SILABUS
MATA PELAJARAN ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Kelas : VIII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menghayati ajaran agama dalam
berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menghayati karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
|
|
|
|
|
2.1Menunjukkan perilaku jujur, gotong
royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan
oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, terbuka
dan sikap kritis terhadap permasalahan sosial sederhana.
2.3 Menunjukkan perilaku santun,
peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas
antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.3 Mendiskripsikan fungsi dan peran
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan
sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
4.1 Menyajikan hasil olahan telaah
tentang peninggalan kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa
penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya
4.2 Menggunakan berbagai strategi
untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
4.3 Menyajikan hasil pengamatan
tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
Masyarakat Indonesia,
lingkungannya , dan pembangunan nasional.
·
Dinamika kependudukan Indonesia.
-
Pengertian Dinamika kependudukan
Indonesia.
-
Masalah Kependudukan Indonesia dan upaya penanggulangannya:
(Jumlah yang besar,
pertumbuhan yang cepat.persebaran yang
tidak merata, mobilitas penduduk yang tidak sesuai dengan arus pembangunan,
komposisi penduduk yang tidak
beimbang).
( Kesehatan yang
rendah, tingkat pendidikan yang rendah, pendidikan yang tidak sesuai dengan
kebutuhan, Tingkat kesejahteraan /kemakmuran yang rendah ).
·
Lingkungan Fisik Indonesia.
-
Letak Indonesia dan akibatnya.
-
Letak geografis dan akibatnya.
-
Letak geologis dan akibatnya
-
Letak astronomis dan akibatnya.
· Lingkungan Hidup
-
Unsur-unsur lingkungan hidup
-
Permasalahan lingkungan hidup,
-
upaya penanggulangannya, dan mitigasi
serta hubungannya dengan pembangunan.
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks/buku/
referensi lain yang relevan tentang:
-
Konektivitas antarruang dan waktu
-
Pengertian Dinamika kependudukan Indonesia
- Masalah
Kependudukan Indonesia dan upaya penanggulangannya .
·
Mengamati:
-
Tayangan video tentang suatu tempat dan peristiwa yang
terjadi di tempat tersebut tentang pengangguran, lingkungan yang kotor,
kejahatan, dsb.
-
Tayangan video interaksi manusia
dalam ruang dan waktu yang berbeda misalnya tentang banjir akibat penebangan
hutan dan membuang sampah sembarangan.
-
Gambar keadaan alam Indonesia
yang rusak seperti penggundulan hutan, perusakan lingkungan akibat
penambangan yang tidak bertanggung jawab, bencana tsunami akibat hilangnya
hutan mangrove.
Menanya:
·
Mengajukan pertanyaan terkait hasil
pengamatan tayangan video dan membaca buku, misalnya:
-
Mengapa di suatu tempat terjadi suatu peristiwa
banjir ?
-
Mengapa terdapat
keterkaitan antara ruang yang satu dan ruang lainnya ( misalnya di
sekitar Bogor hujan lebat bagaimana akibatnya bagi Jakarta yang merupakan
tempat muaranya aliran sungai-sungai?
-
Mengapa manusia wajib saling berinteraksi dengan alam
?
-
Bagaimana cara manusia menyesuaikan diri dengan alam
sekitarnya?
-
Bagaimana jika manusia tidak menyerasikan diri dengan
alam sekitarnya?
-
Bagaimana pengaruh letak astronomis terhadap
kehidupan masyarakat di Indonesia?
-
Bagaimana pengaruh letak geografis terhadap keadaan
sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat Indonesia?
-
Bagaimana permasalahan lingkungan hidup bagi
pelaksanaan pembangunan Indonesia?
-
Bagaimana upaya penanggulangan lingkungan hidup yang
telah rusak akibat perbuatan manusia
masyarakat?
-
Bagaimana mitigasi bencana yang dilakukan masyarakat
dan pemerintah Indonesia, seperti peristiwa Tsunami Aceh dan Jogyakarta?
-
Apa manfaat tingkat pendidikan yang tinggi bagi
pembangunan bangsa ?
-
Apa pengaruh tingkat kesehatan penduduk bagi kemajuan
bangsa?
-
Bagaimana akibatnya apabila jumlah usia nonproduktif
lebih banyak dibandingkan dengan usia produktif ?
Eksplorasi:
· Mengumpulkan data berdasarkan hasil identifikasi
tentang:
-
Dinamika kependudukan Indonesia.
-
Lingkungan Fisik Indonesia.
( Letak geografis dan akibatnya,letak
geologis dan akibatnya, letak astronomis dan akibatnya
-
Lingkungan Hidup
·
Menentukan sumber data
tentang Masalah
Kependudukan Indonesia dan upaya penanggulangannya, misalnya dari
internet atau media cetak/koran dan majalah yang relevan.
·
Mengumpulkan data tentang:
-
Lingkungan Fisik Indonesia pada peta
Indonesia dari buku teks/buku /referensi lain yang relevan
- Lingkungan Hidup ( unsur-unsur lingkungan hidup dan permasalahannya
- Upaya penanggulangan lingkungan hidup , dan mitigasi
serta hubungannya dengan pembangunan.
Mengasosiasi:
· Menganalisis data berdasarkan klasifikasi mengenai:
- Dinamika
kependudukan Indonesia .
-
Lingkungan Fisik Indonesia
-
Lingkungan Hidup
Mengomunikasikan:
·
Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi di depan
kelas dan membuat laporan ilmiah secara tertulis.
|
Tugas
·
Mengidentifikasi hal-hal yang merupakan bentuk
keterkaitan antarruang yang ada di daerahnya dan daerah lain dengan keadaan
penduduk..
·
Membuat klipping gambar kerusakan lingkungan di
Indonesia
·
Membuat klipping gambar kerusakan lingkungan akibat
perbuatan manusia.
Unjuk Kerja
·
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses Eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
Portofolio
·
Menilai tugas-tugas/ laporan yang
dibuat peserta didik.
Tes tulis
·
Tes tertulis tentang permasalahan kependudukan Indonesia
dan lingkungannya , serta dampaknya terhadap
pembangunan nasional.
|
8 mg x 4 jp
|
·
Peta Indonesia
·
Atlas Indonesia
·
Atlas Sejarah
·
Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·
Buku Panduan Guru Pelajaran IPSuntuk SMP/Mts kls VIII
·
Ensiklopedia Geografi
·
Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
·
Internet
|
3.1 Memahami aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2 Mendeskripsikan perubahan
masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan
serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan
politik
3.4 Memahami
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi
4.3
Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat
sekitar
|
Proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia
·
Pengaruh kolonialisme dan imperialism Barat di Indonesia.
-
Pengertian kolonialisme dan imperialism.
-
Latar belakang bangsa barat datang di Indonesia
-
Kedatangan bangsa barat di Indonesia dan pengaruhnya dalam bidang
politik, ekonomi, sosial, budaya, dan Teknologi/arsitektur.:
o
Bidang politik
kebijakan pemerintah kolonial dan
pengaruhnya terhadap masyarakat Indonesia.
o Reaksi rakyat terhadap kekuasaan
pemerintah kolonial di berbagai daerah.
o Bidang Ekonomi
(Ekonomi uang, Sistem pajakuruhan/tenaga kerja/koeli
Ordonantie Urusan Masalah tanah/UU agraria, kemiskinan, . Pemerasan dan
penindasan ). Bidang
o Sosial budaya /pendidikan. ( pendidikan barat dan . berkembangnya agama
Kristen
o cara pergaulan.
o gaya hidup
o cara berpakaian
o Bidang bahasa
Teknologi/arsitektur. (bangunan,jembatan, jalan,
benteng, mercu suar , bendungan, jalan kereta api )
·
Terbentuknya kesadaran nasional.
-
Pengertian kesadaran nasional
-
Latar belakang / faktor-faktor terbentuknya kesadaran nasional ( intern
dan ekstern )
-
Pihak-pihak yang yang berperan dalam
proses terbentuknya kesadaran nasional :
( kaum
cendikiawan/terpelajar,. professional/guru , tokoh agama /para haji,Pers/wartawan
)
-
Terbentuknya organisasi Pergerakan nasional( Organisasi Keagamaan, sosial – budaya,
Ekonomi, Politik, Kedaerahan,
Kepemudaan dan kepanduan.)
-
Taktik/strategi perjuangan melawan penjajahan Belanda.
( Kooperatif –
nonkooperatif )
-
Sifat perjuangan melawan penjajahan Belanda ( Moderat- Radikal )
-
Kongres Pemuda I dan II
-
Pergerakan nasional setelah Kongres Pemuda II- Kedatangan Jepang ( 1928
1942 )
-
Latar belakang Jepang menguasai Indonesia.
-
Usaha-usaha Jepang menarik simpati bangsa Indonesia.
-
Pengaruh pendudukan Jepang di Indonesia :
-
Bentuk-bentuk Perlawanan terhadap pendudukan Jepang.
o Tanpa Kekerasan ( Berkolaborasi dan Gerakan bawah tanah )
o Kekerasan/militer ( Dipimpin oleh
tokoh agama, politik, dan militer ).
-
Usaha Persiapan Kemerdekaan.
·
Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI.
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks/buku/ sumber lain yang relevan tentang:
-
pengertian kolonialisme dan imperialism.
-
potensi dan sebaran daerah penghasil
rempah-rempah Indonesia
·
Mengamati:
-
tayangan video tentang
kekayaan alam Indonesia khususnya rempah-rempah yang menjadi daya tarik bangsa
Eropa datang di Indonesia.
-
peta/atlas tentang persebaran
daerah penghasil rempah-rempah di
Indonesia
Menanya:
·
Mengajukan pertanyaan terkait hasil
pengamatan tayangan video dan membaca buku, misalnya:
-
Siapa bangsa Eropa yang
pertama kali datang di Indonesia?
-
Apa kegunaan rempah-rempah?
-
Bagaimana sikap kita kepada
Bangsa Eropa yang telah menjajah Indonesia?
-
Bagaimana kebijakan pemerintah kolonial
dan pengaruhnya terhadap masyarakat Indonesia?
-
Bagaimana reaksi rakyat Indonesia terhadap kekuasaan pemerintah kolonial
Eropa ( Portugis, Belanda, dan Inggris )
-
Peninggalan apa saja yang sekarang masih dirasakan oleh
rakyat Indonesia dan bagaimana pemanfaatannya?
-
Bagaimana cara untuk menjaga
peninggalan barat agar bermanfaat ?
Eksplorasi:
·
Mengumpulkan data berdasarkan hasil
identifikasi tentang:
-
Pengaruh
kolonialisme dan imperialism Barat di Indonesia dalam berbagai bidang
kehidupan..
-
Pengelompokan peninggalan penjajahan Eropa dalam
bidang teknologi bangunan di Indonesia .
Mengasosiasi:
·
Menganalisis data
berdasarkan klasifikasi mengenai macam-macam pengaruh kolonialisme dan imperialisme Barat di
Indonesia,
, potensi untuk dikembangkan,
manfaat, dan persebaran, serta cara pelestariannya.
·
Membandingkan pola penjajahan
Belanda dan Inggris.
·
Membandingkan pola-pola
perjuangan bangsa Indonesia sebelum abad XX dan abad XX.
·
Membandingkan pola-pola
perjuangan bangsa Indonesia saat melawan Belanda dan Jepang.
·
Menyimpulkan hasil analisis
Mengomunikasikan:
·
Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi di depan kelas dan melaporkannya dalam
bentuk tulisan.
|
Tugas
·
Mengumpulkan gambar buah rempah-rempah
yang menjadi daya tarik bangsa Barat datang di Indonesia dan menjelaskan
fungsi atau kegunaannya dalam bentuk tabel.
·
Membuat peta perjalanan bangsa-bangsa
Eropa sampai tiba di Indonesia.
·
Membuat kliping para pahlawan yang
melakukan perlawanan kepada penjajahan Belanda.
Unjuk Kerja
·
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses Eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
Portofolio
·
Menilai tugas-tugas/ laporan yang
dibuat peserta didik.
Tes Tulis
·
Tes tertulis tentang pengaruh kolonialisme dan imperialisme
Barat di Indonesia dalam berbagai bidang kehidupan.
|
12 mg x 4 jp
|
·
Peta Indonesia
·
Atlas Indonesia
·
Atlas Sejarah
·
Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·
Buku Panduan Guru Pelajaran IPSuntuk SMP/Mts kls VIII
·
Ensiklopedia Geografi
·
Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
3.1 Memahami aspek keruangan
dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup
nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi,
sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.3 Mendiskripsikan fungsi dan peran
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi
manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
4.2 Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
Kelembagaan Sosial, Budaya, Ekonomi,
dan Politik
·
Kelembagaan Sosial.
-
Pengertian Kelembagaan Kelembagaan Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik
.
-
Ciri-ciri Kelembagaan Sosial , Budaya, Ekonomi, dan Politik
-
Tipe-tipe Kelembagaan sosial , Budaya, Ekonomi, dan Politik
-
Peranan dan fungsi Kelembagaan Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik.
-
Macam-macam Kelembagaan Sosial,
Budaya, Ekonomi, dan Politik
.
-
Pengertian keluarga
-
Ciri-ciri Keluarga
-
Fungsi Keluarga
-
Pengertian
-
Unsur-unsur Lembaga ekonomi. (Produksi.Distribusi. dan Konsumsi ).
-
Pengertian
-
Fungsi lembaga pendidikan.
-
Ruang Lingkup lembaga Pendidikan.
(Informal, Formal, dan Nonformal )
-
Pengertian lembaga politik
-
Ciri-ciri Lembaga Politik
-
Fungsi lembaga politik
-
Contoh-contoh Lembaga politik di sekitar kita.
|
Mengamati:
·
Membaca buku
teks/buku/ sumber lain yang relevan
tentang Kelembagaan Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik
·
Mengamati tayangan gambar/ video tentang keluarga.
·
Mengamati
tayangan gambar /video tentang Lembaga ekonomi.
Menanya:
·
Mengajukan pertanyaan terkait hasil
membaca buku dan pengamatan tayangan video, misalnya:
-
Mengapa di Indonesia lembaga perkawinan sangat
berperan dalam pembentukan keluarga?
-
Mengapa di Indonesia terdapat keluarga dengan garis
keturunan ayah( Patrilineal) , ibu ( Matrilineal ), dan keduanya ( Bilateral
)?
-
Bagaimana keluarga dapat membentuk warga negara yang
baik dan bertanggung jawab dalam pembangunan bangsa ?
-
Apa saja yang dilakukan pemerintah untuk mendukung
lembaga ekonomi dalam memajukan kesejahteraan bangsa ?
-
Mengapa lembaga ekonomi diperlukan dalam kehidupan masyarakat?
-
Apa saja lembaga ekonomi yang ada di masyarakat
sekitarnya dan apa fungsi dan perannya?
Eksplorasi:
·
Mengumpulkan data berdasarkan hasil
identifikasi tentang
Kelembagaan Sosial : pengertian,
Ciri-ciri, Tipe-tipe, Peranan dan fungsi,serta macam-macam Kelembagaan Sosial.
Mengasosiasi:
· Menganalisis data berdasarkan klasifikasi mengenai:
-
Ciri-ciri, Tipe-tipe, Peranan dan fungsi, serta macam-macam Kelembagaan Sosial.
-
Ciri-ciri dan Fungsi Keluarga
· Menyimpulkan hasil analisis
Mengomunikasikan:
|
Tugas
·
Mengidentifikasi ciri-ciri kelembaga
an sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik yang ada di lingkungan masyarakat
sekitar serta fungsi dan perannya.
·
Mengidentifikasi tipe-tipe kelembaga
an sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik yang ada di lingkungan masyarakat
sekitar serta fungsi dan perannya.
Unjuk Kerja
·
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses Eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
Portofolio
·
Menilai tugas-tugas/ laporan yang
dibuat peserta didik.
Tes tulis
·
Tes tertulis tentang Kelembagaan Sosial, Budaya, Ekonomi,
dan Politik
|
8 mg x 4 jp
|
·
Peta Indonesia
·
Atlas Indonesia
·
Atlas Sejarah
·
Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·
Buku Panduan Guru Pelajaran IPSuntuk SMP/Mts kls VIII
·
Ensiklopedia Geografi
·
Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
3.1 Memahami aspek keruangan
dan konektivitas antar ruang dan waktu
dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.3 Mendiskripsikan fungsi dan peran
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan
sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
4.2 Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk
dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
Interaksi Manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
·
Interaksi manusia dengan lingkungan alam.
·
Interaksi manusia dengan lingkungan sosial .
· Penyimpangan sosial :
( Pengertian, Penyebab
,Sifat-sifat,Contoh-contohnya )
·
Upaya-upaya pencegahan dan pengendalian penyimpangan sosial.
-
Kebutuhan manusia.
-
Hubungan kelangkaan dengan kebutuhan manusia.
-
Pelaku kegiatan ekonomi : (Rumah tangga Keluarga, Produksi/perusahaan, Koperasi,
dan Negara )
-
Pengertian Pasar
-
Ciri-ciri pasar
-
Fungsi pasar
-
Jenis-jenis pasar.
|
Mengamati:
·
Membaca buku
teks/buku/ sumber lain yang relevan
tentang Interaksi Manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
·
Mengamati tayangan gambar/video
tentang:
-
interaksi manusia dengan
lingkungan alam.
-
Interaksi
manusia dengan lingkungan sosial
-
Penyimpangan sosial
Menanya:
·
Mengajukan pertanyaan terkait hasil
pengamatan tayangan video, misalnya:
-
Apa yang dimaksud dengan Interaksi?
-
Menanyakan apa saja syarat-syarat interaksi ?
-
Menanyakan faktor yang mempengaruhi interaksi?
-
Menanyakan tentang interaksi manusia dengan lingkungan alam.
-
Menanyakan
tentang Interaksi manusia dengan lingkungan sosial
-
Menanyakan bagaimana upaya-upaya pencegahan dan
pengendalian penyimpangan sosial.
-
Menanyakan apa saja penyimpangan Sosial dalam Keluarga ?
Eksplorasi:
·
Mengumpulkan data berdasarkan hasil
identifikasi tentang:
-
Pengertian penyimpangan sosial.
-
Penyebab penyimpangan sosial
-
Sifat-sifat penyimpangan sosial.
-
Contoh-contoh Perilaku menyimpang
-
Upaya-upaya pencegahan dan pengendalian penyimpangan sosial.
-
Penyimpangan Sosial dalam Keluarga.
-
Penyimpangan Sosial dalam masyarakat.
·
Mencari data
tentang Interaksi Manusia dengan lingkungan
Ekonomi.
·
Mengumpulkan data tentang Pasar :
-
Pengertian Pasar
-
Ciri-ciri pasar
-
Fungsi pasar
-
Jenis-jenis pasar.
Mengasosiasi:
·
Menganalisis data yang telah dikumpulkan tentang:
-
Interaksi manusia dengan lingkungan alam.
-
Interaksi manusia dengan lingkungan sosial .
-
Interaksi Manusia dengan lingkungan Ekonomi.
-
Pasar
· Menyimpulkan hasil analisis
Mengomunikasikan:
·
Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi di depan
kelas dan melaporkannya dalam bentuk tulisan ilmiah .
|
Tugas
·
Mengidentifikasi Interaksi
Manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi
sekitar tempat tinggal peserta didik
Unjuk Kerja
·
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses Eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
Portofolio
·
Menilai tugas-tugas/ laporan yang
dibuat peserta didik
Tes tulis
·
Tes tertulis tentang Interaksi Manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
|
8 mg x 4 jp
|
·
Peta Indonesia
·
Atlas Indonesia
·
Atlas Sejarah
·
Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls
VIII
·
Ensiklopedia Geografi
·
Ensiklopedia Indonesia.
·
Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar