Beranda

Sabtu, 14 September 2013

SILABUS IPS SMP KELAS VII KURIKULUM 2013



SILABUS
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Satuan Pendidikan        : SMP/MTs
Kelas                                        :  VII

Kompetensi Inti 
KI 1 :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
   dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
   teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
   dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
   dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2     Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3     Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya





2.1 Menunjukkan perilaku jujur, gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, terbuka dan kritis terhadap permasalahan sosial sederhana.
2.3 Menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya






3.1     Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)

3.2     Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik

3.4     Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

4.1     Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang

4.3     Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
·         Konektivitas Antar-Ruang dan Waktu
·         Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia
·         Keadaan Alam Indonesia 
·         Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia
pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam
























Mengamati:
·      Membaca buku teks pelajaran/buku/referensi lain yang relevan tentang:
-       konektivitas antar-ruang dan waktu
-       pengertian letak astronomis dan letak geografis
-       keadaan alam Indonesia (kondisi fisik wilayah dan flora/fauna)
-       kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada masa praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam sebagai dampak dari pengaruh letak geografisnya.
·      Mengamati:
-          tayangan video  tentang suatu tempat dan peristiwa yang terjadi di tempat tersebut
-          tayangan video interaksi manusia dalam ruang dan waktu yang berbeda
-          gambar keadaan alam Indonesia

Menanya:
Mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tayangan video dan membaca buku, misalnya:
·      Mengapa di suatu tempat terjadi suatu peristiwa?
·      Adakah keterkaitan antara ruang yang satu dan ruang lainnya?
·      Mengapa manusia saling berinteraksi?
·      Bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhannya pada masa lampau?
·      Bagaimana jika terjadi kelangkaan?
·      Apa pengaruh letak astronomis terhadap keadaan iklim di Indonesia?
·      Apa pengaruh letak geografis terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan budaya Indonesia?
·      Bagaimana keadaan iklim Indonesia?
·      Apa pengaruh iklim bagi kehidupan masyarakat?
·      Mengapa di Indonesia terjadi angin muson?
·      Apa manfaat angin muson?
·      Apa pengaruh keragaman bentuk muka bumi terhadap aktivitas penduduknya?
·      Bagaimana keadaan flora dan fauna di Indonesia?
·      Bagaimana kebudayaan bangsa Indonesia sebelum masuknya pengaruh Hindu-Buddha dan Islam?
·      Apa pengaruh masuknya  Hindu-Buddha bagi bangsa Indonesia di bidang keagamaan, politik, sosial, pendidikan, satra dan bahasa, dan arsitektur?
·      Apa pengaruh masuknya Islam bagi bangsa Indonesia di bidang politik, sosial, pendidikan, sastra dan bahasa, dan bidang arsitektur dan kesenian?

Eksplorasi:
·      Mengumpulkan data berdasarkan hasil identifikasi tentang: 
-          konektivitas antar-ruang dan waktu
-          letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia
-          keadaan alam Indonesia
-          kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam.

·      Menentukan sumber data tentang letak astronomis dan letak geografis Indonesia, misal dari peta Indonesia atau dokumen lainnya.
·      Mengumpulkan data tentang:
-       keragaman bentuk muka bumi wilayah Indonesia pada peta Indonesia dan buku teks/buku /referensi lain yang relevan
-       kehidupan manusia pada masa praaksara, Hindu-Buddha dan Islam.
-       peninggalan-peninggalan sejarah kebudayaan Hindu-Buddha dan Islam.

Mengasosiasi:
·      Menganalisis data berdasarkan klasifikasi mengenai:
-      Letak wilayah terhadap kondisi geografis
-      Pengaruh kondisi geografis terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat
·    Membandingkan perubahan sosial budaya masyarakat berdasarkan waktu dan tempat 

Mengomunikasikan:
·      Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi di depan kelas dan membuat laporan ilmiah secara tertulis.


Tugas
·         Mengidentifikasi hal-hal yang merupakan bentuk keterkaitan antar ruang yang ada di daerahnya dan daerah lain.
·         Membuat klipping gambar flora dan fauna Indonesia
·         Membuat klipping gambar peninggalan-peninggalan sejarah kebudayaan Hindu-Buddha dan Islam

Unjuk Kerja
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses Eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)

Portofolio
Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tulis
Tes tertulis tentang keadaan alam dan aktivitas penduduk indonesia

8 mg x 4 jp

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     Lingkungan sekitar
3.1     Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)

3.4     Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

4.3     Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia
·        Pengertian dan pengelompokan sumber daya alam
·        Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia


Mengamati:
·      Membaca buku teks pelajaran/buku/referensi lain yang relevan tentang:
-          Pengertian dan pengelompokan sumber daya alam
-          Potensi dan sebaran sumber daya alam Indonesia (SDA tanah, air, udara, tambang, hutan, dan laut)

·         Mengamati:
-          tayangan video tentang kekayaan alam Indonesia
-          SDA yang ada di lingkungan sekitar,
-          peta/atlas tentang persebaran SDA di Indonesia

Menanya:
Mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tayangan video dan membaca buku, misalnya:
·         Siapa yang menciptakan SDA?
·         Apa kegunaan SDA?
·         Bagaimana sikap kita kepada pencipta SDA?
·         Bagaimana pengelompokkan berbagai macam SDA?
·         SDA apa saja yang dimiliki Indonesia dan apa/bagaimana pemanfaatannya?
·         Bagaimana cara untuk menjaga kelestarian SDA?


Eksplorasi:
Mengumpulkan data berdasarkan hasil identifikasi tentang: 
-           pengelompokan sumber daya alam
-           potensi dan sebaran sumber daya alam Indonesia
-           SDA (siapa yang menciptakan, apa kegunaannya, bagaimana sikap kita kepada yang menciptakan)

Mengasosiasi:
·         Menganalisis data berdasarkan klasifikasi mengenai macam-macam SDA, potensi SDA yang ada di Indonesia, manfaat, dan persebaran, serta cara pelestariannya.
·         Membandingkan potensi SDA yang tersedia pada waktu dahulu dan sekarang
·         Menyimpulkan hasil analisis

Mengomunikasikan:
·         Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi  di depan kelas dan melaporkannya dalam bentuk tulisan

Tugas
Membedakan SDA yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui dalam bentuk tabel

Unjuk Kerja
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses Eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)


Portofolio
Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik.

Tes Tulis
Tes tertulis tentang potensi dan sebaran sumber daya alam Indonesia

9 mg x 4 jp
·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     Lingkungan sekitar
3.1     Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)

3.3     Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat

3.4     Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi 

4.2    Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahamijenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar


Penduduk Indonesia dan Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Alam
·         Keadaan Penduduk Indonesia
·         Pemanfaatan Sumber Daya Alam
·         Potensi Alam dan Mobilitas Penduduk antar wilayah di Indonesia
·         Jenis jenis Kelembagaan Sosial
Mengamati:
·      Membaca buku teks pelajaran/buku/referensi lain yang relevan tentang:
-          Keadaan penduduk Indonesia
-          Pemanfaatan sumber daya alam
-          Potensi alam dan mobilitas penduduk antar wilayah di Indonesia
-          Jenis-jenis kelembagaan social

·      Mengamati tayangan gambar/ video tentang:
-          Berbagai macam kondisi penduduk Indonesia (diatas/dibawah garis kemiskinan, di desa/kota, di daerah daratan/pegunungan/ pantai, di daerah yang padat/jarang penduduk, dll).
-          Berbagai jenis mobilitas penduduk di Indonesia

Menanya:
Mengajukan pertanyaan terkait hasil membaca buku dan pengamatan tayangan video, misalnya:
·      Mengapa masih banyak penduduk Indonesia yang berada dibawah garis kemiskinan?
·      Mengapa di Indonesia ada daerah yang padat dan ada yang jarang penduduknya?
·      Bagaimana penduduk Indonesia memanfaatkan SDA yang dimiliki?
·      Apa saja yang dilakukan pemerintah untuk mendukung terjadinya mobilitas penduduk?
·      Mengapa lembaga sosial diperlukan dalam kehidupan masyarakat?
·      Apa saja lembaga sosial yang ada di masyarakat dan apa fungsi dan perannya?

Eksplorasi:
Mengumpulkan data berdasarkan hasil identifikasi tentang: 
·      Kepadatan penduduk, keadaan penduduk Indonesia, pemanfaatan sumber daya alam, potensi alam dan mobilitas penduduk antar wilayah di Indonesia, dan jenis jenis kelembagaan sosial.
·      Berbagai aktivitas penduduk Indonesia dalam memanfaatkan potensi alam (pertanian, pertambangan, kehutanan, dan kelautan), berbagai komoditas yang dihasilkan, jenis-jenis lembaga sosial yang ada di lingkungan masyarakat sekitar.
·      Kondisi penduduk di sekitar  wilayah tempat tinggalnya (RT/RW/Kelurahan/Kecamatan) kemudian membuat komposisi penduduk berdasarkan pendidikannya, agama, bidang usaha, dll.,
·      Sarana dan prasarana yang disediakan pemerintah untuk mendukung terjadinya mobilitas penduduk antarwilayah.

Mengasosiasi:
·      Menganalisis data berdasarkan klasifikasi mengenai:
-       Keadaan penduduk Indonesia
-       Pemanfaatan sumber daya alam
-       Potensi alam dan mobilitas penduduk antar wilayah di Indonesia
-       Jenis jenis kelembagaan sosial.
-       Berbagai aktivitas penduduk Indonesia dalam memanfaatkan potensi alam (pertanian, pertambangan, kehutanan, dan kelautan), berbagai komoditas yang dihasilkan, jenis-jenis lembaga sosial yang ada di lingkungan masyarakat sekitar.
·      Menyimpulkan hasil analisis

Mengomunikasikan:
·      Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi  di depan kelas dan melaporkannya dalam bentuk tulisan

Tugas
Mengidentifikasi jenis-jenis lembaga sosial yang ada di lingkungan masyarakat sekitar serta fungsi dan perannya.

Unjuk Kerja
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses Eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)

Portofolio
Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik.


Tes tulis
Tes tertulis tentang penduduk Indonesia dan pemanfaatan potensi sumber daya alam

8 mg x 4 jp
·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     Lingkungan sekitar
3.1     Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).

3.2     Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada zaman praaksara, zaman Hindu Buddha dan zaman Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik.

3.3     Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

4.3   Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia
·      Bentuk-bentuk Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia
·      Faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman sosial budaya
·      Kebudayaan memperkokoh integrasi bangsa
·      Keragaman Budaya sebagai aset perekonomian bangsa


Mengamati:
·      Membaca buku teks pelajaran/buku/referensi lain yang relevan tentang:
-          Bentuk-bentuk keragaman sosial dan budaya indonesia
-          Faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman sosial budaya
-          Kebudayaan memperkokoh integrasi bangsa
-          Keragaman budaya sebagai aset perekonomian bangsa

·         Mengamati tayangan gambar/video tentang:
-          Berbagai suku bangsa Indonesia dan keanekaragaman budayanya
-          Konflik antar etnis
-          Gelar budaya nusantara

Menanya:
Mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tayangan video, misalnya:
·         Apa yang dimaksud dengan kebudayaan?
·         Menanyakan apa saja unsur-unsurnya?
·         Menanyakan faktor apa saja yang mempengaruhi keragaman sosial budaya Indonesia?
·         Menanyakan bagaimana cara memperkokoh integrasi bangsa Indonesia dalam keragaman sosial budaya masyarakatnya?
·         Menanyakan apa saja potensi ekonomi dari keanekaragaman sosial budaya masyarakat Indonesia?

Eksplorasi:                  
·          Mengumpulkan data berdasarkan hasil identifikasi tentang: 
-          Pengertian kebudayaan dan unsur-unsurnya.
-          Bentuk-bentuk keragaman sosial dan budaya Indonesia
-          Faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman sosial budaya
-          Kebudayaan memperkokoh integrasi bangsa
-          Keragaman budaya sebagai aset perekonomian bangsa
-          Cara memperkokoh integrasi bangsa Indonesia yang masyarakatnya memiliki keanekaragaman sosial budaya
-          Potensi ekonomi dari keanekaragaman sosial budaya masyarakat Indonesia.

·         Mencari informasi tentang suku bangsa yang ada di Indonesia dan keragaman sosial budayaanya.

Mengasosiasi:
·      Menganalisis data yang telah dikumpulkan tentang:
-          Pengertian kebudayaan dan unsur-unsurnya.
-          Bentuk-bentuk keragaman sosial dan budaya indonesia
-          Faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman sosial budaya
-          Kebudayaan memperkokoh integrasi bangsa
-          Keragaman budaya sebagai aset perekonomian bangsa
·      Menyimpulkan hasil analisis

Mengomunikasikan:
·         Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi di depan kelas dan melaporkannya dalam bentuk tulisan

Tugas
Mengidentifikasi keragaman sosial budaya di lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggal peserta didik

Unjuk Kerja
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses Eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)

Portofolio
Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik

Tes tulis
Tes tertulis tentang keragaman sosial dan budaya Indonesia


6 mg x 4 jp
·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     Lingkungan sekitar
3.4     Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

4.3   Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

Interaksi Manusia dan Lingkungan
·      Pengertian Interaksi Manusia dan Lingkungan
·      Saling Keterkaitan Antar Komponen Lingkungan
·      Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Alam
·      Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Ekonomi
·      Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Sosial Budaya

Mengamati:
·         Membaca buku teks pelajaran/buku/ sumber lain yang relevan tentang:
-          Pengertian interaksi manusia dan lingkungan
-          Saling keterkaitan antar komponen lingkungan
-          Dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam
-          Dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan ekonomi
-          Dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan sosial budaya

·         Mengamati tayangan gambar/video tentang:
-          keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
-          pencemaran tanah/air/udara yang terjadi di lingkungan sekitar

Menanya:
Mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tayangan video, misalnya:
·         Menanyakan ada berapa macam komponen lingkungan dan bagaimana keterkaitan antarkomponen tersebut?
·         Menanyakan bagaimana interaksi manusia dan lingkungan pada masa praaksara, Hindu-Buddha, Islam, di daerah pedesaan dan perkotaan?
·         Apa dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam, ekonomi, dan sosial budaya

Eksplorasi:
·          Mengumpulkan data berdasarkan hasil identifikasi tentang: 
-          dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam, ekonomi, dan sosial budaya.
-          bentuk interaksi manusia dan lingkungan dan saling keterkaitan antar komponen lingkungan.

Mengasosiasi:
·          Menganalisis data yang telah dikumpulkan tentang:
-          Pengertian kebudayaan dan unsur-unsurnya.
-          Bentuk-bentuk keragaman sosial dan budaya indonesia
-          Faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman sosial budaya
-          Kebudayaan memperkokoh integrasi bangsa
-          Keragaman budaya sebagai aset perekonomian bangsa

·            Menyimpulkan hasil analisis

Mengomunikasikan:
·            Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi  di depan kelas dan melaporkannya dalam bentuk tulisan

Tugas
Membuat klipping tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam, ekonomi, dan sosial budaya di lingkungan sekitar.

Unjuk Kerja
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses Eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)

Portofolio
Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik maupun kegiatan pada saat proses pembelajaran

Tes tulis
Tes tertulis tentang interaksi manusia dan lingkungan


3 mg x 4 jp
·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     Lingkungan sekitar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar