan terkait dengan sarana transportasi di Indonesia
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang adanya perbedaan bahasa dalam
masyarakat Indonesia
Menalar/Mengasosiasi:
·
Mengolah dan Menganalisis data tentang kegiatan ekonomi
masyarakat dari berbagai sumber
·
Menganalisis dan menyimpulkan jawaban dari berbagai
pertanyaan tentang sarana transportasi di Indonesia
·
Menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang perbedaan
bahasa dalam masyarakat Indonesia
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang kegiatan ekonomi masyarakat
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang sarana transportasi di Indonesia
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia
|
·
Sikap:
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, peduli, disiplin, kreatif, ulet,
percaya diri dan kerjasama) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes
Tertulis/ Lisan tentang kegiatan ekonomi, sarana
transportasi di Indonesia, perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia
· Keterampil-an:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
18JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
Tema I : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia
Subtema C: Pengaruh
Keunggulan Lokasi Terhadap Kolonialisme Barat di Indonesia
|
|||||
3.1Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2 Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat
kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan
dan politik
3.3 Mendeskripsikan
fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam
masyarakat
3.4 Mendeskripsikan
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang
peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
4.2 Mengguna-kan
berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat
sekitar
4.3 Menyajikan hasil
pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Latar
belakang kedatangan bangsa-bangsa Barat di Indonesia
·
Proses
kedatangan bangsa-bangsa Barat di Indonesia
·
Kebijakan
pemerintah kolonial di Indonesia
·
Latar
belakang kedatangan bangsa-bangsa Barat di Indonesia
|
Mengamati:
·
Mengamati
peta persebaran hasil bumi di Indonesia
·
Mengamati
rute kedatangan Bangsa Barat di Indonesia
·
Mengamati
gambar pengaruh kebijakan pemerintah kolonial Barat di Indonesia (suasana
kerjapaksa masa penjajahan Belanda)
·
Mengamati
peta Asia dan Eropa
Menanya:
·
Merumuskan
pertanyaan tentang persebaran hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara
kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia
·
Menanya
tentang proses kedatangan bangsa Barat di Indonesia
·
Menanya
tentang dampak kebijakan pemerintah kolonial terhadap bangsa Indonesia
·
Menanya
tentang corak perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah serta kelebihan
dan kekurangan strategi perlawanan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan informasi persebaran hasil bumi di Indonesia dan
hubungan antara kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di
Indonesia dari berbagai sumber
·
Mengumpulkan
informasi tentang proses kedatangan bangsa Barat di Indonesia dari berbagai
sumber
·
Mengumpulkan
informasi tentang pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap masyarakat
Indonesia
·
Mengumpulkan
informasi tentang latar belakang bangsa-bangsa Barat di Indonesia dan
perlawanan masyarakat Indonesia terhadap penjajah Barat dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan persebaran
hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara kekayaan hasil bumi dengan
terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia dari berbagai sumber
·
Menganalisis data tentang kedatangan bangsa Barat ke
Indonesia
·
Menganalisis dan menyimpulkan tentang pengaruh kebijakan
pemerintah kolonial terhadap masyarakat Indonesia
·
Menganalisis dan menyimpulkan berbagai informasi tentang
kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia dan perlawanan rakyat Indonesia
terhadap penjajah Barat
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan hasil simpulan tentang persebaran hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara kekayaan hasil
bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia
· Mempresentasikan hasil simpulan tentang proses kedatangan bangsa Barat
ke Indonesia
· Mempresentasikan hasil simpulan tentang pengaruh kebijakan pemerintah
kolonial terhadap masyarakat Indonesia
· Mempresentasikan hasil simpulan tentang kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia dan perlawanan rakyat
Indonesia terhadap penjajah Barat
|
·
Sikap:
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab dan kerjasama) dengan mengguna-kan
rubrik
·
Pengetahuan
Tes
Tertulis/ Lisan tentang persebaran hasil bumi di Indonesia,
kolonialisme, proses kedatangan bangsa Barat, pengaruh kebijakan pemerintah
kolonial terhadap masyarakat Indonesia, bentuk-bentuk perlawanan terhadap
penjajah Barat
· Keterampil-an:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
12 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
Tema II : Dinamika Kependudukan dan Pembangunan
Nasional
Subtema A : Jumlah
dan Pertumbuhan, Komposisi serta Persebaran dan Migrasi Penduduk
|
|||||
3.2
Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik
4.2
Menggunakan
berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat
sekitar
|
·
Jumlah
dan pertumbuh-an penduduk
·
Komposisi
Penduduk indonesia
·
Persebaran
penduduk dan migrasi
|
Mengamati:
· Mengamati data kependudukan
· Mengamati diagram komposisi penduduk di Indonesia
ditinjau dari beberapa kategori
· Mengamati peta kepadatan penduduk Indonesia tahun
2010
Menanya:
·
Menanya
tentang pertambahan penduduk yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk,
cara menghitung pertumbuhan penduduk, akibat ledakan penduduk
·
Menanya
tentang mengapa angka partisipasi sekolah tiap kelompok umur mengalami
kenaikan, jumlah buruh/karyawan/pegawai dari tahun 2009-2011 mengalami
kenaikan, jumlah pekerja bebas di sektor pertanian terus mengalami penurunan
·
Menanya
tentang persebaran penduduk Indonesia, kepadatan penduduk paling tinggi dan
paling rendah
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan
informasi tentang pertambahan
penduduk yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk, cara menghitung
pertumbuhan penduduk, akibat ledakan penduduk dari berbagai sumber atau
dengan mengunjungi Badan Pusat Statistik yang terdekat
·
Mengumpulkan
infomasi mengenai komposisi penduduk dari berbagai sumber
·
Mengumpulkan
informasi/data dari berbagai sumber
mengenai persebaran penduduk
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai
sumber tentang pertambahan
penduduk yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk, cara menghitung
pertumbuhan penduduk, akibat ledakan penduduk
·
Menganalisis
dan menyimpulkan berbagai informasi yang telah didapatkan terkait komposisi
penduduk
·
Menganalisis
dan menyimpulkan berbagai informasi tentang persebaran penduduk yang
didapatkan dari berbagai sumber
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil analisis data tentang pertambahan
penduduk yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk, cara menghitung
pertumbuhan penduduk, akibat ledakan penduduk
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang komposisi penduduk
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang persebaran penduduk
|
·
Sikap:
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan, menghayati ajaran agama), sikap sosial (tanggung jawab, kerjasama,
percaya diri, disiplin) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes
Tertulis/ Lisan tentang jumlah dan pertumbuhan penduduk,
komposisi penduduk, persebaran penduduk dan migrasi.
· Keterampil-an:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
36JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
Tema II : Dinamika Kependudukan dan Pembangunan Nasional
Subtema B : Fungsi
dan Peran Penduduk dalam Pembangunan Nasional
|
|||||
3.2
Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik
4.2
Menggunakan
berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat
sekitar
|
·
Kualitas
Penduduk di Indonesia
·
Pergerakan
nasional Indonesia
·
Peranan
penduduk dalam Pembangunan Nasional
|
Mengamati:
· Mengamati tingkat kualitas penduduk di lingkungan
tempat tinggal
· Mengamati gambar diorama Sumpah Pemuda
· Mengamati gambar penduduk sebagai modal dasar
pembangunan
Menanya:
·
Menanya
tentang tingkat kualitas penduduk di lingkungan tempat tinngal, faktor-faktor
yang mempengaruhi tingkat kualitas penduduk
·
Menanya
tentang munculnya Pergerakan Nasional Indonesia, Proses Pergerakan Nasional
Indonesia, Arti Penting Sumpah Pemuda bagi Pergerakan Kemerdekaan Indonesia
·
Menanya
tentang jumlah penduduk yang besar sebagai modal dasar Pembangunan, peranan
penduduk dalam pembangunan ekonomi di Indonesia
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan
informasi tentang kualitas penduduk Indonesia
·
Mengumpulkan
informasi tentang Pergerakan Nasional Indonesia dari berbagai sumber
·
Mengumpulkan
informasi/data dari berbagai sumber tentang peranan penduduk dalam
pembangunan Nasional
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis dan menyimpulkan tentang kualitas penduduk Indonesia
·
Menganalisis dan menyimpulkan tentang Pergerakan
Nasional Indonesia yang diperoleh dari berbagai sumber
·
Menganalisis
dan menyimpulkan data/informasi tentang peranan penduduk dalam pembangunan
Nasional
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil analisis data tentang kualitas penduduk Indonesia
·
Mempresentasikan
hasil analisa data tentang Pergerakan Nasional Indonesia
·
Mempresentasikan
hasil simpulan mengenai peranan penduduk dalam pembangunan Nasional
|
·
Sikap
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama,
menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, kerjasama, percaya
diri, disiplin) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes Tertulis
dan lisan tentang kualitas
Penduduk Indonesia, Pergerakan Nasional Indonesia
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
18 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
Tema III : Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Nasional
Subtema A : Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam
|
|||||
3.1Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.4 Mendeskripsikan
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi
4.3 Menyajikan hasil
pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
· Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Bagi Kehidupan
Manusia
· Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Bagi Pembangun-an
Ekonomi
|
Mengamati:
· Mengamati gambar jenis-jenis sumber daya alam
· Mengamati tabel Pendapatan Nasional per kapita
·
Menanya:
·
Menanya
tentang jenis hasil tambang yang dimanfaatkan oleh manusia, pemanfaatan
sumber daya hutan
·
Menanya
dampak peningkatan pendapatan per kapita terhadap pembangunan ekonomi suatu
negara, pendapatan per kapita penduduk Indonesia
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan
informasi tentang sumber daya alam bagi kehidupan
·
Mengumpulkan
informasi tentang fungsi dan peran sumber daya alam bagi pembangunan ekonomi
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis dan menyimpulkan tentang sumber daya alam bagi kehidupan
·
Menganalisis
dan menyimpulkan tentang fungsi dan peran sumber daya alam bagi pembangunan
ekonomi
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil analisis tentang sumber daya alam bagi kehidupan
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang fungsi dan peran sumber daya alam bagi pembangunan
ekonomi
|
·
Sikap
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati jaran agama,
menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, kerjasama, percaya
diri, disiplin) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes Tertulis dan lisan tentang sumber daya alam bagi
kehidupan manusia
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
8JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
Tema III : Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Nasional
Subtema B : Keunggulan Sumber Daya Alam untuk pembangunan
Nasional
|
|||||
3.1Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2 Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat
kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan
dan politik
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang
peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
4.3 Menyajikan hasil
pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
· Keunggulan sumber daya alam antar region di Indonesia
· Sumber daya alam strategis sebagai modal dasar
Pembangun-an Nasional Indonesia
|
Mengamati:
· Mengamati hasil komoditi unggulan di daerahnya
misalnya: di Lampung
· Mengamati tabel produksi minyak bumi
Menanya:
·
Menanya
tentang keunggulan komoditas keunggulan di daerah setempat dan alasan
dikembangkannya komoditas tersebut
·
Menanya
tentang produksi BBM di Indonesia, manfaat yang dirasakan masyarakat dari
pengolahan BBM, potensi BBM yang ada di Indonesia
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan
informasi tentang keunggulan komoditas di daerah setempat
· Mengumpulkan data/informasi tentang Sumber daya alam
strategis sebagai modal dasar Pembangun-an Nasional Indonesia
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis dan menyimpulkan tentang keunggulan komoditas daerah setempat
· Menganailisis dan menyimpulkan tentang Sumber daya
alam strategis sebagai modal dasar Pembangun-an Nasional Indonesia
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang keunggulan komoditas daerah setempat
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang sumber daya alam strategis sebagai modal dasar
Pembangun-an Nasional Indonesia
|
·
Sikap
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama,
menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, peduli lingkungan
santun, kerjasama, percaya diri, disiplin) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes Tertulis dan lisan tentang keunggulan sumber
daya alam
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
16JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
Tema III : Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Nasional
Subtema C : Pengelolaan Sumber Daya Alam
|
|||||
3.1Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang
peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
4.3 Menyajikan hasil
pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
· Pengelolaan sumber daya alam yang maksimal
· Pengelolaan sumber daya alam yang lestari
· Peran kelembagaan dalam pengelolaan SDA
|
Mengamati:
· Mengamati gambar tentang lingkungan lestari dan
lingkungan tercemar
· Mengamati logo BUMN, PT swasta dan CV
Menanya:
·
Menanya
tentang pengelolaan sumber daya alam yang baik
·
Menanya
tentang hasil pengamatan terhadap logo BUMN, PT Swasta dan CV, perbedaan
antara BUMN, PT Swasta dan CV, peran BUMN dalam mengelola SDA
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan
informasi tentang pengelolaan sumber daya alam yang baik dari berbagai sumber
·
Mengumpulkan
data/informasi tentang peran kelembagaan dalam pengelolaan SDA
Menalar/Mengasosiasi:
· Mengolah, menganalisis dan
menyimpulkan tentang pengelolaan
sumber daya alam yang baik
·
Mengolah,
menganalissi dan menyimpulkan hasil pengamatan tentang peran kelembagaan
dalam pengelolaan SDA
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang pengelolaan sumber daya alam yang baik dari berbagai
sumber
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang peran kelembagaan dalam pengelolaan SDA
|
·
Sikap
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama,
menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, peduli lingkungan
santun, kerjasama, percaya diri, disiplin) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes Tertulis dan lisan tentang pengelolaan sumber
daya alam yang baik, peran kelembagaan dalam pengelolaan SDA
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
16JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek-tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
Tema 4 : Keragaman Sosial Budaya Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional
Subtema A : Sifat
dan Bentuk Interaksi Sosial Budaya dalam Pembangunan
|
|||||
3.3 Mendeskripsikan
fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam
masyarakat
3.4 Mendeskripsikan
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi
4.3 Menyajikan hasil
pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Sifat-sifat
interaksi sosial budaya dalam kehidupan masyarakat
·
Bentuk-bentuk
interaksi sosial budaya
|
Mengamati:
· Mengamati gambar yang menunjukkan interaksi asosiatif
dan disosiatif, misalnya: kerjabakti di kampung
· Mengamati gambar bentuk-bentuk interaksi sosial
budaya
Menanya:
·
Menanya
tentang cara menjaga hubungan keluarga agar tetap harmonis, alasan manusia
berinteraksi dengan orang lain
·
Menanya
tentang dampak negatif bentuk interaksi disosiatif, proses terjadinya
akulturasi kebudayaan
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan
informasi tentang sifat-sifat interaksi sosial budaya dalam kehidupan
masyarakat dari berbagai sumber
·
Mengumpulkan
data/informasi mengenai bentuk-bentuk interaksi sosial dalam kehidupan
masyarakat
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis dan
menyimpulkan data/informasi tentang sifat-sifat interaksi sosial budaya dalam
kehidupan masyarakat
· Menganalisis
data/informasi dan menyimpulkan tentang bentuk-bentuk interaksi sosial dalam
masyarakat
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang sifat-sifat interaksi sosial budaya dalam kehidupan
masyarakat
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang bentuk-bentuk interaksi sosial budaya
|
·
Sikap
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (santun, tanggung jawab, kerjasama dan peduli) dengan
mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes Tertulis dan lisan tentang sifat-sifat interaksi
sosial budaya, bentuk-bentuk interaksi sosial budaya
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
6 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek-tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
Tema 4 : Keragaman Sosial Budaya Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional
Subtema B : Fungsi
dan Peran Keragaman Sosial Budaya dalam Pembangunan
|
|||||
3.1Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2 Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat
kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan
dan politik
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang
peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
4.2 Mengguna-kan
berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat
sekitar
4.3 Menyajikan hasil
pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Peran
dan fungsi keragaman suku bangsa
·
Peran
dan fungsi keragaman bahasa
·
Peran
dan fungsi keragaman budaya
·
Peran
dan fungsi keragaman agama
|
Mengamati:
· Mengamati peta sebaran suku bangsa yang ada di
Indonesia
· Mengamati keragaman kosa kata Bahasa Indonesia
melalui Kamus Indonesia
· Mengamati hasil budaya yang ada di Indonesia,
misalnya: gambar tari Kecak di Bali
· Mengamati perintah-perintah dan larangan-larangan
dalam agama yang mendukung pembangunan nasional
Menanya:
·
Menanya
tentang ciri khas suku bangsa, keunggulan suku bangsa tersebut, jenis
pekerjaan yang dominan.
·
Menanya
tentang sumbangan bahasa daerah untuk bahasa Indonesaia, manfaat yang
diperoleh dari adanya keragaman bahasa daerah, dampak apabila bahasa daerah
tidak dilestarikan
·
Menanya
tentang ciri khas tarian-tarian yang ada di Indonesia, peran dan fungsi hasil
budaya bagi pembangunan nasional, nilai dan pesan moral dari hasil budaya
·
Menanya
tentang manfaat mempelajari agama dalam kaitannya dengan pembangunan
nasional, peran agama dalam pendidikan, peran agama dalam kontrol sosial
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan
informasi/data tentang keragaman suku bangsa
·
Mengumpulkan
informasi/ data tentang keragaman bahasa
·
Mengumpulkan
informasi/data tentang peran dan fungsi keragaman budaya
·
Mengumpulkan
informasi/data tentang fungsi dan peran keragaman agama
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis dan
menyimpulkan data/informasi tentang keragaman suku bangsa
· Menganalisis dan
menyimpulkan peran dan fungsi keragaman bahasa
· Menganalisis dan
menyimpulkan peran dan fungsi keragaman budaya
· Menganalisis dan
menyimpulkan tentang fungsi dan peran keragaman agama
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang keragaman suku bangsa
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang peran dan fungsi keragaman bahasa
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang peran dan fungsi keragaman budaya
·
Mempresentaasikan
simpulan tentang keragaman fungsi dan peran agama
|
·
Sikap
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (toleransi, kerjasama, peduli lingkungan, tanggung
jawab) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes Tertulis dan lisan tentang peran dan fungsi
keragaman suku bangsa, keragaman bahasa, keragaman budaya, keragaman agama
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
12 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek-tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
Tema 4 : Keragaman Sosial Budaya Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional
Subtema C : Fungsi
dan Peran Kelembagaan dalam Mengelola Keragaman Sosial Budaya
|
|||||
3.1Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2 Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat
kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan
dan politik
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang
peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
|
·
Fungsi
dan peran kelembagan dalam mengelola keragaman sosial budaya
|
Mengamati:
· Mengamati pentas budaya-budaya daerah
Menanya:
·
Menanya
peran lembaga keluarga dan politik dalam mengelola keragaman sosial budaya
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan
informasi/ data tentang fungsi dan peran kelembagaan dalam mengelola
keragaman sosial budaya
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis dan
menyimpulkan data/informasi tentang fungsi
dan peran kelembagaan dalam mengelola keragaman sosial budaya
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang fungsi dan peran kelembagaan dalam mengelola keragaman
sosial budaya
|
·
Sikap
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (kerjasama, jawab) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes Tertulis dan lisan tentang peran dan fungsi
kelembagaan dalam mengelola keragaman sosial budaya
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
4 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek-tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
Tema 4 : Keragaman Sosial Budaya Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional
Subtema D : Kemerdekaan
Sebagai Modal Pembangunan
|
|||||
3.1Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2 Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat
kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan
dan politik
3.4 Mendeskripsikan
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang
peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
|
·
Perubahan-perubahan
yang terjadi pada masyarakat Indonesia pada masa kolonial
·
Perubahan-perubahan
yang terjadi pada masyarakat Indonesia masa penjajahan Jepang
·
Persiapan
dan Proklamasi Kemerdeka-an Indonesia
·
Proklamasi
kemerdeka-an sebagai pintu gerbang pembangun-an
|
Mengamati:
· Mengamati gambar keadaan masyarakat pada masyarakat
kolonial dan uang koin VOC
· Mengamati gambar korban romusha dan tentara keibodan
· Mengamati gambar tentang persiapan dan proses
Proklamasi kemerdekaan Indonesia
· Mengamati gambar peta Indonesia dan rapat besar di
lapangan IKADA
Menanya:
·
Menanya
tentang perubahan yang terjadi pada perekonomian Indonesia akibat penjajahan
pada masa kolonial
·
Menanya
tentang perubahan-perubahan akibat penjajahan Jepang
·
Menanya
tentang persiapan dan proses Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
·
Menanya
tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan
informasi/ data tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat
Indonesia masa kolonial
·
Mengumpulkan
informasi tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat Indonesia
masa penjajahan Jepang
·
Mengumpulkan
informasi tentang persiapan dan proses Proklamasi kemerdekaan Indonesia
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis dan
menyimpulkan data/informasi tentang perubahan-perubahan
yang terjadi pada masyarakat Indonesia masa kolonial
· Menganalisis dan menyimpulkan tentang akibat yang
ditimbulkan penjajahan Jepang
· Menganalisis dan menyimpulkan tentang persiapan dan
proses Proklamasi kemerdekaan Indonesia
· Menganilisis dan menyimpulkan tentang Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat
Indonesia masa kolonial
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang akibat penjajahan Jepang
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang persiapan dan proses Proklamasi kemerdekaan Indonesia
·
Mempresentasikan
tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
|
·
Sikap
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (kerjasama, tanggung jawab) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes Tertulis dan lisan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat Indonesia masa
kolonial, masa penjajahan Jepang. persiapan dan proses Proklamasi kemerdekaan
Indonesia.
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
16 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
Cirebon, Juli 2014
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
........................... Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
Terimakasih pak, sangat bermanfaat bagi saya, semoga bpk tambah sukses dan diberi selalu limpahan Rahmat dan Nikmat dari Allah SWT... Aamiin.
BalasHapus