SILABUS IPS
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 1 Kota Cirebon
Kelas : VII (tujuh)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menghargai ajaran agama dalam
berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.
1.3 Menghayati
karunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan
manusia dan lingkungan-nya
|
|
Pembelajaran
KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam
pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
Penilaian
KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman
sejawat oleh peserta didik, dan jurnal
|
|
|
|
2.1 Menunjuk-kan
perilaku jujur, gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri
sebagaima-na
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
2.2 Menunjukkan perilaku rasa
ingin tahu, terbuka dan kritis
terhadap permasalah-an sosial
sederhana.
2.3
Menunjukkan perilaku
santun, peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial
dengan lingkungan dan teman sebaya
|
|
|
|
|||
Tema I : Keadaan
Alam Dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Subtema A : Letak
Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia
|
||||||
3.1 Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik)
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran
masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam
masyarakat sekarang
4.2
Menghasil-kan gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Letak
wilayah dan pengaruh-nya bagi keadaan alam Indonesia
|
Mengamati:
· Mengamati peta letak astronomis dan geografis
Indonesia
Menanya:
· Merumuskan pertanyaan tentang letak astronomis dan
geografis Indonesia
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan
informasi untuk menjawab pertanyaan tentang letak astronomis dan geografis
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis keterkaitan antara letak astronomis dan geografis dengan musim dan
hubungan dengan negara lain
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil analisis data tentang letak astronomis dan geografis dengan musim dan
hubungan dengan negara lain
|
Sikap:
· Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama) dengan
menggunakan rubrik
· Pengetahuan
Tes Tertulis/ Lisan
tentang: letak astronomis dan geografis Indonesia
Keterampilan:
· Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
4JP
|
· Peta letak astronomis dan geografis Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek-tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
|
Tema I : Keadaan
Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Subtema B : Keadaan
Alam Indonesia
|
||||||
3.1 Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi,
sosial, budaya, pendidikan dan politik)
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran
masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam
masyarakat sekarang
4.2
Menghasil-kan gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Keadaan
Iklim di Indonesia
·
Bentuk
Muka Bumi dan Aktivitas Penduduk Indonesia
·
Keragaman
flora dan fauna di Indonesia
|
Mengamati:
· Mengamati suhu udara di suatu tempat yang terjadi
sampai siang hari
· Mengamati peta fisiografis Indonesia, peta sebaran
gunug berapi, gambar bencana alam
· Mengamati keragaman flora dan fauna
Menanya:
· Merumuskan pertanyaan tentang suhu udara terendah dan suhu
udara tertinggi
· Merumusan pertanyaan tentang kondisi fisiografis di
daerahnya, bencana alam yang terjadi di Indonesia, dan gunung berapi yang ada
di Indonesia
· Merumuskan pertanyaan tentang keragaman flora dan fauna di
Indonesia
Mengumpulkan
informasi:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang
wilayah Indonesia dikaitkan dengan keadaan iklim
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang
bentuk muka bumi di Indonesia
· Mengumpulkan informasi tentang bentuk muka bumi di
Indonesia dan sebaran flora dan fauna dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis keterkaitan antara keadaan iklim dengan suhu
udara
·
Menganalisis bentuk muka bumi dan kaitannya dengan
aktivitas penduduk
·
Menganalisis keragaman flora dan fauna di Indonesia
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang keadaan iklim di Indonesia
·
Mempresentasikan
hasil analisis data tentang bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indonesia
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang flora dan fauna di Indonesia
|
· Sikap:
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab, disiplin, dan kerjasama) dengan mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
· Tes Tertulis/ Lisan
tentang iklim di Indonesia, bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indonesia, keragaman flora dan
fauna di Indonesia
·
Keterampilan:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi,
menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
|
16 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VII
· Ensiklope-dia Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek- tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
|
Tema I : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk
Indonesia
Subtema C: Kehidpan
Sosial Masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, Hindu Buddha, dan Islam
|
||||||
3.2
Memahami perubahan masyarakat
Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu Buddha dan masa Islam dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran
masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam
aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam
masyarakat sekarang
|
· Kehidupan Masyarakat pada Masa Praaksara
· Kehidupan Masyarakat pada Masa Hindu Buddha
· Kehidupan Masyrakat pada Masa Islam
· Konektivitas antarruang dan waktu
|
Mengamati:
· Mengamati peta sejarah
· Mengamati gambar kehidupan manusia Praaksara
· Mengamati gambar kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha
· Mengamati gambar kehidupan manusia pada masa Islam
· Mengamati gambar/video tentang hutan yang gundul di daerah
hulu, hujan deras di daerah hilir dan hulu, membuang sampah di sembarang
tempat di daerah hilir, sungai meluap, dan banjir besar melanda daerah hilir
Menanya:
· Merumuskan pertanyaan tentang kehidupan manusia pada masa
praaksara
· Merumuskan pertanyaan tentang kehidupan manusia pada masa
Hindu Buddha dan hasil budayanya
· Merumuskan pertanyaan tentang kehidupan manusia pada masa
Islam dan hasil budayanya
· Meumuskan pertanyaan tentang gundul di daerah hulu, hujan
deras di daerah hilir dan hulu, membuang sampah di sembarang tempat di daerah
hilir, sungai meluap, dan banjir besar melanda daerah hilir
Mengumpulkan
informasi:
· Mengumpulkan
informasi tentang kehidupan manusia
pada masa praaksara dari berbagai referensi
· Mengumpulkan
informasi tentang kehidupan manusia
pada masa Hindu Buddha dari berbagai sumber
· Mengumpulkan
informasi tentang kehidupan manusia
pada masa Islam dari berbagai sumber
· Mengumpulkan informasi tentang konektivitas antarruang dan
waktu seerta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis dan menyimpulkan kehidupan
manusia praaksara dilihat dari aspek geografis, ekonomis, dan sosial budaya
· Menganalisis dan menyimpulkan kehidupan
manusia pada masa Hindu Buddha dilihat dari aspek geografis, ekonomis, dan
sosial budaya
· Menganalisis dan menyimpulkan kehidupan
manusia pada masa Islam dilihat dari aspek geografis, ekonomis, dan sosial
budaya
· Menganalisis dan menyimpulkan keterkaitan antara daerah
hulu dan daerah hilir dalam konteks peristiwa banjir
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil simpulan tentang kehidupan manusia pada masa
praaksara
·
Mempresentasikan hasil simpulan tentang kehidupan manusia pada masa
Hindu Buddha
·
Mempresentasikan hasil simpulan tentang kehidupan manusia pada masa
Islam
· Mempresentasikan
hasil simpuan tentang keterkaitan
antara daerah hulu dan daerah hilir dalam konteks peristiwa banjir
|
· Sikap:
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab, disiplin, dan kerjasama) dengan
mengguna-kan rubrik
Pengetahuan
· Tes Tertulis/ Lisan
tentang kehidupan masyarakat masa praaksara, Hindu Buddha, Islam, dan
konektivitas antarruang dan waktu
·
Keterampilan:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
12 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Ensiklope- dia Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elekt-ronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
|
Tema II : Keadaan Penduduk Indonesia
Subtema A : Asal Usul Penduduk Indonesia
|
||||||
3.1 Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi,
sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.3
Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam
masyarakat
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran
masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam
masyarakat sekarang
4.2
Menghasil-kan gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Asal Usul Penduduk Indonesia
|
Mengamati:
· Mengamati peta perjalanan nenek moyang Indonesia
Menanya:
· Merumuskan pertanyaan tentang asal usul nenek moyang bangsa
Indonesia dan ras dari penduduk
Mengumpulkan
informasi:
· Mengumpulkan informasi tentang asal usul nenek moyang
Indonesia dari berbagai referensi
·
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis informasi
yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tentang asal usul nenek moyang
bansa Indonesia
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan hasil analisis data tentang asal usul nenek moyang bansa Indonesia
|
· Sikap:
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan, menghayati ajaran agama),
sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan mengguna-kan
rubrik
Pengetahuan
· Tes Tertulis/ Lisan
tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia
Keterampilan:
·
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
4 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Ensiklope-dia Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
|
Tema II :
Keadaan Penduduk Indonesia
Subtema B : Karakteristik Penduduk Indonesia
|
||||||
3.1
1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.3
Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam
masyarakat
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran
masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam
masyarakat sekarang
4.2
Menghasil-kan gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Jumlah
dan Kepadatan Penduduk Indonesia
·
Komposisi Penduduk
|
Mengamati:
· Mengamati gambar-gambar tentang jumlah penduduk dan
luas wilayah masing-masing provinsi di Indonesia
· Mengamati tabel tentang pendidikan, agama, bidang
usaha penduduk Indonesia
Menanya:
·
Menanya tentang jumlah
penduduk yang terpadat atau yang terjarang di Indonesia
·
Menanya tentang pendidikan rata-rata dari tabel data
pendidikan, agama yang dianut di daerahnya, bidang usaha yang banyak
dilakukan, dan wilayah desa dan kota
Mengumpulkan informasi:
· Mengumpulkan informasi tentang keadaan penduduk di
Indonesia
· Mengupulakan data atau informasi dari berbagai sumber
tentang keadaan penduduk di suatu wilayah
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis dan
menyimpulkan tentang keadaan penduduk
Indonesia dilihat dari jumlah dan kepadatannya
· Menganalisis dan
menyimpulkan tentang penduduk Indonesia dilihat dari komposisinya mmelalui
kegiatan curah pendapat
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan hasil analisis data tentang keadaan
penduduk di Indonesia
·
Mempresentasikan
hasil analisis data tentang keadaan penduduk Indonesia dilihat dari
kompsisinya
|
Sikap
· Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama,
menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan
peduli) dengan mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
· Tes Tertulis dan lisan tentang kepadatan dan komposisi
penduduk Indonesia
Keterampilan
·
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
14 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Ensiklope-dia Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek-tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
|
Tema II : Keadaan Penduduk Indonesia
Subtema C : Mobilitas Penduduk Antarwilayah di Indonesia dan Fasilitas
Pendukungnya
|
||||||
3.1
Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi,
sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.3
Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, pendidikan dan politik
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran
masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam
masyarakat sekarang
4.2
Menghasil-kan gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Mobilitas
Penduduk Antarwila-yah Indonesia
·
Fasilitas
Pendukung terjadinya Mobilitas penduduk Indonesia
|
Mengamati:
· Mengamati gambar-tentang kegiatan ekonomi di kota dan
pemukiman penduduk di desa
Menanya:
·
Menanya faktor penyebab terjadinya mobilitas penduduk
dari desa ke kota, cara melakukan mobilitas, dan tujuan dari mobilitas
·
Mengumpulkan informasi:
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang mobilitas penduduk dan fasilitas
pendukungnya
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis dan menyimpulkan tentang mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan hasil analisis data tentang
mobilitas
penduduk dan fasilitas pendukungnya
|
· Sikap:
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan),
sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan peduli) dengan
mengguna-kan rubrik
· Pengetahuan:
·
Tes
Tertulis dan lisan tentang mobilitas
penduduk dan fasilitas pendukung-nya
·
Keterampilan
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
8 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Ensiklope-dia Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek-tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
|
Tema II : Keadaan Penduduk Indonesia
Subtema D : Pengertian dan Jenis Lembaga Sosial
|
||||||
3.1Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi,
sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.3
Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran
masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam
masyarakat sekarang
4.2
Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Lembaga
Sosial dan jenis-jenisnya
|
Mengamati:
· Mengamati gambar-tentang aktivitas penduduk dalam
memenuhi kebutuhan, gambar partai politik, kegiatan ekonomi, lebaga
pendidikan, dan keluarga
Menanya:
·
Menanya tentang pengertian lembaga sosial dan
jenis-jenisnya
Mengumpulkan informasi:
·
Mengumpulkan
data/informasi dari berbagai sumber tentang jenis lembaga sosial
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis dan menyimpulkan tentang lembaga soaial dan perannya bagi masyarakat
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan hasil analisis data tentang
Jenis-jenis
lembaga sosial dan perannya bagi masyarakat
|
· Sikap
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan),
sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan peduli) dengan
mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
·
Tes
Tertulis dan lisan tentang lembaga
soial dan perannya bagi masyarakat
·
Keterampilan:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
10JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Ensiklope-dia Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek-tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
|
Tema III : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya
Alam
Subtema A : Pengertian dan
Pengelompokkan Sumber Daya Alam
|
||||||
3.
1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
4.1Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil
hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa
Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan
politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
|
·
Pengertian
dan pengelom-pokan sumber daya alam
|
Mengamati:
· Mengamati gambar pemandangan alam salah satu daerah
di Indonesia
Menanya:
· Menanya tentang ketersediaan sumber daya alam yang ada
Mengumpulkan
informasi:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang pengertian
dan pengelompokkan sumber daya alam
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis dan menyimpulkan tentang potensi sumber daya alam daerah masing-masing dan manfaatnya
bagi kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil analisis data tentang potensi sumber daya alam dan manfaatnya bagi
kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya
|
Sikap:
· Observasi tentang sikap spiritual (menghayati jaran agama,
menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu,
peduli) dengan mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
· Tes Tertulis dan lisan tentang pengertian dan
pengelompok-an sumber daya alam
·
Keterampilan:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
8 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek-tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
|
Tema III :
Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Subtema B : Potensi dan sebaran sumber daya alam Indonesia
|
||||||
3.
1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
4.1Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil
hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa
Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan
politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
|
·
Potensi
sumber daya udara
·
Potensi
sumber daya tanah
·
Potensi
sumber daya air
·
Potensi
sumber daya hutan
·
Potensi
sumber daya tambang
·
Potensi
dan sebaran sumber daya laut
|
Mengamati:
· Merasakan suhu udara
· Mengamati peta sebaran tanah
· Mengamati peta sebaran sungai dan danau
· Mengamati potensi hutan yang ada di daerah
masing-masing
· Mengamati potensi tambang yang ada di daerah
masing-masing
· Mengamati sumber daya laut
Menanya:
· Menanya tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan,
tambang dan sebaran sumber daya laut
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan
informasi tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber
daya laut di daerah setempat
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis dan menyimpulkan tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan
sumber daya laut di daerah setempat
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan
sumber daya laut di daerah setempat
|
Sikap:
· Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama,
menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli)
dengan mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
· Tes Tertulis dan lisan tentang potensi sumber daya
udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di daerah setempat
·
Keterampilan
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
18JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
|
Tema III : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya
Alam
Subtema C : Kegiatan ekonomi dan pemanfaatan potensi sumber daya
alam
|
||||||
3.
1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
4.1Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil
hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa
Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik
yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
|
· Kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi)
· Pemanfaat-an sumber daya alam
|
Mengamati:
· Mengamati gambar tentang aktivitas penduduk dalam
kegiatan ekonomi, pertanian,
perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan
Menanya:
· Menanya tentang aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan,
perikanan, pertambangan, kehutanan
Mengumpulkan
informasi:
· Mengumpulkan informasi tentang aktivitas penduduk dalam
kegiatan ekonomi, pertanian,
perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan dari berbagai
sumber
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis dan
menyimpulkan aktivitas penduduk di bidang ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan,
pertambangan, kehutanan dari berbagai sumber
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan hasil simpulan tentang aktivitas
penduduk di bidang ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan,
pertambangan, kehutanan
|
· Sikap
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan),
sikap sosial (tanggung jawab, peduli, rasa ingin tahu) dengan mengguna-kan
rubrik
· Pengetahuan
· Tes Tertulis dan lisan tentang aktivitas penduduk
dalam kegiatan ekonomi, pertanian,
perkebunan, peternakan, perikanan, pertambang-an, kehutanan dari berbagai
sumber
·
Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
20 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek-tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
|
Tema 4 : Dinamika
Interaksi Manusia
Subtema A : Dinamika
Interaksi Manusia dengan Lingkungan
|
||||||
3.3
Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat
4.3
Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Dinamika
Interaksi Manusia dengan Lingkungan
|
Mengamati:
· Mengamati gambar aktivitas manusia yang berdampak
terhadap lingkungan alam
Menanya:
· Menanya tentang dampak aktivitas manusia terhadap
lingkungan
Mengumpulkan
informasi:
· Mengumpulkan
data/ informasi tentang dampak
aktivitas manusia terhadap lingkungan
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang dampak
aktivitas manusia terhadap lingkungan
|
Sikap:
· Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu dan peduli) dengan
mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
· Tes Tertulis dan lisan tentang dampak aktivitas manusia
terhadap lingkungan
Keterampilan:
·
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
2 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek-tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
|
Tema 4 : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema B : Saling
Keterkaitan antarkelompok Lingkungan
|
||||||
3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan kingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi
4.3
Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Keterkaitan
antarkompo-nen lingkungan
|
Mengamati:
· Mengamati gambar/video tentang keadaan manusia dan
lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
Menanya:
· Menanya tentang keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional
dan modern
Mengumpulkan
informasi:
· Mengumpulkan informasi/data tentang keadaan manusia
dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis dan
menyimpulkan data/informasi tentang keadaan
manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan hasil simpulan tentang keadaan
manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
|
Sikap:
· Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (rasa ingin tahu, peduli, tanggung jawab) dengan
mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
·
Tes
Tertulis dan lisan tentang Keterkaitan
antarkompo-nen lingkungan
Keterampilan:
· Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
12 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek-tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
|
Tema 4 : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema C : Interaksi
Manusia dengan Lingkungan Alam, Sosial, Budaya dan Ekonomi
|
||||||
3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan kingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi
4.3
Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Hakekat
Interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
|
Mengamati:
· Mengamati gambar yang berhubungan dengan aktivitas
manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
Menanya:
· Menanya tentang aktivitas manusia yang berdampak
pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan
informasi/ data tentang aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan
alam, sosial, budaya dan ekonomi dari berbagai sumber.
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis dan
menyimpulkan data/informasi tentang aktivitas
manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan hasil simpulan tentang aktivitas
manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
|
Sikap:
·
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial rasa ingin tahu, tanggung jawab, peduli) dengan
mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
· Tes Tertulis dan lisan tentang hakekat interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
Keterampilan:
· Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
8 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek-tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
|
Tema 4 : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema D : Keragaman
Sosial Budaya sebagai Hasil Dinamika Interaksi Manusia
|
||||||
3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi
4.3
Mengobserva-si dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu Budha dan
masa Islam
|
Mengamati:
· Mengamati gambartentang peninggalan zaman praaksara
Menanya:
· Menanya tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada
masa pra aksara, Hindu Budha dan masa Islam
Mengumpulkan
informasi:
· Mengumpulkan
informasi/ data tentang hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa pra aksara, Hindu Budha dan masa
Islam dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa pra aksara,
Hindu Budha dan masa Islam
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa pra aksara, Hindu Budha dan masa
Islam
|
Sikap:
·
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (rasa ingin tahu, peduli, tanggung jawab) dengan
mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
· Tes Tertulis dan lisan tentang hasil kebudayaan masyarakat
Indonesia pada masa pra aksara, Hindu Budha dan masa Islam
Keterampilan
· Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
8 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elek-tronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
|
ema 4 : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema E : Hasil
kebudayaan Masyarakat Pada masa Lalu
|
||||||
3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan kingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi
4.3
Mengobserva-si dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Keragaman
suku bangsa, bahasa, budaya, religi
|
Mengamati:
· Mengamati gambar/video tentang keragaman suku bangsa, bahasa,
budaya dan religi
Menanya:
· Menanya tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan
religi
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan
informasi/ data tentang keragaman
suku bangsa, bahasa, budaya dan religi dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang keragaman
suku bangsa, bahasa, budaya dan religi
|
Sikap:
·
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (rasa ingin tahu, peduli, tanggung jawab) dengan
mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
·
Tes
Tertulis dan lisan tentang Keragaman
suku bangsa, bahasa, budaya, religi
Keterampilan:
·
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
|
6 JP
|
· Peta
Indonesia
· Atlas
Indonesia
· Atlas
Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan
Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan
sekitar
· Internet
|
|
Cirebon, Juli 2014
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
........................... Daryo
Susmanto, S.Sos.
NIP NIP
19741010 200604 1 026
Best Casino Sites Canada (2021) | No Deposit Bonus Codes
BalasHapusBest Casino 1xbetdownload Sites for Canadian Players ➤ 암호 화폐 종류 Check 강인경 마루에몽 out Our 세븐 포커 Top 5 Casinos for Players ✔️ Bonuses, Free Spins, Banking Methods & More. bet365 우회