SILABUS
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
Satuan
Pendidikan : SMP/MTs
Kelas : VII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menghargai
ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan
mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat
1.3 Menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
|||||
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, gotong royong,
bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh
tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, terbuka dan
kritis terhadap permasalahan sosial sederhana.
2.3 Menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai
perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
|
|||||
3.1 Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik)
3.2 Memahami
perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan
masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
3.4 Memahami
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat
Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat
sekarang
4.3
Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat
sekitar
|
Keadaan Alam dan
Aktivitas Penduduk Indonesia
·
Konektivitas Antar-Ruang dan Waktu
·
Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam
Indonesia
·
Keadaan Alam Indonesia
·
Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia
pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks pelajaran/buku/referensi lain yang
relevan tentang:
-
konektivitas antar-ruang dan waktu
-
pengertian letak astronomis
dan letak geografis
-
keadaan alam Indonesia
(kondisi fisik wilayah dan flora/fauna)
-
kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada masa
praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam sebagai dampak dari pengaruh letak
geografisnya.
·
Mengamati:
-
tayangan video tentang suatu tempat dan peristiwa yang
terjadi di tempat tersebut
-
tayangan video interaksi
manusia dalam ruang dan waktu yang berbeda
-
gambar keadaan alam Indonesia
Menanya:
Mengajukan
pertanyaan terkait hasil pengamatan tayangan video dan membaca buku,
misalnya:
·
Mengapa di suatu tempat terjadi suatu peristiwa?
·
Adakah keterkaitan antara ruang yang satu dan ruang
lainnya?
·
Mengapa manusia saling berinteraksi?
·
Bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhannya pada
masa lampau?
·
Bagaimana jika terjadi kelangkaan?
·
Apa pengaruh letak astronomis terhadap keadaan iklim
di Indonesia?
·
Apa pengaruh letak geografis terhadap keadaan sosial,
ekonomi, dan budaya Indonesia?
·
Bagaimana keadaan iklim Indonesia?
·
Apa pengaruh iklim bagi kehidupan masyarakat?
·
Mengapa di Indonesia terjadi angin muson?
·
Apa manfaat angin muson?
·
Apa pengaruh keragaman bentuk muka bumi terhadap
aktivitas penduduknya?
·
Bagaimana keadaan flora dan fauna di Indonesia?
·
Bagaimana kebudayaan bangsa Indonesia sebelum
masuknya pengaruh Hindu-Buddha dan Islam?
·
Apa pengaruh masuknya
Hindu-Buddha bagi bangsa Indonesia di bidang keagamaan, politik,
sosial, pendidikan, satra dan bahasa, dan arsitektur?
·
Apa pengaruh masuknya Islam bagi bangsa Indonesia di
bidang politik, sosial, pendidikan, sastra dan bahasa, dan bidang arsitektur
dan kesenian?
Eksplorasi:
· Mengumpulkan data berdasarkan hasil identifikasi
tentang:
-
konektivitas antar-ruang dan waktu
-
letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam
Indonesia
-
keadaan alam Indonesia
-
kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada Masa
Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam.
·
Menentukan sumber data
tentang letak astronomis dan letak geografis Indonesia, misal dari peta
Indonesia atau dokumen lainnya.
·
Mengumpulkan data tentang:
-
keragaman bentuk muka bumi
wilayah Indonesia pada peta Indonesia dan buku teks/buku /referensi lain yang
relevan
-
kehidupan manusia pada masa praaksara, Hindu-Buddha
dan Islam.
-
peninggalan-peninggalan sejarah kebudayaan
Hindu-Buddha dan Islam.
Mengasosiasi:
· Menganalisis data berdasarkan klasifikasi mengenai:
- Letak wilayah terhadap kondisi geografis
- Pengaruh kondisi geografis terhadap kehidupan sosial,
ekonomi dan budaya masyarakat
· Membandingkan perubahan sosial budaya masyarakat
berdasarkan waktu dan tempat
Mengomunikasikan:
·
Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi di depan
kelas dan membuat laporan ilmiah secara tertulis.
|
Tugas
·
Mengidentifikasi hal-hal yang merupakan bentuk
keterkaitan antar ruang yang ada di daerahnya dan daerah lain.
·
Membuat klipping gambar flora dan fauna Indonesia
·
Membuat klipping gambar peninggalan-peninggalan
sejarah kebudayaan Hindu-Buddha dan Islam
Unjuk Kerja
Menilai proses pembelajaran
(mengamati kegiatan peserta didik dalam proses Eksplorasi: data,
diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
Portofolio
Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik.
Tes tulis
Tes tertulis tentang keadaan alam dan aktivitas penduduk indonesia
|
8 mg x 4 jp
|
·
Peta Indonesia
·
Atlas Indonesia
·
Atlas Sejarah
·
Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
·
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
·
Ensiklopedia Geografi
·
Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
3.1 Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik)
3.4 Memahami
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi
4.3
Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat
sekitar
|
Potensi dan
Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia
·
Pengertian dan pengelompokan sumber daya alam
·
Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks pelajaran/buku/referensi lain yang
relevan tentang:
-
Pengertian dan pengelompokan sumber daya alam
-
Potensi dan sebaran sumber daya alam Indonesia (SDA
tanah, air, udara, tambang, hutan, dan laut)
·
Mengamati:
-
tayangan video tentang
kekayaan alam Indonesia
-
SDA yang ada di lingkungan
sekitar,
-
peta/atlas tentang persebaran
SDA di Indonesia
Menanya:
Mengajukan
pertanyaan terkait hasil pengamatan tayangan video dan membaca buku,
misalnya:
·
Siapa yang menciptakan SDA?
·
Apa kegunaan SDA?
·
Bagaimana sikap kita kepada
pencipta SDA?
·
Bagaimana pengelompokkan
berbagai macam SDA?
·
SDA apa saja yang dimiliki
Indonesia dan apa/bagaimana pemanfaatannya?
·
Bagaimana cara untuk menjaga
kelestarian SDA?
Eksplorasi:
Mengumpulkan data berdasarkan hasil
identifikasi tentang:
-
pengelompokan sumber daya alam
-
potensi dan sebaran sumber daya alam Indonesia
-
SDA (siapa yang menciptakan,
apa kegunaannya, bagaimana sikap kita kepada yang menciptakan)
Mengasosiasi:
·
Menganalisis data berdasarkan
klasifikasi mengenai macam-macam SDA, potensi SDA yang ada di Indonesia,
manfaat, dan persebaran, serta cara pelestariannya.
·
Membandingkan potensi SDA
yang tersedia pada waktu dahulu dan sekarang
·
Menyimpulkan hasil analisis
Mengomunikasikan:
·
Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi di depan kelas dan melaporkannya dalam
bentuk tulisan
|
Tugas
Membedakan SDA
yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui dalam bentuk tabel
Unjuk Kerja
Menilai proses pembelajaran
(mengamati kegiatan peserta didik dalam proses Eksplorasi: data,
diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
Portofolio
Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik.
Tes Tulis
Tes tertulis
tentang potensi dan sebaran sumber daya alam Indonesia
|
9 mg x 4 jp
|
·
Peta Indonesia
·
Atlas Indonesia
·
Atlas Sejarah
·
Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
·
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
·
Ensiklopedia Geografi
·
Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
3.1 Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik)
3.3 Memahami
jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
3.4 Memahami
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi
4.2
Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahamijenis-jenis kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
Penduduk Indonesia
dan Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Alam
·
Keadaan Penduduk Indonesia
·
Pemanfaatan Sumber Daya Alam
·
Potensi Alam dan Mobilitas Penduduk antar wilayah di
Indonesia
·
Jenis jenis Kelembagaan Sosial
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks pelajaran/buku/referensi lain yang
relevan tentang:
-
Keadaan penduduk Indonesia
-
Pemanfaatan sumber daya alam
-
Potensi alam dan mobilitas penduduk antar wilayah di
Indonesia
-
Jenis-jenis kelembagaan social
·
Mengamati tayangan gambar/ video tentang:
-
Berbagai macam kondisi penduduk Indonesia
(diatas/dibawah garis kemiskinan, di desa/kota, di daerah daratan/pegunungan/
pantai, di daerah yang padat/jarang penduduk, dll).
-
Berbagai jenis mobilitas penduduk di Indonesia
Menanya:
Mengajukan
pertanyaan terkait hasil membaca buku dan pengamatan tayangan video,
misalnya:
·
Mengapa masih banyak penduduk Indonesia yang berada
dibawah garis kemiskinan?
·
Mengapa di Indonesia ada daerah yang padat dan ada
yang jarang penduduknya?
·
Bagaimana penduduk Indonesia memanfaatkan SDA yang
dimiliki?
·
Apa saja yang dilakukan pemerintah untuk mendukung
terjadinya mobilitas penduduk?
·
Mengapa lembaga sosial diperlukan dalam kehidupan
masyarakat?
·
Apa saja lembaga sosial yang ada di masyarakat dan
apa fungsi dan perannya?
Eksplorasi:
Mengumpulkan data berdasarkan hasil
identifikasi tentang:
·
Kepadatan penduduk, keadaan penduduk Indonesia, pemanfaatan
sumber daya alam, potensi alam dan mobilitas penduduk antar wilayah di
Indonesia, dan jenis jenis kelembagaan sosial.
·
Berbagai aktivitas penduduk Indonesia dalam
memanfaatkan potensi alam (pertanian, pertambangan, kehutanan, dan kelautan),
berbagai komoditas yang dihasilkan, jenis-jenis lembaga sosial yang ada di
lingkungan masyarakat sekitar.
·
Kondisi penduduk di sekitar wilayah tempat tinggalnya (RT/RW/Kelurahan/Kecamatan)
kemudian membuat komposisi penduduk berdasarkan pendidikannya, agama, bidang
usaha, dll.,
·
Sarana dan prasarana yang disediakan pemerintah untuk
mendukung terjadinya mobilitas penduduk antarwilayah.
Mengasosiasi:
· Menganalisis data berdasarkan klasifikasi mengenai:
-
Keadaan penduduk Indonesia
-
Pemanfaatan sumber daya alam
-
Potensi alam dan mobilitas penduduk antar wilayah di
Indonesia
-
Jenis jenis kelembagaan sosial.
-
Berbagai aktivitas penduduk Indonesia dalam
memanfaatkan potensi alam (pertanian, pertambangan, kehutanan, dan kelautan),
berbagai komoditas yang dihasilkan, jenis-jenis lembaga sosial yang ada di
lingkungan masyarakat sekitar.
· Menyimpulkan hasil analisis
Mengomunikasikan:
|
Tugas
Mengidentifikasi
jenis-jenis lembaga sosial yang ada di lingkungan masyarakat sekitar serta
fungsi dan perannya.
Unjuk Kerja
Menilai proses pembelajaran
(mengamati kegiatan peserta didik dalam proses Eksplorasi: data,
diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
Portofolio
Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik.
Tes tulis
Tes tertulis tentang penduduk Indonesia dan pemanfaatan potensi sumber
daya alam
|
8 mg x 4 jp
|
·
Peta Indonesia
·
Atlas Indonesia
·
Atlas Sejarah
·
Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
·
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
·
Ensiklopedia Geografi
·
Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan
waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan
manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).
3.2 Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada zaman
praaksara, zaman Hindu Buddha dan zaman Islam dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik.
3.3 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.3
Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat
sekitar
|
Keragaman Sosial
dan Budaya Indonesia
·
Bentuk-bentuk Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia
·
Faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman sosial
budaya
·
Kebudayaan memperkokoh integrasi bangsa
·
Keragaman Budaya sebagai aset perekonomian bangsa
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks pelajaran/buku/referensi lain yang
relevan tentang:
-
Bentuk-bentuk keragaman sosial dan budaya indonesia
-
Faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman sosial
budaya
-
Kebudayaan memperkokoh integrasi bangsa
-
Keragaman budaya sebagai aset perekonomian bangsa
·
Mengamati tayangan
gambar/video tentang:
-
Berbagai suku bangsa
Indonesia dan keanekaragaman budayanya
-
Konflik antar etnis
-
Gelar budaya nusantara
Menanya:
Mengajukan
pertanyaan terkait hasil pengamatan tayangan video, misalnya:
·
Apa yang dimaksud dengan kebudayaan?
·
Menanyakan apa saja unsur-unsurnya?
·
Menanyakan faktor apa saja yang mempengaruhi
keragaman sosial budaya Indonesia?
·
Menanyakan bagaimana cara memperkokoh integrasi
bangsa Indonesia dalam keragaman sosial budaya masyarakatnya?
·
Menanyakan apa saja potensi ekonomi dari
keanekaragaman sosial budaya masyarakat Indonesia?
Eksplorasi:
·
Mengumpulkan data berdasarkan hasil
identifikasi tentang:
-
Pengertian kebudayaan dan
unsur-unsurnya.
-
Bentuk-bentuk keragaman sosial dan budaya Indonesia
-
Faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman sosial
budaya
-
Kebudayaan memperkokoh integrasi bangsa
-
Keragaman budaya sebagai aset perekonomian bangsa
-
Cara memperkokoh integrasi bangsa Indonesia yang
masyarakatnya memiliki keanekaragaman sosial budaya
-
Potensi ekonomi dari keanekaragaman sosial budaya
masyarakat Indonesia.
·
Mencari informasi tentang
suku bangsa yang ada di Indonesia dan keragaman sosial budayaanya.
Mengasosiasi:
·
Menganalisis data yang telah dikumpulkan tentang:
-
Pengertian kebudayaan dan
unsur-unsurnya.
-
Bentuk-bentuk keragaman sosial dan budaya indonesia
-
Faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman sosial
budaya
-
Kebudayaan memperkokoh integrasi bangsa
-
Keragaman budaya sebagai aset perekonomian bangsa
· Menyimpulkan hasil analisis
Mengomunikasikan:
·
Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi di depan
kelas dan melaporkannya dalam bentuk tulisan
|
Tugas
Mengidentifikasi
keragaman sosial budaya di lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggal
peserta didik
Unjuk Kerja
Menilai proses pembelajaran
(mengamati kegiatan peserta didik dalam proses Eksplorasi: data,
diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
Portofolio
Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik
Tes tulis
Tes tertulis
tentang keragaman sosial dan budaya Indonesia
|
6 mg x 4 jp
|
·
Peta Indonesia
·
Atlas Indonesia
·
Atlas Sejarah
·
Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
·
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS
untuk SMP/Mts kls VII
·
Ensiklopedia Geografi
·
Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.3
Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat
sekitar
|
Interaksi Manusia
dan Lingkungan
·
Pengertian Interaksi Manusia dan Lingkungan
·
Saling Keterkaitan Antar Komponen Lingkungan
·
Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Alam
·
Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Ekonomi
·
Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Sosial
Budaya
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks pelajaran/buku/ sumber lain yang relevan tentang:
-
Pengertian interaksi manusia dan lingkungan
-
Saling keterkaitan antar komponen lingkungan
-
Dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam
-
Dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan ekonomi
-
Dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan sosial
budaya
·
Mengamati tayangan
gambar/video tentang:
-
keadaan manusia dan
lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
-
pencemaran tanah/air/udara
yang terjadi di lingkungan sekitar
Menanya:
Mengajukan
pertanyaan terkait hasil pengamatan tayangan video, misalnya:
·
Menanyakan ada berapa macam komponen lingkungan dan
bagaimana keterkaitan antarkomponen tersebut?
·
Menanyakan bagaimana interaksi manusia dan lingkungan
pada masa praaksara, Hindu-Buddha, Islam, di daerah pedesaan dan perkotaan?
·
Apa dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan
alam, ekonomi, dan sosial budaya
Eksplorasi:
·
Mengumpulkan data berdasarkan hasil
identifikasi tentang:
-
dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam, ekonomi, dan sosial budaya.
-
bentuk interaksi manusia dan lingkungan dan saling keterkaitan antar komponen
lingkungan.
Mengasosiasi:
·
Menganalisis data yang telah dikumpulkan tentang:
-
Pengertian kebudayaan dan
unsur-unsurnya.
-
Bentuk-bentuk keragaman sosial dan budaya indonesia
-
Faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman sosial budaya
-
Kebudayaan memperkokoh integrasi bangsa
-
Keragaman budaya sebagai aset perekonomian bangsa
·
Menyimpulkan hasil analisis
Mengomunikasikan:
·
Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi di depan kelas dan melaporkannya dalam
bentuk tulisan
|
Tugas
Membuat klipping
tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam, ekonomi, dan sosial budaya di lingkungan sekitar.
Unjuk Kerja
Menilai proses pembelajaran
(mengamati kegiatan peserta didik dalam proses Eksplorasi: data,
diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
Portofolio
Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik maupun kegiatan
pada saat proses pembelajaran
Tes tulis
Tes tertulis
tentang interaksi manusia dan lingkungan
|
3 mg x 4 jp
|
·
Peta Indonesia
·
Atlas Indonesia
·
Atlas Sejarah
·
Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
·
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS
untuk SMP/Mts kls VII
·
Ensiklopedia Geografi
·
Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar