Satuan Pendidikan :
SMP Negeri
1 Kota Cirebon
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/semester : VII/Semester Dua
Materi Pokok : 5. Interaksi Manusia dan
Lingkungan
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (4 JP)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya .
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.3
Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
1.3.1.Mengucapkan
rasa syukur atas keberadaan lingkungan alam perdesaan yang subur dan masyarakat yang harmonis melalui do’a
|
|
2.3
Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukaninteraksi
sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
|
2.3.1. Menunjukkan perilaku peduli
saat melakukan kegiatan pengamatan
video/gambar lingkungan alam perdesaan yang subur dan
masyarakat yang harmonis
2.3.2.Menunjukkan perilaku santun
pada saat melakukan diskusi hasil kegiatan pengamatan
video/gambar lingkungan alam perdesaan yang subur dan
masyarakat yang harmonis
|
|
3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkunganalam, sosial,
budaya, dan ekonomi
|
3.4.1. Mendeskripsikan pengertian interaksi manusia dan lingkungan
3.4.2. Menganalisis perbedaan antara lingkungan alam
dan sosial
3.4.3. Menjelaskan keterkaitan antarkomponen
lingkungan
|
4
|
4.3
Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksimanusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
4.3.1.
Melaporkan hasil analisis dan diskusi tentang interaksi manusia dengan lingkungan melalui kegiatan presentasi di
depan kelas dalam bentuk deskripsi sederhana, gambar, atau dalam bentuk
powerpoint.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
1.
Kompetensi Sikap Spiritual
1.3.1.
Mengucapkan rasa syukur melalui
doa bersama secara sungguh-sungguh
2.
Kompetensi Sikap Sosial
2.3.1.
Menunjukkan
perilaku peduli saat
melakukan kegiatan pengamatan.
2.3.2.
Menunjukkan
perilaku santun pada
saat melakukan diskusi.
3.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan
a.
Pertemuan Pertama
3.4.1. Mendeskripsikan
pengertian interaksi manusia dan lingkungan dengan kalimat sendiri.
3.4.2. Menganalisis secara
cermat perbedaan antara lingkungan alam dan sosial.
3.4.3. Menjelaskan keterkaitan
antara komponen lingkungan secara tepat.
b.
Pertemuan Kedua
4.3.1.
Melaporkan hasil analisis dan diskusi tentang interaksi manusia dengan lingkungan melalui kegiatan presentasi di
depan kelas dalam bentuk deskripsi sederhana, gambar, atau dalam bentuk
powerpoint dengan tepat.
D. Materi Pembelajaran
1.Hakikat
Interaksi Manusia dan Lingkungannya.
a. Pengertian
lingkungan.
b.
Perbedaan
antara lingkungan alam dan sosial.
c.
Interaksi
manusia dengan lingkungan.
2. Keterkaitan
Antarkomponen Lingkungan.
a.
Komponen
lingkungan.
b.
Keterkaitan antar
komponen lingkungan.
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode Ilmiah.
2.
Pembelajaran metode carousel
F.
Sumber Belajar
1.
Buku IPS Paket
2.
Lingkungan
alam dan sosial di sekitar sekolah.
G.
Media Pembelajaran
1.
Media:
·
Lembar kerja
peserta didik
·
Lingkungan sekolah dan tukang
kebunnya.
2.
Alat dan
bahan:
·
Kertas dan Selotip
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Pendahuluan (10 menit)
·
Peserta didik
bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
·
Peserta didik
bersama guru mengkondisikan kelas.
·
Guru
menanyakan materi pertemuan yang lalu.
·
Guru memberi
motivasi: menunjukkan beberapa contoh lingkungan alam di sekitar sekolah.
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.
·
Siswa dibagi ke beberapa
kelompok
b.
Kegiatan inti ( 60 menit )
Mengamati:
·
Peserta didik
mengamati lingkungan sekitar sekolah
Menanya:
Peserta
didik diberi kesempatan untuk merumuskan dan mengajukan pertanyaan di bawah bimbingan guru. Pertanyaan diarahkan pada hal-hal
yang substantif seperti contoh di bawah ini:
·
Apa
yang dimaksud dengan lingkungan?
·
Bagaimana
perbedaan lingkungan alam dengan lingkungan sosial?
·
Mengapa lingkungan harus
dijaga kelestariannya?
Mengumpulkan data:
·Mengumpulkan data berdasarkan
hasil identifikasi tentang:
-
ciri-ciri
lingkungan alam dan sosial.
-
bentuk interaksi manusia dan lingkungan.
-
keterkaitan antar komponen lingkungan.
Mengasosiasi:
· Menganalisis data yang telah
dikumpulkan tentang:
-
Pengertian interaksi manusia dan lingkungan.
-
keterkaitan antar komponen lingkungan.
-
ciri-ciri
lingkungan alam dan sosial.
-
bentuk interaksi manusia dan lingkungan.
-
keterkaitan antar komponen lingkungan.
·
Menyimpulkan hasil analisis keterkaitan antar komponen lingkungan:
1.
Pengertian
lingkungan menurut tukang kebun dan menurut teori.
2.
Perbedaan
lingkungan alam dan lingkungan sosial.
3.
Ciri-ciri lingkungan alam dan lingkungan buatan.
4.
Perbedaan antara lingkungan alam dan lingkungan sosial.
5.
Keterkaitan antara lingkungan biotik, abiotik dan sosial dalam masyarakat.
Mengkomunikasikan
· Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
melalui metode carousel:
c.
Kegiatan penutup ( 10 menit)
·
Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses
pembelajaran.
·
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
·
Peserta didik diberi tugas untuk menyempurnakan laporan hasil pengamatan untuk dipresentasikan di pertemuan
berikutnya.
2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan (10 menit )
·
Pembukaan
: Salam dan doa pembuka.
·
Peserta didik
bersama guru mengkondisikan kelas.
·
Apersepsi : peserta didik mendengarkan pertanyaan guru
tentang materi pertemuan yang lalu.
·
Peserta didik
mendengarkan motivasi dari guru : menunjukkan beberapa contoh lingkungan alam
di sekitar sekolah.
·
Peserta didik
mendengarkan topik dan tujuan
pembelajaran.
b.Kegiatan
inti ( 60 menit )
Mengomunikasikan:
·
Memprensentasikan hasil analisis pengertian interaksi manusia dan
lingkungan serta keterkaitan antar komponen lingkungan di depan kelas.
·
Melaporkan kesimpulan hasil presentasi dalam bentuk tulisan kepada guru.
c.
Kegiatan penutup ( 10 menit)
·
Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses
pembelajaran.
·
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
·
Peserta didik dan guru membuat kesimpulan.
·
Peserta didik mendapatkan tugas untuk
mempelajari materi berikutnya.
I.
Penilaian
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik: Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Mensyukuri
|
1
|
Instrumen: lihat Lampiran
...
2.
Sikap sosial
a.
Teknik: Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Santun
|
1
|
|
Peduli
|
1
|
Instrumen: lihat Lampiran
...
3.
Pengetahuan
a.
Teknik: Tes tulis
b.
Bentuk Instrumen: uraian
c.
Kisi-kisi:
NO
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Mendeskripsikan
pengertian interaksi manusia dan lingkungan
|
1
|
2
|
Menganalisis perbedaan antara lingkungan alam dan sosial
|
2
|
3
|
Menjelaskan keterkaitan
antarkomponen lingkungan
|
3 - 10
|
Instrumen: lihat Lampiran
4.
Keterampilan
a.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Teknik
|
Bentuk
instrumen
|
Butir
Instrumen
|
|
Mengobservasi
|
Produk
|
Rubrik
|
1
|
|
Diskusi
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
2
|
|
Presentasi
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
3
|
Instrumen: lihat Lampiran
...
Cirebon, Januari 2014
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Karnadi,
S.Pd. M.Hum. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP 19650315 198703 1 010 NIP 19741010 200604 1 0126
LAMPIRAN
Lampiran 1. Sikap spiritual
NO
|
Nama
|
Sikap Spiritual
|
Sikap Sosial
|
Total Skor
|
|
Mensyukuri
|
Santun
|
Peduli
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
a. Sikap Spriritual
1) Indikator sikap spiritual “mensyukuri”:
-
Berdoa
sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran.
-
Memberi salam
pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
-
Menjaga
lingkungan hidup di sekolah.
-
Memelihara
hubungan baik dengan sesama teman sekelas.
2) Rubrik pemberian skor:
-
4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan
tersebut.
-
3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan
tersebut
-
2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan
tersebut
-
1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut
b. Sikap Sosial.
1. Sikap Santun
1)
Indikator sikap sosial “santun”
-
Tidak menyela pembicaraan.
-
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
-
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)
2)
Rubrik pemberian skor
-
4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan
tersebut.
-
3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut
-
2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan
tersebut
-
1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut
2. Sikap peduli
1)
Indikator sikap sosial “santun”
-
Mengingatkan
teman jika ada kesalahan
-
Selalu
menjaga barang-barang milik sekolah
-
Tidak
mencorat-coret sembarangan
-
Menjaga
lingkungan sekolah tetap bersih dan nyaman
2) Rubrik
pemberian skor
-
4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan
tersebut.
-
3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan
tersebut
-
2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan
tersebut
-
1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut
Lampiran 2.Pengetahuan
Nomor
|
Butir Instrumen
|
1
|
Rumuskan pengertian
lingkungan dengan kalimatmu sendiri!
|
2
|
Jelaskan perbedaan
antara lingkungan alam dan lingkungan sosial!
|
3
|
Apa yang dimaksud
dengan interaksi manusia dan lingkungan itu?
|
4
|
Sebutkan komponen
lingkungan dengan kalimatmu sendiri!
|
5
|
Jelaskan komponen abiotik dengan kalimatmu sendiri!
|
6
|
Jelaskan komponen biotik dengan kalimatmu sendiri!
|
7
|
Jelaskan komponen sosial dengan kalimatmu sendiri!
|
8
|
Jelaskan komponen budaya dengan kalimatmu sendiri!
|
9
|
Jelaskan keterkaitan
antar komponen lingkungan dengan manusia di perdesaan!
|
10
|
Jelaskan keterkaitan antar komponen lingkungan
dengan manusia diperkotaan!
|
Lampiran 3.Lembar penilaian ki 4 : ketrampilan
1. Lembar
penilaian untuk kegiatan mengamati lingkungan sekolah
No
|
Nama Siswa
|
Relevansi
(1-4)
|
Kelengkapan
(1-4)
|
Kebahasaan
(1-4)
|
Jumlah skor
|
1
|
Wayan
|
|
|
|
|
2
|
Acong
|
|
|
|
|
3
|
Sudar
|
|
|
|
|
Nilai = Jumlah skor dibagi 3
Keterangan :
a.
Kegiatan mengamati dalam hal
ini dipahami sebagai cara siswa mengumpulkan informasi faktual dengan
memanfaatkan indera penglihat,
pembau, pendengar, pengecap dan peraba. Maka secara
keseluruhan yang dinilai adalah HASIL
pengamatan (berupa informasi) bukan CARA
mengamati.
b.
Relevansi, kelengkapan, dan kebahasaan diperlakukan
sebagai indikator penilaian kegiatan mengamati. Relevansi merujuk pada ketepatan atau keterhubungan fakta yang
diamati dengan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Kompetensi
Dasar/Tujuan Pembelajaran (TP).
c.
Kelengkapan dalam arti semakin banyak
komponen fakta yang terliput atau semakin sedikit sisa (risedu) fakta yang
tertinggal.
d.
Kebahasaan menunjukkan bagaimana siswa
mendeskripsikan fakta-fakta yang dikumpulkan dalam bahasa tulis yang efektif (tata kata atau tata kalimat yang
benar dan mudah dipahami).
e.
Skor terentang antara 1 – 4
1 = kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Amat Baik
2. Penilaian untuk
kegiatan diskusi manusia dan lingkungannya.
NO
|
Nama
|
Mengkomunikasikan
(1-4)
|
Mendengarkan
(1-4)
|
Berargumentasi
(1-4)
|
Berkontribusi
(1-4)
|
Jumlah
skor
|
1
|
Wayan
|
|
|
|
|
|
2
|
Acong
|
|
|
|
|
|
3
|
Sudar
|
|
|
|
|
|
4
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Nilai = jumlah skor dibagi 3
Keterangan :
a. Berdiskusi : Mengacu pada ketrampilan mengolah fakta dan menalar (associating) yakni membandingkan fakta
yang telah diolahnya (data) dengan konsep yang ada sehingga dapat ditarik
kesimpulan dan atau ditemukannya sebuah prinsip penting. Ketrampilan berdiskusi
meliputi ketrampilan mengkomunikasikan (communication Skill), mendengarkan (listening skill), ketrampilan
berargumentasi (arguing skill) ,dan
ketrampilan berkontribusi (contributing
skill).
b. Ketrampilan mengkomunikasikan adalah
kemampuan siswa untuk mengungkapkan atau menyampaikan ide atau gagasan dengan
bahasa lisan yang efektif.
c. Ketrampilan mendengarkan dipahami sebagai kemampuan siswa
untuk tidak menyela, memotong, atau menginterupsi pembicaraan seseorang ketika
sedang mengungkapkan gagasannya.
d. Kemampuan berargumentasi menunjukkan kemampuan siswa dalam
mengemukakan argumentasi logis (tanpa fallacy
atau sesat pikir) ketika ada pihak yang bertanya atau mempertanyakan
gagasannya.
e.
Kemampuan
berkontribusi dimaksudkan sebagai
kemampuan siswa memberikan gagasan-gagasan yang mendukung atau mengarah ke
penarikan kesimpulan termasuk di dalamnya menghargai perbedaan pendapat.
f.
Skor terentang antara 1 – 4
1 =
kurang
2 =
Cukup
3 =
Baik
4 =
Amat Baik
3. Penilaian presentasi hasil diskusi
No
|
Nama
|
Menjelaskan
(1-4)
|
Memvisualkan
(1-4)
|
Merespon
(1-4)
|
Jumlah skor
|
1
|
Wayan
|
|
|
|
|
2
|
Acong
|
|
|
|
|
3
|
Sudar
|
|
|
|
|
4
|
Dst.
|
|
|
|
|
Nilai= Jumlah skor dibagi 3
a.
Presentasi menunjuk pada kemampuan siswa
untuk menyajikanhasil temuannya mulai dari kegiatan mengamati, menanya, uji coba (mencoba), dan
mengasosiasi sampai pada kesimpulan. Presentasi terdiri atas
3 aspek penilaian yakni ketrampilan menjelaskan, memvisualisasikan, dan
merespon atau memberi tanggapan.
b.
Ketrampilan menjelaskan adalah kemampuan
menyampaikan hasil observasi dan diskusi secara meyakinkan.
c.
Ketrampilan memvisualisasikan berkaitan
dengan kemampuan siswa untuk membuat atau mengemas informasi seunik mungkin,
semenarik mungkin, atau sekreatif mungkin.
d.
Ketrampilan merespon adalah kemampuan siswa
menyampaikan tanggapan atas pertanyaan, bantahan, sanggahan dari pihak lain
secara empatik.
e.
Skor terentang antara 1 – 4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Amat Baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar