Beranda

Sabtu, 14 September 2013

SILABUS IPS SMP KELAS VIII KURIKULUM 2013



SILABUS
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Satuan Pendidikan        : SMP/MTs
Kelas                              :  VIII

Kompetensi Inti 
KI 1 :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
   dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 :  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu    pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 :  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

1.1 Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menghayati ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya








2.1Menunjukkan perilaku jujur, gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, terbuka dan sikap kritis terhadap permasalahan sosial sederhana.
2.3 Menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya







3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.3 Mendiskripsikan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi


4.1 Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya
4.2 Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

Masyarakat Indonesia,  lingkungannya , dan pembangunan nasional.
·     Dinamika kependudukan Indonesia.
-          Pengertian Dinamika  kependudukan Indonesia.
-          Masalah Kependudukan Indonesia dan upaya penanggulangannya:
  • Masalah kuantitatif
 (Jumlah yang besar,
pertumbuhan yang cepat.persebaran yang tidak merata, mobilitas penduduk yang tidak sesuai dengan arus pembangunan, komposisi  penduduk yang tidak beimbang).
  • Masalah kualitatif
( Kesehatan yang rendah, tingkat pendidikan yang rendah, pendidikan yang tidak sesuai dengan kebutuhan, Tingkat kesejahteraan /kemakmuran yang rendah ).

·     Lingkungan Fisik Indonesia.
-          Letak Indonesia dan akibatnya.
-          Letak geografis dan akibatnya.
-          Letak geologis dan akibatnya
-          Letak astronomis dan akibatnya.

·  Lingkungan Hidup
-          Unsur-unsur  lingkungan hidup
-          Permasalahan lingkungan hidup,  
-          upaya  penanggulangannya, dan  mitigasi  serta hubungannya  dengan  pembangunan.























Mengamati:
·      Membaca buku teks/buku/ referensi lain yang relevan tentang:
-       Konektivitas antarruang dan waktu
-       Pengertian Dinamika  kependudukan Indonesia
-       Masalah Kependudukan Indonesia dan upaya penanggulangannya .

·      Mengamati:
-          Tayangan video  tentang suatu tempat dan peristiwa yang terjadi di tempat tersebut tentang pengangguran, lingkungan yang kotor, kejahatan, dsb.
-          Tayangan video interaksi manusia dalam ruang dan waktu yang berbeda misalnya tentang banjir akibat penebangan hutan dan membuang sampah sembarangan.
-          Gambar keadaan alam Indonesia yang rusak seperti penggundulan hutan, perusakan lingkungan akibat penambangan yang tidak bertanggung jawab, bencana tsunami akibat hilangnya hutan mangrove.
Menanya:
·     Mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tayangan video dan membaca buku, misalnya:
-          Mengapa di suatu tempat terjadi suatu peristiwa banjir ?
-          Mengapa terdapat  keterkaitan antara ruang yang satu dan ruang lainnya ( misalnya di sekitar Bogor hujan lebat bagaimana akibatnya bagi Jakarta yang merupakan tempat muaranya aliran sungai-sungai?
-          Mengapa manusia wajib saling berinteraksi dengan alam ?
-          Bagaimana cara manusia menyesuaikan diri dengan alam sekitarnya?
-          Bagaimana jika manusia tidak menyerasikan diri dengan alam sekitarnya?
-          Bagaimana pengaruh letak astronomis terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia?
-          Bagaimana pengaruh letak geografis terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat Indonesia?
-          Bagaimana permasalahan lingkungan hidup bagi pelaksanaan pembangunan Indonesia?
-          Bagaimana upaya penanggulangan lingkungan hidup yang telah rusak akibat perbuatan manusia  masyarakat?
-          Bagaimana mitigasi bencana yang dilakukan masyarakat dan pemerintah Indonesia, seperti peristiwa Tsunami Aceh dan Jogyakarta?
-          Apa manfaat tingkat pendidikan yang tinggi bagi pembangunan bangsa ?
-          Apa pengaruh tingkat kesehatan penduduk bagi kemajuan bangsa? 
-          Bagaimana akibatnya apabila jumlah usia nonproduktif lebih banyak dibandingkan dengan usia produktif ?
Eksplorasi:
·      Mengumpulkan data berdasarkan hasil identifikasi tentang: 
-          Dinamika kependudukan Indonesia.
  • Pengertian Dinamika  kependudukan Indonesia.
  • Masalah Kependudukan Indonesia dan upaya penanggulangannya.

-          Lingkungan Fisik Indonesia.
  • Letak Indonesia dan akibatnya.
( Letak geografis dan akibatnya,letak geologis dan akibatnya, letak astronomis dan akibatnya

-          Lingkungan Hidup
  • Unsur-unsur  lingkungan hidup
  • Permasalahan lingkungan hidup, 
  • upaya  penanggulangannya, dan  mitigasi  serta hubungannya  dengan  pembangunan.

·      Menentukan sumber data tentang Masalah Kependudukan Indonesia dan upaya penanggulangannya, misalnya  dari internet atau media cetak/koran dan majalah yang relevan.
·      Mengumpulkan data tentang:
-       Lingkungan Fisik Indonesia pada peta Indonesia dari buku teks/buku /referensi lain yang relevan
- Lingkungan Hidup ( unsur-unsur  lingkungan hidup dan permasalahannya
- Upaya  penanggulangan lingkungan hidup , dan  mitigasi  serta hubungannya  dengan  pembangunan.

Mengasosiasi:
·      Menganalisis data berdasarkan klasifikasi mengenai:
-      Dinamika kependudukan Indonesia .
-          Lingkungan Fisik Indonesia
-          Lingkungan Hidup


Mengomunikasikan:
·      Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi di depan kelas dan membuat laporan ilmiah secara tertulis.


Tugas
·         Mengidentifikasi hal-hal yang merupakan bentuk keterkaitan antarruang yang ada di daerahnya dan daerah lain dengan keadaan penduduk..
·         Membuat klipping gambar kerusakan lingkungan di Indonesia
·         Membuat klipping gambar kerusakan lingkungan akibat perbuatan manusia.

Unjuk Kerja
·         Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses Eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)

Portofolio
·     Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tulis
·     Tes tertulis tentang permasalahan kependudukan Indonesia dan  lingkungannya , serta dampaknya terhadap pembangunan nasional.

8 mg x 4 jp

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·     Buku Panduan Guru Pelajaran IPSuntuk SMP/Mts kls VIII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet

3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.2 Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik


3.4     Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

4.3     Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
Proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia
·       Pengaruh kolonialisme dan imperialism Barat di Indonesia.
-          Pengertian kolonialisme dan imperialism.
-          Latar belakang bangsa barat datang di Indonesia
-          Kedatangan bangsa barat di Indonesia dan pengaruhnya dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan Teknologi/arsitektur.:
o        Bidang politik
kebijakan pemerintah kolonial dan pengaruhnya terhadap masyarakat Indonesia.
o Reaksi rakyat terhadap kekuasaan pemerintah kolonial di berbagai daerah.

o  Bidang Ekonomi
(Ekonomi uang, Sistem pajakuruhan/tenaga kerja/koeli Ordonantie Urusan Masalah tanah/UU agraria, kemiskinan, . Pemerasan dan penindasan ). Bidang
o    Sosial budaya /pendidikan. (  pendidikan barat dan . berkembangnya agama Kristen
o    cara pergaulan.
o    gaya hidup
o    cara berpakaian
o    Bidang bahasa
Teknologi/arsitektur. (bangunan,jembatan, jalan, benteng, mercu suar , bendungan, jalan kereta api )
·       Terbentuknya kesadaran nasional.
-   Pengertian kesadaran nasional
-  Latar belakang / faktor-faktor terbentuknya kesadaran nasional ( intern dan ekstern )
-   Pihak-pihak yang yang berperan dalam  proses terbentuknya kesadaran nasional :
 ( kaum cendikiawan/terpelajar,. professional/guru , tokoh agama /para haji,Pers/wartawan )
-  Terbentuknya organisasi Pergerakan nasional(  Organisasi Keagamaan, sosial – budaya, Ekonomi, Politik,  Kedaerahan, Kepemudaan dan kepanduan.)
-          Taktik/strategi perjuangan melawan penjajahan Belanda.
 ( Kooperatif – nonkooperatif )
-          Sifat perjuangan melawan penjajahan Belanda ( Moderat- Radikal )
-          Kongres Pemuda I dan II
-          Pergerakan nasional setelah Kongres Pemuda II- Kedatangan Jepang ( 1928 1942 )
  • Zaman pendudukan Jepang di Indonesia.
-           Latar belakang Jepang menguasai Indonesia.
-           Usaha-usaha Jepang menarik simpati bangsa Indonesia.
-           Pengaruh pendudukan Jepang di Indonesia :
  • bidang Pemerintahan/poltitik
  • Bidang Sosial dan Budaya
  • Bidang ekonomi.
  • Bidang Teknologi/arsitektur..
-           Bentuk-bentuk Perlawanan terhadap pendudukan Jepang.
o    Tanpa Kekerasan ( Berkolaborasi dan  Gerakan bawah tanah )

o    Kekerasan/militer ( Dipimpin oleh tokoh agama, politik, dan militer ).
-           Usaha Persiapan Kemerdekaan.
  • Pembentukkan BPUPKI.
  • pembentukkan PPKI
  • peristiwa Rengasdengklok
·     Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI.



Mengamati:
·         Membaca buku teks/buku/ sumber lain yang relevan tentang:
-          pengertian kolonialisme dan imperialism.
-          potensi dan sebaran daerah penghasil rempah-rempah  Indonesia

·         Mengamati:
-          tayangan video tentang kekayaan alam Indonesia khususnya rempah-rempah yang menjadi daya tarik bangsa Eropa datang di Indonesia.
-          peta/atlas tentang persebaran daerah penghasil  rempah-rempah di Indonesia
Menanya:
·         Mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tayangan video dan membaca buku, misalnya:
-          Siapa bangsa Eropa yang pertama kali datang di Indonesia?
-          Apa kegunaan rempah-rempah?
-          Bagaimana sikap kita kepada Bangsa Eropa yang telah menjajah Indonesia?
-          Bagaimana kebijakan pemerintah kolonial dan pengaruhnya terhadap masyarakat Indonesia?
-          Bagaimana reaksi rakyat Indonesia  terhadap kekuasaan pemerintah kolonial Eropa ( Portugis, Belanda, dan Inggris )
-          Peninggalan  apa saja yang sekarang masih dirasakan oleh rakyat Indonesia dan bagaimana pemanfaatannya?
-          Bagaimana cara untuk menjaga peninggalan barat agar bermanfaat ?


Eksplorasi:
·       Mengumpulkan data berdasarkan hasil identifikasi tentang: 
-           Pengaruh kolonialisme dan imperialism Barat di Indonesia dalam berbagai bidang kehidupan..
-           Pengelompokan peninggalan penjajahan Eropa dalam bidang teknologi bangunan di Indonesia .
Mengasosiasi:
·          Menganalisis data berdasarkan klasifikasi mengenai macam-macam pengaruh kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia,
, potensi untuk dikembangkan, manfaat, dan persebaran, serta cara pelestariannya.
·         Membandingkan pola penjajahan Belanda dan Inggris.
·         Membandingkan pola-pola perjuangan bangsa Indonesia sebelum abad XX dan abad XX.
·         Membandingkan pola-pola perjuangan bangsa Indonesia saat melawan Belanda dan Jepang.
·         Menyimpulkan hasil analisis

Mengomunikasikan:
·         Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi  di depan kelas dan melaporkannya dalam bentuk tulisan.

Tugas
·       Mengumpulkan gambar buah rempah-rempah yang menjadi daya tarik bangsa Barat datang di Indonesia dan menjelaskan fungsi atau kegunaannya dalam bentuk tabel.
·       Membuat peta perjalanan bangsa-bangsa Eropa sampai tiba di Indonesia.
·       Membuat kliping para pahlawan yang melakukan perlawanan kepada penjajahan Belanda.



Unjuk Kerja
·       Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses Eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)


Portofolio
·       Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik.

Tes Tulis
·       Tes tertulis tentang pengaruh kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia dalam berbagai bidang kehidupan.

12 mg x 4 jp
·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·     Buku Panduan Guru Pelajaran IPSuntuk SMP/Mts kls VIII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     Lingkungan sekitar

3.1 Memahami aspek keruangan
dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)


3.3 Mendiskripsikan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat

3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi



4.2 Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar


Kelembagaan Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik
·     Kelembagaan Sosial.
-          Pengertian Kelembagaan Kelembagaan Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik
.
-          Ciri-ciri Kelembagaan Sosial , Budaya, Ekonomi, dan Politik

-          Tipe-tipe Kelembagaan sosial , Budaya, Ekonomi, dan Politik

-          Peranan dan fungsi Kelembagaan Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik.

-          Macam-macam  Kelembagaan Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik
.

  • Keluarga
-          Pengertian keluarga
-          Ciri-ciri Keluarga
-          Fungsi Keluarga

  • Lembaga Ekonomi
-          Pengertian
-          Unsur-unsur Lembaga ekonomi. (Produksi.Distribusi. dan Konsumsi ).

  • Lembaga Pendidikan
-          Pengertian
-          Fungsi lembaga pendidikan.
-          Ruang Lingkup lembaga Pendidikan.
 (Informal,  Formal, dan Nonformal )

  • Lembaga Politik
-          Pengertian lembaga politik
-          Ciri-ciri Lembaga Politik
-          Fungsi lembaga politik
-          Contoh-contoh Lembaga politik di sekitar kita.
Mengamati:
·        Membaca buku teks/buku/ sumber lain yang relevan tentang Kelembagaan Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik
·      Mengamati tayangan gambar/ video tentang keluarga.
·       Mengamati tayangan gambar /video tentang Lembaga ekonomi.


Menanya:
·       Mengajukan pertanyaan terkait hasil membaca buku dan pengamatan tayangan video, misalnya:
-          Mengapa di Indonesia lembaga perkawinan sangat berperan dalam pembentukan keluarga?
-          Mengapa di Indonesia terdapat keluarga dengan garis keturunan ayah( Patrilineal) , ibu ( Matrilineal ), dan keduanya ( Bilateral )?
-          Bagaimana keluarga dapat membentuk warga negara yang baik dan bertanggung jawab dalam pembangunan bangsa ?
-          Apa saja yang dilakukan pemerintah untuk mendukung lembaga ekonomi dalam memajukan kesejahteraan bangsa ?
-          Mengapa lembaga ekonomi  diperlukan dalam kehidupan masyarakat?
-          Apa saja lembaga ekonomi yang ada di masyarakat sekitarnya dan apa fungsi dan perannya?

Eksplorasi:
·         Mengumpulkan data berdasarkan hasil identifikasi tentang 
Kelembagaan Sosial : pengertian, Ciri-ciri, Tipe-tipe, Peranan dan fungsi,serta   macam-macam Kelembagaan Sosial.
  • Keluarga :, Pengertian, Ciri-ciri  dan  Fungsi Keluarga

Mengasosiasi:
·      Menganalisis data berdasarkan klasifikasi mengenai:
-             Ciri-ciri, Tipe-tipe, Peranan dan fungsi, serta  macam-macam Kelembagaan Sosial.
-             Ciri-ciri  dan  Fungsi Keluarga
·      Menyimpulkan hasil analisis

Mengomunikasikan:
·      Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi  di depan kelas dan melaporkannya dalam bentuk tulisan

Tugas
·         Mengidentifikasi ciri-ciri kelembaga an sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik  yang ada di lingkungan masyarakat sekitar serta fungsi dan perannya.

·         Mengidentifikasi tipe-tipe kelembaga an sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik  yang ada di lingkungan masyarakat sekitar serta fungsi dan perannya.

Unjuk Kerja
·         Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses Eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)

Portofolio
·         Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik.


Tes tulis
·         Tes tertulis tentang Kelembagaan Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik

8 mg x 4 jp
·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·     Buku Panduan Guru Pelajaran IPSuntuk SMP/Mts kls VIII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     Lingkungan sekitar

3.1 Memahami aspek keruangan
dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)


3.3 Mendiskripsikan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat

3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi

4.2 Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

Interaksi  Manusia  dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
·       Interaksi manusia dengan lingkungan alam.
·       Interaksi manusia dengan lingkungan sosial .
·       Penyimpangan sosial :
( Pengertian, Penyebab ,Sifat-sifat,Contoh-contohnya )
·       Upaya-upaya pencegahan dan pengendalian penyimpangan sosial.
  • Penyimpangan Sosial dalam Keluarga.
  • Penyimpangan Sosial dalam masyarakat.

  • Interaksi Manusia dengan lingkungan Ekonomi.
-          Kebutuhan manusia.
-          Hubungan kelangkaan dengan kebutuhan manusia.
-          Pelaku kegiatan ekonomi : (Rumah tangga Keluarga, Produksi/perusahaan, Koperasi, dan  Negara )

  • Pasar
-          Pengertian Pasar
-          Ciri-ciri pasar
-          Fungsi pasar
-          Jenis-jenis pasar.
Mengamati:
·       Membaca buku teks/buku/ sumber lain yang relevan tentang Interaksi  Manusia  dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
·         Mengamati tayangan gambar/video tentang:
-          interaksi manusia dengan lingkungan alam.
-          Interaksi manusia dengan lingkungan sosial
-          Penyimpangan sosial
Menanya:
·       Mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tayangan video, misalnya:
-          Apa yang dimaksud dengan Interaksi?
-          Menanyakan apa saja syarat-syarat interaksi ?
-          Menanyakan faktor yang mempengaruhi interaksi?
-          Menanyakan tentang interaksi manusia dengan lingkungan alam.
-          Menanyakan tentang Interaksi manusia dengan lingkungan sosial
-          Menanyakan bagaimana upaya-upaya pencegahan dan pengendalian penyimpangan sosial.
-          Menanyakan apa saja penyimpangan Sosial dalam Keluarga ?

Eksplorasi:                  
·          Mengumpulkan data berdasarkan hasil identifikasi tentang: 
-          Pengertian penyimpangan sosial.
-          Penyebab penyimpangan sosial
-          Sifat-sifat penyimpangan sosial.
-          Contoh-contoh Perilaku menyimpang
-          Upaya-upaya pencegahan dan pengendalian penyimpangan sosial.
-          Penyimpangan Sosial dalam Keluarga.
-          Penyimpangan Sosial dalam masyarakat.
·        Mencari data tentang Interaksi Manusia dengan lingkungan Ekonomi.
·       Mengumpulkan data tentang Pasar :
-           Pengertian Pasar
-           Ciri-ciri pasar
-           Fungsi pasar
-           Jenis-jenis pasar.
Mengasosiasi:
·      Menganalisis data yang telah dikumpulkan tentang:

-          Interaksi manusia dengan lingkungan alam.
-          Interaksi manusia dengan lingkungan sosial .
-          Interaksi Manusia dengan lingkungan Ekonomi.
-          Pasar
·      Menyimpulkan hasil analisis

Mengomunikasikan:
·         Memprensentasikan hasil analisis dan diskusi di depan kelas dan melaporkannya dalam bentuk tulisan ilmiah .

Tugas
·    Mengidentifikasi Interaksi  Manusia  dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
sekitar tempat tinggal peserta didik

Unjuk Kerja
·     Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses Eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)

Portofolio
·       Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik

Tes tulis
·       Tes tertulis tentang Interaksi  Manusia  dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.



8 mg x 4 jp
·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·     Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Ensiklopedia Indonesia.
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     Lingkungan sekitar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar