Rabu, 18 Juli 2012

Silabus IPS Kelas 7


S I L A B U S
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS VII







      OLEH :

Nama             :  .................................
NIP                :  .................................












SMP .............................................
Jl. ................................................................

 


 

S i l a b u s

Sekolah                : SMP...................................
Kelas                   : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran   : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester              : 1 (satu)

Standar Kompetensi : 1.  Memahami lingkungan kehidupan manusia.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

1.1  Mendes-kripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pemben-tukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
Tenaga endogen dan tenaga eksogen





Gejala diastropisme dan vulkanisme




Faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi

Dampak terjadinya gempa bumi terhadap kehidupan

Jenis-jenis batuan


Proses pelapukan



Proses erosi dan penyebabnya






Proses sedimentasi.


Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangan-nya.






Mengamati gambar dan membaca lietratur gambar bentukan-bentukan di muka bumi yang merupakan hasil dari tenaga geologi.



Mengamati gambar dan membaca literatur tentang gejala-gejala diastropisme dan vulkanisme.
Mengamati peta sebaran tipe gunung api di Indonesia.


Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi.



Mengkaji dampak terjadinya gempa bumi terhadap kehidupan.




Mengamati contoh jenis batuan melalui gambar dan batuan yang ada di lingkungan sekitar.

Mengamati gambar dan lingkungan sekitar tentang proses pelapukan.


Mengamati objek dan  gambar tentang erosi.






Menelaah contoh kenampakan hasil proses sedimentasi


Membaca buku sumber tentang dampak positif dan negatif tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.

Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan   terjadinya bentuk muka bumi.





Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.




Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.


Mendeskripsikan dampak terjadinya gempa bumi terhadap kehidupan.



Mengindentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.

Mendeskripsikan  proses terjadinya pelapukan.



Mendeskripsikan  proses terjadinya erosi, dan faktor-faktor penyebabnya.





Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.

Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.


Tes lisan



Tes tulis



Tes tulis






Penugasan




Tes tulis





Tes tulis



Tes tulis




Tes tulis







Tertulis



Tertulis
Daftar pertanyaan


Tes uraian



Tugas pilihan ganda




Tugas rumah



Tes uraian





Tes uraian



Tes uraian




Tugas pilihan ganda





Tes uraian



Tes uraian
Apakah yang dimaksud tenaga geologi dan berikan contohnya!


Berikan dua contoh bentuk muka bumi akibat tenaga endogen dan tenaga eksogen!

Tipe gunung api yang banyak terdapat di Indonesia yaitu....
a.       maar
b.      perisai
c.       strato
d.      kaldera120

Buatlah peta jalur gempa bumi di Indonesia pada kertas karton  ukuran A2!


Jelaskan dampak terjadinya gempa bumi terhadap kehidupan!




Berikan dua contoh jenis batuan sedimen!


Jelaskan proses pelapukan biologis!



Erosi yang disebabkan gelombang air laut yang mengikis pantai disebut....
a.    abrasi
b.   deflasi
c.    glasial
d.   korasi

Berilah 2 contoh bentang alam hasil sedimentasi oleh air!


Jelaskan 3 manfaat material vulkanik gunung api!

Berikan tiga contoh upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi terjadinya erosi!





12 JP
Peta
Atlas
Globe

Gambar proses terjadinya diastropis-me.
Gambar tipe gunung api
Gambar jenis batuan
LKS
CD
Buku sumber yang relevan.
















9, 16, 17, 18


1.2 Mendes-kripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indone-sia.



Pengertian dan kurun waktu pra-aksara


Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra-aksara

Perkembangan kehidupan pada masa  pra-aksara.






Peninggalan –peninggalan kebudayaan.





Kedatangan nenek moyang dari Yunani tersebar di Nusantara.


Membaca referensi untuk merumuskan pengertian dan kurun waktu masa pra -aksara


Mengamati Atlas Sejarah dan foto -foto/ gambar  jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra-aksara


Membaca buku referensi, mengamati gambar dan diskusi  untuk menelaah kehidupan pada masa pra-aksara dan peralatan yang digunakan.





Membaca buku referensi dan mengamati gambar untuk mengidentifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara.



Mengamati atlas sejarah kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia.



Menjelaskan pengertian  dan kurun waktu masa pra –aksara



Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara



Mendeskripsikan perkembangan kehidupan  pada masa pra-aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.






Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.





Melacak  kedatangan dan  persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.



Tes tulis




Penugasan





Tes tulis









Tes tulis







Penugasan


Tes uraian




Tugas rumah




Tes uraian









Tes pilihan ganda






Tugas rumah


Jelaskan pengertian masa pra-aksara.



Kumpulkan gambar manusia purba dan peninggalan kebudayaannya serta kelompokkan sesuai kurun waktunya kemudian buatlah mading
Secara berkelompok

Berilah contoh-contoh peralatan yang dipergunakan pada masa berburu!

Jelaskan ciri-ciri kehidupan manusia pada masa berburu!


Peninggalan budaya Megalithikum diantaranya ialah....
a.menhir dan dolmen
b.nekara dan menhir
c.sarkopagus dan dolmen
d.kapak lonjong dan moko

Buatlah secara kelompok peta kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara!


8 JP


Buku sumber yang relevan

Atlas Sejarah
Foto –foto

Gambar –gambar sejarah
Musium
Situs sejarah





3, 9, 12
































Standar Kompetensi : 2. Memahami kehidupan sosial manusia.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

2.1  Mendes-kripsikan interaksi sebagai proses sosial


Kaitan interaksi sosial dengan proses sosial.



Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

Mengkaji kaitan interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan terdeka.


Mengkaji pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.


Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial.




Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.


Tes tulis





Portofolio


Tes uraian





Rubrik


Jelaskan kaitan interaksi sosial dengan proses sosial!




Buatlah kliping yang terdiri dari 5 peristiwa proses asosiatif dan 5 proses disosiatif dari surat kabar atau tabloid.


4 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat
3, 8, 9, 10, 13,17

2.2  Mendes-kripsikan sosialisasi sebagai  proses pemben-tukan kepribadian



Pengertian sosialisasi

Faktor yang mempengaruhi sosialisasi.


Fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.

Tanya jawab tentang pengertian sosialisasi.

Mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.



Diskusi tentang fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.



Menjelaskan pengertian dan pentingnya proses sosialisasi.

Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.



Menguraikan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.



Tes tulis


Tes tulis




Tes tulis


Tes uraian


Tes uraian




Pilihan ganda

Jelaskan pengertian sosialisasi!


Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi!



Seorang anak diajarkan untuk mencium tangan orangtuanya. Proses sosialisasi ini digolongkan sebagai sosialisasi....
a.    primer
b.    skunder
c.    tersier
d.    kuarter

6 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat
3, 8,9, 10, 13, 17

2.3  Mengiden-tifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial



Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.




Bentuk-bentuk interaksi sosial:
Antar individu dengan individu.
Antar individu dengan kelompok.
Antar keompok dengan kelompok.


Tanya jawab tentang syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.





Diskusi tentang bentuk-bentuk interaksi sosial.



Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.





Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.



Tes tulis






Tes unjuk kerja

Pilihan ganda





Tes petik kerja prosedur dan produk

Contoh interaksi sosial berikut ini adalah....
a.    Guru mengajar siswa
b.    Petani menyiram tanaman
c.    Pawang melatih gajah
d.    Sopir menyetir taksi

Buatlah kliping berita dari media cetak, masing-masing lima contoh peristiwa tentang interaksi sosial antar :
·         individu dengan individu
·         individu dengan kelompok
·         kelompok dengan kelompok



6 JP

Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat


2.4  Mengurai-kan proses interaksi sosial



Proses sosial asosiatif


Proses sosial disosiatif.




Diskusi tentang proses sosial asosiatif.


Diskusi tentang proses sosial disosiatif.






Mengidentifikasi proses sosial asosiatif.


Memberi contoh proses sosial disosiatif.

Tes tulis



Tes unjuk kerja

Tes uraian



Panduan observasi

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kerja sama!


Cobalah identifikasi contoh dan proses sosial disosiatif yang terjadi di lingkungan masyarakatmu!


6 JP

Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
3, 8,9, 10, 13, 17



Standar Kompetensi : 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen


3.1.  Mendes-krepsikan  manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang  bermoral dalam memenui kebutuh-an














Hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral


Makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.

Ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.

Mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.

Mendiskusikan hakekat manusia sebagai  makhluk sosial dan ekonomi




Mengkaji  tentang  makna  manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi  yang bermoral



Membaca buku referensi selanjutnya mendiskusikan  ciri-ciri manusia sbagai makhluk sosial dan ekonomi  yang bermoral

Menyimpulkan cara mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.


Mendeskripsikan  hakikat manusia    sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral



Mengidentifikasi  makna manusia sebagai    makhluk sosial  dan makhluk  ekonomi yang bermoral


Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral



Mewujudkan  hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi   yang bermoral


Tes
lisan





Tes tulis





Tes tulis





Observasi



Daftar pertanyaan





Tes uraian





Tes pilihan ganda




Lembar observasi


Coba berikan contoh dalam
kehidupan sehari-hari kegiatan
manusia sebagai makhluk sosial




Jelaskan makna manusia sebagai
makhluk ekonomi yang bermoral!




Berikut ini yang bukan ciri-ciri makhluk sosial adalah :
 a. saling tolong menolong
 b. setia kawan dan toleransi
 c. individual  dan egois
 d. simpati dan empati

Lakukan pengamatan pada warga di sekitar tempat tinggalmu kegiatan sosial apa yang dilakukan



8 JP



















Guru IPS 






Buku Materi
Yang relefan










Lingkungan sekolah

Lingkungan
Keluarga

Lingkungan masyarakat


2, 4, 5, 6, 7

3.2.Mengidentifikasi  tindakan ekonomi berdasar-kan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari


Pemanfaatan
sumber daya
ekonomi



Tindakan
ekonomi


Pengertian motif dan prinsip ekonomi

Macam-macam motif dan prinsip ekonomi.




Kegiatan/tindak-an ekonomi sehari-hari  berdasarkan motif dan   prinsip   ekonomi.

Manfaat/prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.

Mendiskusikan perilaku manusia  dalam memanfaatkan sumber   daya ekonomi.



Mendiskusikan   tindakan ekonomi  rasional yang  dila-kukan manusia

Mendiskusikan     pengertian  motif  dan prinsip  ekonomi


Membaca literatur dan mendiskusikan macam-macam  motif  dan prinsip ekonomi




Mendiskusikan tentang   contoh-contoh dan pentingnya kegiatan / tindakan ekonomi yang berdasarkan motif dan  prinsip ekonomi



Tanya jawab tentang     manfaat/   pentingnya    prinsip ekonomi    dalam kehidupan sehari-hari.

Mendeskripsikan perilaku  manusia dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia.

Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip  ekonomi.


Mengidentifikasi macam-macam motif  dan prinsip  ekonomi.





Mengaplikasikan  kegiatan  /  tindakan ekonomi sehari-hari  berdasarkan motif dan   prinsip   ekonomi.



Mengidentifikasi manfaat / pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.

Tes   lisan





Tes tulis



Tes tulis



Tes tulis







Observasi






Tes tulis

Daftar pertanyaan




Tes Isian



Tes uraian



Tes pilihan ganda






Lembar observasi





Tes uraian

Bagaimana sikap kita dalam
memanfaatkan sumberdaya  ekonomi yang terbatas?



Salah satu tindakan ekonomi
yang rasional yang dapat kita lakukan adalah....

Jelaskan pengertian motif ekonomi dan prinsip ekonomi!


Pada umumnya motif ekonomi yang dilakukan manusia adalah karena....
a. kebutuhan
b. keuntungan
c. sosial
d. penghargaan

Amatilah kegiatan penduduk disekitarmu! Buatlah laporan tentang kegiatan  sehari-hari  yang dilakukan berdasarkan  motif  ekonomi!


Tentukan 5 macam kegiatan ekonomi  yang dilakukan seseorang dalam kehidupan  sehari-hari yang berdasarkan prinsip ekonomi.

6 JP


Guru IPS
Ekonomi




Buku
Materi yang relevan













Lingkungan
Keluarga

Lingkungan masyarakat

2, 4, 5, 6, 7

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    Jakarta,......................... 2008

  Mengetahui,                                                                                                                                                                         
  Kepala SMP.........................                                                                                                                                                                             Guru Mata Pelajaran,



      (............................. )                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              (................................. )
         NIP....................                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       NIP......................







S i l a b u s

Sekolah                : SMP...................................
Kelas                   : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran   : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester              : 2 (dua)

Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Kakterar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

4.1.Menggunakan peta, atlas,dan globe untuk mendapat-kan informasi keruangan


Pengertian peta, atlas, dan globe.

Jenis peta dan bentuk peta.


Penggunaan indeks, daftar isi, garis lintang dan bujur, serta keterangan tepi pada peta, atlas, dan globe untuk mencari informasi geografis pada peta.

Skala peta.



Memperbesar dan memper-kecil peta.
Menyimpulkan perbedaan antara peta, atlas, dan globe.

Mengamati berbagai jenis dan bentuk peta.


Mengamati peta, atlas, dan globe tentang informasi geografis yang ada di dalamnya.









Menelaah arti berbagai jenis skala yang terdapat pada peta.


Praktik memperbesar dan memperkecil peta dengan garis-garis koordinat.
Membedakan peta, atlas, dan globe.

Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan peta.


Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe.









Mengartikan berbagai jenis  skala.


Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat
Tes tulis


Tes tulis



Tes unjuk kerja










Tes tulis



Tes unjuk kerja
Tes uraian


Tes uraian



Tes identifikasi










Tes uraian



Uji petik rubrik
Jelaskan perbedaan peta dan atlas.


Jelaskan perbedaan peta umum dengan peta khusus!

Carilah kota Ampenan pada Atlasmu dengan menggunakan indeks.









Pada peta yang bersksla 1 : 5.000.000 jarak kota A ke B √°dalah 5 centimeter. Berapakah jarak sebenarnya?

Pilihlah peta salah satu pulau di Indonesia dalam atlasmu, kemudian perbesarlah 2 kali!
8 JP
Peta, atlas, globe
LKS
CD
Buku geografi yang relevan
Guru IPS Geografi
 6, 7, 9, 11

4.2.Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggam barkan objek geografi



Sketsa wilayah dan objek geografi.

Menentukan skala peta.

Simbol-simbol geografi pada peta.


Peta tematik

Membuat sketsa wilayah dan objek geografi dari peta atau observasi lapangan.

Menghitung dan menentukan skala peta.

Mengamati dan menentukan simbol-simbol geografi  pada peta.



Praktik membuat peta tematik objek geografi.

Membuat sketsa wilayah dan objek geografi.


Menentukan skala peta.


Menentukan simbol-simbol geografi pada peta.



Membuat peta tematik objek geografi.

Tes unjuk kerja


Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja.



Tes unjuk kerja.

Rubrik



Tes identifikasi

Tes identifikasi



Uji petik rubrik


Buatlah sketsa tempat tinggalmu!



Tentukan skala sketsa yang telah kamu buat!

Tentukan simbol-simbol objek yang ada di lingkungan tempat tinggalmu dan tempatkan pada sketsa yang telah kamu buat.

Buatlah salah satu peta tematik objek geografis suatu wilayah sesuai pilihanmu.

4 JP

Peta
Atlas
Globe
LKS
Buku geografi yang relevan.

 5, 6, 7, 9, 11

4.3.Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk

Kondisi geografis suatu wilayah pada peta.

Kondisi peduduk suatu wilayah.

Kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk.

Membaca peta tentang kondisi geografis suatu wilayah.



Mendiskusikan keadaan penduduk suatu wilayah pada peta.


Diskusi tentang kaitan antara keadaan  geografis dengan keadaan penduduk.

Mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta.


Mendeskripsikan kondisi penduduk suatu wilayah.


Menganalisis kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduknya.

Tes tulis




Tes unjuk kerja


Penugasan

Tes uraian




Rubrik



Tugas projek

Perhatiakan Perhatikan peta Pulau Sumatera. Jelaskan relief Pulau Sumatera agian bagian timur!


Buatlah peta persebaran penduduk daerah tempat tinggalmu!


Amatilah keadaan kepadatan penduduk pada kondisi geografis tertentu (misalnya: di pantai, dataran rendah, pegunungan)

4 JP

Peta Indonesia
Atlas
LKS


Buku sumber yang relevan

 5, 6, 7, 9, 11

4.4.Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer, serta dampaknya terhadap kehidupan.

Sifat fisik atmosfer.



Unsur-unsur cuaca dan iklim.



Tipe-tipe hujan.



Faktor yang mempengaruhi suhu udara.





Proses terjadinya angin dan jenis-jenis angin.



Siklus hidrologi.


Jenis-jenis air permukaan dan air tanah.

Zona laut menurut letak dan kedalaman-nya.






Batas wilayah laut.


Mengamati dan tanya jawab tentang keadaan udara di luar kelas untuk menyimpulkan sifat-sifat fisik udara atmosfer.

Tanya jawab tentang sifat fisik atmosfer serta unsur-unsur cuaca dan iklim.



Mengamati gambar dan tanya jawab tentang tipe-tipe hujan.


Membaca leteratur tentang faktor yang mempengaruhi suhu udara

Menghitung suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut.


Pengamatan gambar dan tanya jawab tentang proses terjadinya, jenis-jenis angin, dan contoh-contohnya.



Pengamatan gambar dan tanya jawab tentang siklus hidrologi.


Pengamatan langsung atau gambar tentang bentuk-bentuk tubuh air.


Pengamatan gambar dan peta serta tanya jawab tentang zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan kedalamannya (litoral, batial dan abisal).





Pengamatan peta tentang batas-
batas wilayah laut.


Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer.



Mendiskripsikan cuaca dan iklim.
Mengidentifikasi unsur-unsur cuaca dan iklim


Mengidentifikasi tipe hujan (orografis, zenithal, frontal).


Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi suhu udara
Menghitung suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut.



Menganalisis proses terjadinya angin dan memberikan contoh-contohnya.




Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian-bagiannya.

Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya.
Mendiskripsikan zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan kedalamannya (litoral, batial, abisal).





Menafsirkan pengertian batas landas kontinen, laut territorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan menunjukkannya pada peta.



Tes lisan




Tes tulis





Penugasan



Tes Tertulis


Tes tulis




Tes unjuk kerja





Portofolio



Unjuk kerja
Tes tulis


Tes unjuk kerja

Tes tulis






Tes  unjuk kerja


Tes tulis




Daftar
pertanyaan



Tes uraian





Tugas rumah


Tes uraian


Tes uraian




Uji petik kerja produk




Karya



Uji petik kerja produk.
Tes uraian
Tes identifikasi

Pilihan ganda





Tes identifikasi


Tes uraian



·          
Sebutkan sifat-sifat fisik udara!
·          



Tuliskan 5 unsur cuaca dan iklim!

Jelaskan perbedaan cuaca dan iklim!


Buatlah gambar proses terjadinya, hujan zenithal, hujan orografis, hujan frontal (pilih salah satu) ¡

Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi suhu udara!

Hitunglah suhu udara di kota Bogor  yang terletak pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, bila suhu di pantai 26  derajat C.
Buatlah gambar proses terjadinya angin fohn, angin darat dan laut, angin gunung dan lembah (pilih salah satu) ¡

Jelaskan proses terjadinya angin ¡

Buatlah gambar siklus hidrologis dan bagian-bagiannya!


Sebutkan jenis-jenis air permukaan!



Tunjukkan pada peta, laut-laut yang termasuk dangkalan sahul!

Berdasarkan kedalamannya laut Jawa termasuk zona....
a.       Neretik
b.      Litural
c.       Batial
d.      Abisal

Tunjukan pada peta yang termasuk batas laut Zona Ekonomi Eksklusif!


Jelaskan apa yang dimaksud dengan laut teritorial!

8 JP

Peta Indonesia

Atlas
LKS

Buku sumber yang relevan

Peta arah angin muson di Indonesia
Gambar-gambar proses terja-dinya angin.
Lingkungan
Thermometer

Gambar siklus hidrologi.
Gambar bentuk tubuh air.
Gambar zona lautmenurut letak dan kedalaman.Peta dunia.


Peta batas perairan laut.

Peta Indonesia.
 1, 4, 9, 16

















Standar Kompetensi : 5. Memahaami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen


5.1  Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Islam di Indone-sia, serta peninggal=an-pening-galannya.

Masuk dan berkembangnya agama Islam melalui aktivitas pelayaran dan perdagangan antara Asia Barat, India dan Cina.



Cara-cara Islamisasi di Indonesia.
Peranan pedagang dan cara yang digunakan oleh para Wali (ulama) dalam proses awal perkembangan agama Islam di Indonesia

Peta jalur dan daerah penyebaran  Islam di Indonesia

Kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia

Contoh peninggalan –peninggalan sejarah  bercorak Islam  di berbagai daerah


Mengamati peta dan gambar-gambar untuk mendeskripsikan masuk dan berkemangnya agama Islam ke Indonesia




Diskusi kelompok tentang cara – cara Islamisasi di Indonesia.


Tanya jawab tentang cara yang digunakan oleh peranan pedagang dan Wali (ulama) dalam proses awal perkembangan Agama Islam di Indonesia









Membaca dan mengamati peta jalur penyebaran Islam serta berdiskusi membahas daerah-daerah di Indonesia yang dipengaruhi agama Islam

Dengan Membaca referensi untuk membahas perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia



Dengan Mengamati gambar-gambar dan bertanya jawab tentang peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah di Indonesia.

Melacak  masuk dan berkem-bangnya agama Islam ke  Indonesia





Mendeskripsikan saluran-saluran Islamisasi di Indonesia.


Mendiskrepsikan cara yang digunakan oleh  pedagang dan para Wali (ulama) dalam proses awal perkembangan agama Islam di indonesia









Membaca dan membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia



Menyusun kronologi perkembangan kerajaan Islam  di berbagai wilayah Indonesia


Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalan- peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah di Indonesia

Tes tulis







Tes tulis



Tes tulis













Penugasan





Tes tulis





Penugasan

Tes pilihan ganda






Tes uraian



Tes uraian













Tugas rumah




Tes uraian





Tugas rumah




Masuknya agama Islam di Indonesia diantaranya terjadi melalui....
a.proses     perdagangan
b.perluasan wilayah
c.perebutan   pengaruh
d.pengembangan    kebudayaan

Jelaskan cara – cara Islamisasi di Indonesia!


Jelaskan peranan Sunan Gunungjati dalam proses awal perkembangan Agama Islam











Buatlah secara kelompok peta jalur penyebaran Islam dan berilah batas –batas daerah-daerah di Indonesia yang dipengaruhi agama Islam


Jelaskan faktor-faktor penyebab kerajaan Aceh dapat berkembang pesat



Kumpulkan gambar-gambar peninggalan sejarah yang bercorak Islam di Indonesia dan lakukan pemajangan!


8 JP

Buku sumber yang relevan

Atlas
Sejarah

Foto
Fo /gambar peniggalan bercorak Islam

Ensiklopedi
Islam

Musium

Situs sejarah

Peta jalur masuknya agama Islam




Peta daerah yangdipenga-ruhi agama Islam di Indonesia.
 1, 3, 14




























































5.2  Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebu-dayaan, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa

Proses masuknya bangsa-bangsa Eropa
ke Indonesia 



Cara-cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya penjelajahan samudera

Reaksi Bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa; perlawanan terhadap
Portugis, Spanyol
dan VOC

Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan  dan
pemerintahan pada masa Kolonial Eropa  

Melacak proses masuknya bangsa-bangsa Eropa dengan mengamati peta penjelajahan samudera-samudera.



Membaca buku referensi  tentang cara-cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya penjelajahan samudera




Membaca referensi dan mengamati gambar-gambar perlawanan terhadap Portugis, Spanyol dan VOC







Berdiskusi tentang perkembangan kehidupan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa     


Menguraikan proses masuknya bangsa–bangsa Eropa  ke Indonesia




Mengidentifikasi cara- cara yang  digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya penjelajahan samudera



Mengidentifikasi reaksi bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa








Mendiskripsikan perkembangan  kehidupan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa




Jelaskan tujuan kedatangan  bangsa-bangsa datang ke Indonesia!
Jelaskan perbedaan jalur penjelajahan yang dilakukan oleh bangsa Portugis dengan bangsa Spanyol!

Jelaskan cara –cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya penjelajahan samudera!





Kumpulkan foto/gambar perlawanan terhadap Portugis,
Spanyol dan VOC dan buatlah mading dan urutkan secara kronologis





Bandingkan perbedaan kehidupan pemerinthan sebelum dan sesudah masa kolonial Eropa di Indonesia!


6 JP













Bu
Buku sumber yang relevan

Atlas Sejarah

Foto/gambar

Peta perda-gangan dan penjelajahan samudera.

7, 10, 11, 14
























Standar Kompetensi : 6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen


6.1  Mendeskrip-sikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan dan pola permu-kiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.


Penggunaan lahan:
Macam-macam mata pencaharian penduduk.

Kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan.

Bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.


Pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan dan pantai).

Kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.


·         Mencari informasi dari buku sumber atau media belajar lain tentang macam-macam mata pencaharian penduduk.


·         Tanya jawab kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan.




·         Mengamati peta tata guna lahan dan tanya jawab tentang penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan..



·         Mengamati gambar dan tanya jawab tentang pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai).



·         Tanya jawab tentang kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.serta alasan penduduk bermukim di suatu lokasi.


Mengidentifikasi mata pencaharian penduduk (pertanian, non pertanian).



Mendeskripsikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.



Mendeskripsikan persebaran (agihan) permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan    mengungkapkan alasan penduduk memilih bermukim di lokasi tersebut

Mendeskripsikan pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai).



Mendeskripsikan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.



Tes lisan





Tes lisan





Tes tulis






Non tes






Tes tulis

Daftar pertanyaan




Daftar pertanyaan




Pilihan ganda





Rubrik






Tes uraian

Sebutkan macam-macam mata pencaharian penduduk non pertanian!



Jelaskan penggunaan lahan di daerah dataran rendah!




Pola pemukiman penduduk di daerah sekitar alur sungai adalah ….
a.memusat
b.menyebar
c.memanjang
d.melingkar

Buatlah gambar 3 pola pemukiman penduduk!





Jelaskan mengapa daerah dataran rendah lebih padat dibanding dengan pegunungan?


6 JP


Gambar kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan.
Gambar pola-pola permukiman penduduk.


Peta persebaran permukiman penduduk.
LKS, CD

Buku geografi yang relevan.
  4, 7,  11, 16

6.2.Mendeskrip-sikankegia-tan pokok ekonomi, yang meliputi kegiatan  konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa





































































Kegiatan pokok
ekonomi.



Pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang dikonsumsi  siswa dan keluarga (harian, mingguan, dan bulanan).

Skala prioritas  dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa.


Aspek- aspek positif dan negatif  perilaku konsumtif seseorang.

Faktor-faktor yang  mempengaruhi  konsumsi seseorang.









Pengertian produksi dan sumber daya ekonomi. 
Macam-macam sumber daya ekonomi.



Etika ekonomi dalam  memanfaatkan faktor-faktor produksi dalam kehidupan satu uaha/bisnis.

Usaha-usaha untuk mening-katkan jumlah dan mutu  hasil produksi (bidang industri dan pertanian).

Pengertian dan tujuan distribusi.
Sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung).


Etika ekonomi   dalam kegiatan distribusi yang memenuhi unsur   keadilan dan pemerataan. 


Pengertian usaha, perusahaan  dan badan usaha.

Membaca buku referensi dan mendiskusikan pengertian dan
macam- macam kegiatan
pokok ekonomi.

Mendiskusikan  pengertian
Konsumsi dan jenis-
jenis barang yang
dikonsumsi siswa dan
Keluarganya.





Tanya jawab tentang  skala
prioritas dalam meme-
nuhi kebutuhan.
Menyusun daftar kebutuhan siswa, sesuai dengan skala prioritas.

Mendiskusikan aspek positif
dan negatif perilaku konsumtif




Tanya jawab tentang  faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi
seseorang











Mendiskusikan pengertian
Produksi  dan sumber daya
Ekonomi

Tanya jawab macam-  macam sumber daya ekonomi ( faktor faktor produksi ).



Mendiskusikan etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi





 Mendiskusikan tujuan dan cara peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi





Mendiskusikan makna pengertian  distribusi, tujuan distribusi
Tanya jawab tentangi sistem
 distribusi






Membaca literatur dan berdiskusi tentang etika ekonomi             dalam   melakukan distribusi





Membaca literatur selanjutnya mendiskusikan  penger-      tian    usaha,   perusahaan dan badan   usaha, dan memberikan     contohnya.


Mendefinisikan penger-
tian  dan macam-macam
kegiatan   ekonomi.


Mendefinisikan pengertian
konsumsi dan jenis barang- barang yang dikonsumsi  siswa dan keluarga  (harian, mingguan dan bulanan).





Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa.



Mengidentifikasi aspek- aspek positif dan negatif  perilaku konsumtif seseorang.



Mengidentifikasi faktor-faktor yang  mempengaruhi  konsumsi seseorang.











Mendefinisikan pengertian produksi.


 Mengklasifikasi   macam-macam sumber daya ekonomi




Mengidentifikasi etika ekonomi dalam  memanfaatkan fak tor-faktor produksi dalam kehidupan
suatu usaha/bisnis



Mengidentifikasi  usaha-usaha yang dapat dilakukan  guna meningkatkan jumlah dan mutu
hasil produksi (bidang industri dan pertanian ) baik melalui   intensifikasi maupun ekstensifikasi

Mendefinisikan  pengertian dan tujuan distribusi
Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung)




Mengidentifikasi melakukan kegiatan kegiatan yang  menggambarkan contoh etika ekonomi   dalam kegiatan distribusi yang memenuhi unsur   keadilan dan pemerataan. 

Mendefinisikan pengertian usaha, perusahaan  dan badan usaha


Tes tulis




Tes lisan


Tes unjuk kerja





Penugasan





Penugasan





Tes tulis













Tes lisan tulis



Tes tulis





Tes tulis







Tes tulis uraian






Tes lisan

Tes tulis

Penugasan




Observasi







Tes tulis




Isian




Daftar pertanyaan

Tes identifikasi





Tugas rumah




Tugas rumah




Pilihan ganda












Isian



Isian





Tes uraian







Tugas rumah






Daftar pertanyaan
Tes uraian


Tugas rumah



Tugas rumah






Tes uraian



Kegiatan pokok ekonomi adalah a)...............   b)................ c).........



Jelaskan pengertian konsumsi!


Buatlah daftar barang yang dikomsumsi keluarga siswa setiap hari!




Susunlah daftar konsumsi yang dibutuhkan siswa, kemudian susunlah berdasarkan skala prioritas!


Susunlah berdasarkan skala prioritas daftar barang yang dibutuhkan oleh siswa!



Susunlah daftar konsumsi yang dibutuhkan keluarga di rumahmu, dan menurutmu bagaimana hubungannya dengan sikap komsumtif di keluargamu?

Berikut ini yang bukan termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi pola konsumsi seseorang adalah...
a. penghasilan per bulan
b. jumlah anngota keluarga
c. pendidikan dan lingkungan
d. keinginan untuk maju

Pengertian produksi adalah....



Sumberdaya ekonomi ( faktor- faktor produksi ) ada empat macam yaitu :
a.............    b..............
c.............    d..............

Etika ekonomi dalam meman faatkan sumber daya ekonomi dapat dilakukan dgn cara bagaimana?





Peningkatan mutu dan jumlah hasil produksi dapat dilakukan dengan beberapa cara, sebutkan!

 



 Jelaskan tujuan distribusi!

Ada tiga sistim distribusi, sebutkan dan jelaskan masing-masingnya!

Buatlah skema yang menggambarkan sistem distribusi (langsung, tidak langsung, semi langsung) dipilih salah satu!

Bentuk etika ekonomi yang bagaimana dalam melakukan kegiatan distribusi?





Jelaskan perbedaan perusahaan        dengan badan usaha



8 JP















































































    
Toko/warung
di sekitar
sekolah

Tempat- tempat pusat usaha yang
ada di sekitar 
sekolah dan
masyarakat
tempat tinggal
siswa keluarga


Jalan raya,
Pasar
    Lingkungan  sekolah




























































 
  2, 5, 6, 7, 18
6.3. Mendes-kripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses  produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi.


Macam- macam badan  usaha. (menurut pemilik modal, lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut badan hukum)

Tujuan badan   usaha(milik negara/daerah, milik swasta, koperasi)


Pertimbangan yang perlu diperhatikan  dalam berbisnis



Kriteria badan usaha yang dikelola    secara profesional dan manusiawi.

Peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur  kegiatan ekonomi


Membaca literatur selanjutnya mendiskusikan jenis-jenis badan usaha menurut pemilik modal, lapangan usaha, jumlah pekerja serta menurut bentuk badan hukum /yuridis



Tanya jawab tentang   misi/tujuan
BUMN / BUMD, BUMS dan Koperasi.
Membuat daftar tujuan BUMN / BUMD, BUMS dan Koperasi pada sebuah tabel.

Mendiskusikan beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam berbisnis




Tanya jawab tentang  kriteria badan usaha yang dikelola    secara profesional dan manusiawi.



Mendiskusikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi



Mendeskripsikan  macam- macam badan  usaha. (menurut pemilik modal, lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk badan hukum)




Mengidentifikasi misi/tujuan badan   usaha (milik negara/daerah, milik swasta, koperasi)



Mengidentifikasi  beberapa   pertimbangan yang perlu diperhatikan  dalam berbisnis




Mengidentifikasi badan  usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi



Mendeskripsikan  peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur  kegiatan ekonomi

Tes lisan







Tes tulis







Tes tulis






Tes tulis





Penugasan


Daftar pertanyaan






Tes pilhan ganda.






Tes uraian






Tes uraian





PR


Susunlah sebutkan macam-macam badan usaha menurut bentuk hukumnya yang ada di sekeliling tempat tinggalmu / daerahmu!




Samakah tujuan BUMS dengan
BUMN? jelaskan jawabmu.






Sebutkan 4 pertimbangan yang perlu diperhatikan ketika seseorang  akan  mendirikan perusahaan bisnis) beberbisnis!



Indentifikasikan sedikitnya 3 ciri badan usaha yang dikelola secara profesional.



Sebutkan peranan pemerintah sebagai pengatur dan pelaku kegiatan ekonomi


6 JP
Guru IPS
Ekonomi

Buku
Materi

Koperasi / kantin 
sekolah

Pasar
BUMN/
BUMS yang
ada di wila-yah masing-masing daerah.






Guru IPS





Buku yang relevan






  2, 4, 5, 6, 7, 18

6.4. Mengung-kapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahtera-an


Kreativitas dalam tindakan ekonomi.


Pentingnya inovasi dan syarat-syarat inovasi dalam kehidupan sehari-hari.

Proses kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan.

Praktik kreatifitas dan inovasi.

Gagasan dan berlaku kreatif, inovatif, dan kemandirian dalam kehidupan ekonomi.



Mendiskusikan pengertian kreatif        dan contoh aplikasinya dalam tindakan ekonomi


Tanya jawab tentang  inovatif dan manfaatnya





Mendiskusikan pengertian mandiri, kemandirian dan usaha-usaha yang dilakukan agar mampu melakukannya.


Mengklasifikasi hasil produktifitas dan inovasi.


Mendiskusikan hasil ekonomi yang kreatif dan inovatif.

Mendefinisikan pengertian kreatif dan  proses kreatifitas dalam tindakan ekonomi


Mendefinisikan pengertian
inovatif dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari yang      mampu mendorong peningkatan kesejahteraan


Mengidentifikasi proses
kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan



Berlatih mengerjakan sendiri dan kreatifitas dan inovasi yang direncakan

Membuat produk berupa barang/ jasa dari sumber daya yang dimiliki.



Tes tulis




Tes lisan






Penugasan





Tes tertulis



Tes unjuk kerja


Tes uraian




Daftar pertanyaan





Tugas rumah




Tes uraian



Uji petik kerja produk



Jelaskan arti  kreatif dan kreatifitas dalam tindakan ekonomi



Perlukah inovatif bagi seseorang dan mengapa?




Bentuk kreatifitas apakah yang kamu lakukan agar kamu sukses dan naik kelas?




Proses kemandirian harus dimulai dari diri sendiri, dari mana kamu mulai hidup mandiri?

Buatlah salah satu produk yang me-rupakan bentuk kreatifitas kamu sebagai siswa (taplak meja, hiasan dinding, bunga-bungaan, dan wayang)


6 JP

Contoh benda hasil kreati-fitas


Contoh jasa hasil kreati-fitas

  2, 4, 5, 6, 7,  18

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     

 

 

                                                                                                                                                                              Jakarta,......................... 2008

  Mengetahui,                                                                         
Kepala SMP.........................                                                                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran,




      (............................. )                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              (................................. )
         NIP....................                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       NIP......................



       Selesai
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar